Gambar Kapan Mam Harus Menghubungi Dokter Tumbuh Kembang Anak? Gambar Kapan Mam Harus Menghubungi Dokter Tumbuh Kembang Anak?

Kapan Mam Harus Menghubungi Dokter Tumbuh Kembang Anak?

oleh: Parentingclub 17/01/2020
Seringakali Mam dan Pap tak menyadari bahwa si Kecil mengalami hambatan dalam proses perkembangannya. Padahal, apabila cepat diketahui dan dikonsultasikan dengan dokter tumbuh kembang, Mam bisa memberikan dukungan yang tepat untuk mengatasinya atau mengoptimalkan perkembangan si Kecil. Untuk pertumbuhan fisik si Kecil, Mam dapat dengan lebih mudah memantaunya dengan memanfaatkan acuan yang dikeluarkan pemerintah Indonesia maupun organisasi kesehatan dunia. Nah, dalam soal perkembangan anak, walaupun juga dipantau secara rutin oleh dokter spesialis anak, Mam perlu bersikap lebih cermat dan awas untuk menangkap tanda-tanda si Kecil mengalami keterlambatan perkembangan. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu Mam cermati untuk mengenali tanda-tanda terhambatnya berbagai aspek perkembangan si Kecil.
  • Jenis keterlambatan perkembangan yang mungkin terjadi:
  1. Perkembangan bahasa
  2. Perkembangan motorik kasar dan motorik halus
  3. Perkembangan sosial emosional
  4. Perkembangan kognitif
  5. Perkembangan penglihatan dan pendengaran
  • Ada berbagai alasan si Kecil mungkin mengalami keterlambatan perkembangan. Misalnya, keterlambatan dalam perkembangan bahasa bisa dikarenakan si Kecil terpapar lebih dari satu bahasa, mengalami hambatan dalam perkembangan kognitif, kurang stimulasi, mengalami gangguan pendengaran, autisme, atau alasan lainnya.
  • Mam perlu mengenali tahapan perkembangan yang seharusnya untuk membantu mendeteksi apabila si Kecil mengalami hambatan. Karena, semakin cepat terdeteksi, maka Mam dapat segera berkonsultasi dengan dokter tumbuh kembang dan mencari solusinya. Misalnya apabila di usia 2 tahun si Kecil belum mampu mengkomunikasikan kebutuhannya, di usia 6 bulan si Kecil belum mengikuti gerak objek dengan matanya, di usia 1 tahun si Kecil belum merangkak. Hal-hal tersebut adalah beberapa contoh tanda-tanda yang bisa menjadi petunjuk bagi Mam untuk segera berkonsultasi dengan dokter tumbuh kembang.
 
Jika Mam melihat tanda-tanda apapun yang membuat Mam cemas, jangan ragu untuk segera konsultasikan pada dokter tumbuh kembang atau dokter spesialis anak yang biasanya menangani si Kecil, ya. Dari situ dokter akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut dan mencarikan solusi terbaik agar perkembangan si Kecil dapat berjalan optimal.
 
Sumber:
http://www.idai.or.id/artikel/seputar-kesehatan-anak/mengenal-keterlambatan-perkembangan-umum-pada-anak
https://tirto.id/jenis-keterlambatan-perkembangan-anak-kognitif-motorik-emosional-ej7M
https://www.liputan6.com/health/read/2619290/kenali-indikasi-keterlambatan-perkembangan-anak-sebelum-terlambat
https://www.webmd.com/parenting/baby/recognizing-developmental-delays-birth-age-2#1

Artikel Lainnya

Cek Informasi Lainnya

Hubungi Kami
Hubungi Kami di Parenting Club ID Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top