Ginekolog

Anak usia 14 bulan belum bisa jalan

By: Wulan Febriyanto

Detail: Saya mau tanya, anak sy diusia ny 14bln belum bisa berjalan. Apakah tidak apa2 atau memang anak sy terlambat sekali?. Bagaimana cara mengatasi dan menstimulasinya. Terima kasih

dr. Bram Pradipta, Sp.OG
Expert

Halo Mam Wulan, terima kasih atas pertanyaannya. Saya memahami apa yang Mam rasakan saat ini.
Apabila setelah berusia 1,5 tahun seorang anak belum bisa berjalan maka hal tersebut dapat menjadi permasalahan. Rentang usia normal seorang anak dapat berjalan adalah sejak usia 11 bulan hingga 18 bulan. Perbedaan tersebut dipengaruhi oleh rangsangan yang diterima oleh sang anak dari orang-orang di sekitarnya yang mendorongnya untuk belajar berjalan. Maka pada usia 14 bulan belum bisa berjalan masih termasuk dalam kategori normal.
Ada beberapa stimulasi yang dapat dilakukan oleh Mam di rumah. Beberapa stimulasi yang dapat Mam lakukan saat ini yaitu dengan mendudukkan si Kecil, kemudian bantu tarik ke posisi berdiri. Selain itu bisa juga dengan meletakkan mainan yang disukai dengan jarak di hadapannya kemudian buatlah si Kecil ingin berpegangan pada perabot rumah untuk mencapai mainan tersebut. Cara lain adalah dengan berdirilah bersamanya dengan berhadap-hadapan. Biarkan si Kecil memegang kedua tangan Mam, dan biarkan ia berjalan menuju Mam. Atau bisa juga berdiri di belakangnya dengan terus memegang kedua tangan/ketiaknya, dan membiarkannya berjalan sesukanya. (mentatih bayi).
Jangan lupa untuk memberi pujian atas setiap usahanya, agar dia dapat terus merasa percaya diri dan bersemangat menerima stimulasi yang Mam berikan. Stimulasi harus dilakukan terus-menerus secara konsisten, bertahap, dan penuh kasih sayang. Tidak ada paksaan apabila si kecil dirasa belum siap untuk berjalan. Dan komunikasikanlah dengan baik agar si Kecil dapat termotivasi untuk berjalan.
Terima kasih telah menggunakan fitur smart consultation Parenting Club. Semoga jawaban yang saya berikan dapat membantu. Jika ada keluhan atau kendala lainnya, silahkan menggunakan smart consultation Parenting Club lagi ya Mam.

dr. Bram Pradipta, Sp.OG

dr. Bram Pradipta, Sp.OG  adalah Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan lulusan Universitas Indonesia. Saat ini Aktif sebagai Tim Redaksi Klikdokter.com dan berpraktek di Rumah Sakit Gading Pluit dan Rumah Sakit Umum Daerah Koja.

ask dr. Bram Pradipta, Sp.OG lihat detail
Hubungi Kami
Hubungi Kami Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top