Mau Anak Hebat? Intip 10 Nutrisi dan Vitamin Penting Ini Untuk Otak si Kecil Mau Anak Hebat? Intip 10 Nutrisi dan Vitamin Penting Ini Untuk Otak si Kecil

Mau Anak Hebat? Intip 10 Nutrisi dan Vitamin Penting Ini Untuk Otak si Kecil

Agar perkembangan otak si Kecil optimal, berikut adalah 10 nutrisi penting yang sebaiknya diberikan kepada si Kecil.

Oleh: Parenting Club
Date posted: 15/09/2019

Si Kecil yang tumbuh menjadi anak pintar tentu merupakan harapan seluruh orang tua. Banyak orang tua menggunakan berbagai cara agar anak jadi hebat bahkan sejak kecil. Tak jarang yang menginginkan cara instan agar anak jadi pintar, padahal untuk mengembangkan kecerdasan otak si Kecil membutuhkan banyak hal.
 
Salah satu faktor yang penting dan mempengaruhi perkembangan kepintaran otak si Kecil adalah nutrisi. Menutrisi otak si Kecil dengan asupan makanan yang berkualitas penting dilakukan sejak dini karena perkembangan otak anak paling pesat  terjadi sejak dalam kandungan dan selama dua tahun pertama. Agar kecerdasan otaknya optimal, berikut adalah 10 nutrisi penting yang sebaiknya diberikan kepada si Kecil.
10 nutrisi

Protein

Dapat ditemukan dalam ASI, daging merah, daging ayam, seafood, telur, tahu, tempe dan kacang kedelai, protein  merupakan nutrisi yang penting untuk perkembangan otak si Kecil. Tak hanya membentuk sel-sel otak saat anak masih bayi, protein juga lah yang memproduksi sel saraf baru di otak sehingga otak dan kehebatan si Kecil akan terus tumbuh dan berkembang.
 

Zinc (Zat Seng)

Meskipun dibutuhkan dalam jumlah yang sedikit, namun Zinc banyak ditemukan di bagian otak dan berperan penting bagi kepintaran anak. Pada bayi berusia 0-6 bulan, ASI adalah sumber zinc yang bisa diandalkan. Untuk anak di atas 6 bulan, zinc bisa didapatkan dengan mengonsumsi ayam, daging sapi, gandum, susu, tahu, atau kacang-kacangan.
 

Zat Besi

Daging sapi, ikan, bayam, daging ayam tanpa kulit, hati, telur, dan kacang-kacangan adalah beberapa sumber zat besi yang baik untuk nutrisi otak si Kecil. ASI juga sumber zat besi yang baik, khusunya untuk bayi. Pastikan makanan yang dikonsumsi si Kecil mengandung cukup zat besi karena otak yang tak mendapatkan asupan zat besi yang cukup bisa menimbulkan masalah di kemudian hari.
 

Yodium

Nutrisi otak yang penting untuk kecerdasan anak lainnya adalah yodium. Fungsinya membentuk hormon tiroid yang dibutuhkan untuk perkembangan otak bayi dan meningkatkan aktivitas otak pada anak. Adapun sumber makanan yang mengandung yodium antara lain: ikan, udang, kentang, minyak ikan cod, dan telur.
 

Asam Folat

Agar perkembangan otak bayi sejak dalam kandungan tak terganggu, asam folat adalah salah satu nutrisi yang tak boleh kurang asupannya. Beberapa makanan yang mengandung asam folat di antaranya: kacang kedelai, sayuran hijau, alpukat, hati, dan jeruk.
 

AA & DHA

Kedua komponen gizi ini bermanfaat untuk mendukung pembetukan dan perkembangan fungsi otak serta membantu proses berpikir anak. AA bisa didapatkan dari ASI, daging, telur, kacang-kacangan, dan minyak jagung. Sedangkan DHA bisa didapatkan dari ikan tuna, hati sapi, ikan salmon, ikan kembung, kuning telur, dan minyak ikan.
 

