Mengenal Stimulasi Akal, Fisik, dan Sosial Mengenal Stimulasi Akal, Fisik, dan Sosial

Mengenal Stimulasi Akal, Fisik, dan Sosial

oleh: DR. Dr. Ahmad Suryawan, SpA(K) 08/11/2018
Tahukah Mam, kepintaran anak dalam hal Akal, Fisik, dan Sosial pada prinsipnya merupakan hasil kerja aktivitas sirkuit otak yang terbentuk dan tertata rapi sejak usia dini. Dua komponen utama pembentuk sirkuit otak anak adalah pemberian nutrisi dini dan stimulasi dini yang didapatkan anak dalam pengasuhan sehari-hari.
Nutrisi mempunyai peran utama untuk pembentukan dan perbanyakan sel-sel otak. Sedangkan stimulasi berperan membentuk jaringan antar sel otak sehingga menjadi rangkaian sirkuit yang terkoneksi antar satu area otak tertentu dengan area otak yang lain. Kombinasi nutrisi dan stimulasi inilah yang akan membentuk kepintaran Akal, Fisik, dan Sosial seorang anak.
 
    Read More
    >
  • Apa itu stimulasi? Stimulasi adalah berbagai kegiatan interaktif antara orangtua dengan anak supaya ia mendapat pengalaman belajar dalam menguasai kemampuan tertentu. Selama kegiatan stimulasi, si Kecil akan menangkap berbagai informasi yang diberikan oleh orangtua melalui berbagai indera (penglihatan, pendengaran, perabaan, penciuman, dan pengecapan rasa). Informasi tersebut akan disalurkan ke otak dan diterima oleh sel otak yang akan dipergunakan untuk membentuk, mengembangkan, dan memperluas jaringan sirkuit di berbagai area otak anak. Sehingga, kegiatan stimulasi pada prinsipnya bukan hanya sekedar aktivitas bermain dengan anak semata. Akan tetapi, stimulasi merupakan sebuah proses pembentukan sirkuit otak yang diperlukan untuk mengembangkan berbagai kemampuan anak.
 
  • Kapan stimulasi diberikan? Mengingat perkembangan otak paling pesat pada saat anak masih berusia dini, maka stimulasi terpenting ketika anak masih berusia di bawah 6 tahun. Apabila si Kecil ketika masih berusia dini kurang mendapatkan stimulasi yang memadai maka akan berisiko terjadi keterlambatan pembentukan sirkuit otaknya dan berakibat anak akan mengalami berbagai jenis gangguan atau keterlambatan perkembangan.
 
  • Mengapa perlu ada sinergisme dalam pemberian stimulasi? Stimulasi dini untuk mengembangkan kepintaran Akal, Fisik, dan Sosial, hendaknya diberikan tidak hanya terfokus dan intensif hanya pada satu jenis kepintaran tertentu. Stimulasi untuk kepintaran Akal juga membutuhkan kepintaran Fisik dan Sosial yang memadai. Demikian pula sebailknya, stimulasi kepintaran Fisik juga membutuhkan kepintaran Akal dan Sosial. Serta, stimulasi untuk kepintaran Sosial juga membutuhkan kepintaran Akal dan Fisik.

Sehingga, pemberian stimulasi Akal, Fisik, dan Sosial, menuntut orangtua untuk mengetahui terlebih dahulu besarnya sinergisme antara ketiga jenis kepintaran tersebut. Pemberian stimulasi yang seimbang untuk Akal, Fisik, dan Sosial, akan mempunyai hasil yang menyebabkan anak dapat menguasai semua kemampuan dasar dengan baik dan seimbang pula. Hasil akhir dari adanya keseimbangan ini adalah terbentuknya Kecerdasan optimal dengan Perilaku yang baik, yang akan dibawa anak seumur hidupnya. 
 

Artikel Lainnya

Cek Informasi Lainnya

Hubungi Kami
Hubungi Kami di Parenting Club ID Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top