Gambar Anak Pintar di Sekolah, Mau Tau Caranya? Gambar Anak Pintar di Sekolah, Mau Tau Caranya?

Anak Pintar di Sekolah, Mau Tau Caranya?

oleh: Parentingclub 17/01/2020
Selain nutrisi yang seimbang dan stimulasi yang tepat, si Kecil juga membutuhkan dukungan lain dari Mam agar ia dapat belajar dengan baik dan jadi anak pintar di sekolah. Berikut ini adalah beberapa hal penting yang dapat Mam lakukan untuk dukung aktivitas dan kepintaran anak di sekolah. Simak, yuk.
 
1. Ciptakan suasana rumah yang mendukung proses belajar si Kecil
Walaupun si Kecil sudah mulai bersekolah, bukan berarti proses belajar si Kecil kini hanya terjadi di sekolah saja. Mam perlu memastikan suasana di rumah mendukung saat si Kecil belajar atau mengerjakan tugas sekolah di rumah. Misalnya dengan menyediakan tempat yang kondusif untuk belajar dan menyediakan berbagai sumber belajar yang dapat digunakan si Kecil.
 
2. Diskusikan kegiatan belajar di sekolah dengan si Kecil
Tanyakan pada si Kecil mengenai kegiatannya di sekolah. Hal apa yang membuatnya senang atau membuatnya cemas. Pelajaran apa yang sudah ia kuasai dengan baik dan pelajaran apa yang si Kecil masih butuh bantuan. Beri si Kecil kesempatan untuk berbagi cerita dan pengalamannya di sekolah. Dari situ, Mam bisa tau hal apa yang bisa Mam lakukan untuk mendukung proses belajar si Kecil agar lebih optimal dan ia menjadi anak pintar.
 
3. Bantu si Kecil menentukan target belajar
Setelah selama ini menghabiskan waktunya dnegan bermain, belajar di sekolah bisa jadi proses yang mengejutkan bagi si Kecil. Salah satu cara agar anak pintar adalah menentukan beberapa target belajar jangka pendek akan memudahkan si Kecil untuk menentukan apa saja yang harus ia lakukan agar bisa menguasai pelajaran di sekolah. Kemampuan menentukan target dan menyusun strategi untuk mencapainya juga bagian penting dalam proses tumbuh kembang anak agar ia kelak jadi anak pintar.
 
4. Bantu si Kecil belajar mengatur waktu belajar
Tugas sekolah atau materi pelajaran tentu lebih mudah diselesaikan apabila dilakukan secara bertahap, bukan? Yuk, ajarkan si Kecil untuk membagi tugas belajarnya menjadi bagian-bagian kecil dan kemudian Mam dan si Kecil dapat menentukan kapan saja tugas itu akan si Kecil lakukan di rumah. Dengan cara ini, si Kecil juga akan belajar mengenai skala prioritas dan manajemen waktu yang juga bagian dari proses pengembangan kepintaran anak.
 
5. Membangun komunikasi dengan guru di sekolah
Kini si Kecil akan menghabiskan semakin banyak waktunya di sekolah. Dan saat ia di sekolah, maka guru adalah orang yang akan mendampinginya. Untuk itu, Mam perlu membangun komunikasi yang baik dengan guru di sekolah agar Mam selalu tau kemajuan si Kecil di sekolah dan juga kesulitan yang dihadapinya. Satu hal lainnya yang juga penting adalah menyamakan persepsi dengan pihak sekolah mengenai metode belajar anak sehingga cara yang diterapkan di sekolah dan di rumah menjadi sejalan dalam mendukung kepintaran anak.
 
6. Aktif dalam kegiatan orangtua di sekolah si Kecil
Biasanya ada banyak aktivitas sekolah yang akan membutuhkan peran serta orang tua. Yang sudah pasti ada di setiap sekolah adalah laporan tengah semester dan laporan akhir semester. Kemudian ada pula orientasi kelas di awal semester atau tahun ajaran, kegiatan pentas atau olahraga yang mengundang orang tua, dan lain sebagainya. Dengan menghadiri kegiatan semacam ini, Mam dan Pap akan selalu mendapat informasi terkini mengenai kegiatan anak di sekolah. Selain itu, tentunya si Kecil akan senang, bangga dan merasa mendapat dukungan apabila orang tuanya hadir di acara sekolahnya.
 
7. Tidak meremehkan absensi sekolah
Memang wajar bagi si Kecil untuk tidak masuk sekolah apabila ia sedang sakit. Yang perlu Mam hindari adalah meremehkan absensi sekolah dan membiarkan si Kecil tidak masuk sekolah untuk alasan yang tidak esensial. Pasalnya, jika Mam melakukan hal tersebut, bukan hanya si Kecil akan ketinggalan pelajaran, tetapi si Kecil akan turut meniru tindakan Mam dan menganggap proses belajar dan aturan di sekolah bukanlah hal yang penting. Nah, apabila si Kecil tidak masuk sekolah karena sakit, komunikasikan dengan gurunya dan pastikan si Kecil dapat mengejar ketinggalannya.
 
8. Pastikan si Kecil siap untuk belajar dan beraktivitas saat ia berangkat ke sekolah
Artinya, saat si Kecil berangkat ke sekolah, ia secara fisik dan mental sudah siap untuk melakukan aktivitas di sekolah. Hal ini dapat Ibu dukung dengan memberikan sarapan yang mengandung gizi seimbang, memastikan si Kecil tidur dan istirahat yang cukup, sudah menyelesaikan tugas sekolahnya, mengenakan dan membawa perlengkapan sekolah, dan membawa bekal yang mengandung gizi seimbang.
Nah, untuk mendukung agar anak pintar di sekolah, jangan lupa juga untuk memberi pujian dan motivasi pada si Kecil ya, Mam. Ucapan penyemangat dari Mam sangat berharga lho, bagi si Kecil.
 
Sumber:
https://kidshealth.org/en/parents/school-help-elementary.html
https://childmind.org/article/how-to-help-your-child-get-motivated-in-school/
https://www.raisesmartkid.com/6-to-10-years-old/5-articles/41-how-to-help-kids-do-well-in-school
https://www.parents.com/kids/education/homework/motivate-kids-to-do-better-in-school/

Artikel Lainnya

Cek Informasi Lainnya

Hubungi Kami
Hubungi Kami di Parenting Club ID Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top