Asam Lemak Omega 3, 6, dan 9

Ketiganya penting untuk kesehatan otak. Asupan asam lemak omega-3 bisa didapat dari ikan tuna atau salmon, serta sayuran hijau. Asam lemak omega-6 bisa didapat dari minyak nabati, sayuran berdaun, kacang-kacangan dan sereal. Sedangkan asam lemak omega-9 sesungguhnya bisa diproduksi sendiri oleh tubuh lewat proses sintesis asam lemak tak jenuh dalam tubuh.
 

Kolin

Kolin dibutuhkan untuk membentuk serta membantu perkembangan otak si Kecil sejak ia dalam kandungan. Selain dari ASI, Kolin juga bisa didapatkan dari ikan, daging merah, kuning telur, brokoli, kembang kol, dan kacang-kacangan.
 

Vitamin B

Tak hanya membantu perkembangan otak agar anak jadi pintar, vitamin B juga dapat membantu meningkatkan memori. Telur, bayam, daging sapi, ikan, kacang-kacangan, dan wortel kaya akan vitamin B yang dibutuhkan oleh si Kecil.
 

Vitamin D

Mam mungkin mengenal vitamin D sebagai vitamin yang penting untuk kesehatan tulang dan gigi, namun apakah Mam tahu kalau vitamin D juga sangat penting untuk perkembangan otak si Kecil? Lewat riset yang dilakukan peneliti dari Children's Hospital & Research Center Oakland, ditemukan hasil bahwa vitamin D memegang peranan penting dalam perkembangan dan fungsi otak. Sumber vitamin D memang tidak banyak, beberapa di antaranya adalah ikan berlemak dan susu yang difortifikasi. Namun sumber utama vitamin D memang bukanlah makanan, melainkan paparan sinar matahari yang kemudian akan diolah tubuh menjadi vitamin D.
 
Anak belajar dengan nutrisi tepat
 

Pentingnya memberikan nutrisi otak untuk mengembangkan kepintaran anak tentu harus jadi perhatian orang tua, namun bukan berarti hanya dengan nutrisi otak ini saja cukup agar anak pintar ya, Mam. Agar anak pintar, caranya tentu tak hanya dengan mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi saja. Karena meskipun nutrisi untuk otak sangatlah penting, kepintaran anak juga dipengaruhi oleh genetik dan faktor lingkungan. Jadi, pastikan kebutuhan nutrisi otak yang penting untuk anak terpenuhi dan lengkapi dengan memberikan stimulasi sejak dini agar si Kecil #DariBelajarJadiHebat
 

Artikel Lainnya

Nutrisi ideal untuk perkembangan anak

Nutrisi ideal untuk perkembangan anak

Nutrisi apa saja yang penting untuk perkembangan otak seorang anak? berikut penjelasannya Mam!

Baca selengkapnya
Perkenalkan Sphingomyelin dan Perannya Dalam Perkembangan Otak si Kecil

Perkenalkan Sphingomyelin dan Perannya Dalam Perkembangan Otak si Kecil

Mam mungkin sering mendengar bahwa untuk mendukung perkembangan otak anak, asupan Sphingomyelin dan DHA sangat penting, tapi sebenarnya apa sih “Sphingomyelin” itu?

Baca selengkapnya
Siapkan Nutrisi yang Dukung Hebatnya si Kecil

Siapkan Nutrisi yang Dukung Hebatnya si Kecil

Ada berbagai nutrisi penting yang harus terpenuhi setiap hari, agar si Kecil dari Belajar jadi Hebat!

Baca selengkapnya
Jadikan Waktu Makan Si Kecil Menyenangkan dengan Cara Ini

Jadikan Waktu Makan Si Kecil Menyenangkan dengan Cara Ini

Si Kecil masih suka pilih-pilih makanan? Temukan tips khusus mengenai cara mengatasi anak susah makan di sini, Mam.

Baca selengkapnya

Cek Informasi Lainnya

Hubungi Kami
Hubungi Kami Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top