Ginekolog

Batuk saat hamil

By: Putri Yanuarto

Detail: Saya sedang hamil 25 minggu, dan sedang batuk, batuknya sangat mengganggu tidur malam karena tenggorokan sangat gatal. Apa yang harus saya lakukan? Obat apa yang boleh saya konsumsi?

dr. Dinda Derdameisya, Sp.OG
Expert

Halo Mam Putri, terima kasih atas pertanyaannya. Saya memahami apa yang Mam rasakan saat ini.
Pertama-tama harus diketahui penyebab batuk, apakah alergi atau infeksi. Jika batuk alergi, hindari pencetus infeksi seperti udara dingin dan debu. Batuk yang disebabkan infeksi virus dapat sembuh sendiri dengan minum vitamin C dan obat batuk biasa. Sedangkan batuk yang berlanjut lebih dari satu minggu dicurigai infeksi bakteri, untuk itu harus segera dikonsultasikan ke dokter supaya kemungkinan mendapatkan antibiotik.
Terima kasih telah menggunakan fitur smart consultation Parenting Club. Semoga jawaban yang saya berikan dapat membantu. Jika ada keluhan atau kendala lainnya, silahkan menggunakan smart consultation Parenting Club lagi ya Mam.

dr. Dinda Derdameisya, Sp.OG

dr. Dinda Derdameisya, Sp.OG adalah Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan lulusan Universitas Indonesia. Saat ini aktif sebagai Tim Redaksi Klikdokter.com dan berpraktek di Rumah Sakit Ibu dan Anak Asih

ask dr. Dinda Derdameisya, Sp.OG lihat detail
Hubungi Kami
Hubungi Kami Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top