Ginekolog

Bumil makan durian dan daging kambing

By: Siti Nurhayati

Detail: 1. Bolehkah ibu hamil makan durian? Dan jika boleh saat usia kandungan berapa? 2. Usia kandungan berapa bumil boleh makan sop kambing? 3. Apakah benar bumil tidak boleh makan sate atau makanan yg dipanggang?

dr. N.B. Donny A.M., S.pOG
Expert

Halo Mam Siti Nurhayati, terima kasih atas pertanyaannya. Saya memahami apa yang Mam rasakan saat ini. Pertanyaan Mam termasuk dalam spesialisasi anak/pediatrik. Mam bisa menanyakan pertanyaan tersebut kepada Ahli Kesehatan Anak dari Parenting Club, yaitu dr. N.B. Donny A.M., SpOG.

Ketika sedang hamil sebaiknya seorang wanita menghindarkan makanan atau minuman yang dapat menyebabkan diare seperti terlalu pedas, terlalu asam ataupun yang tidak bersih. Karena kondisi tersebut dapat mengakibatkan peningkatan risiko terjadinya keguguran ( pada trimester I) dan risiko terjadinya prematur ( pada trimester II dan III). Selain itu juga hindari makanan dan minuman yang mentah seperti sushi, daging yang tidak matang sempurna, susu dan produk olahannya (keju) yang tidak mengalami proses pasteurisasi sempurna, mayonaise.
1. Durian boleh dikonsumsi ketika hamil asalkan dalam jumlah yang wajar (tidak berlebihan). Buah durian banyak mengandung serat, mineral dan vitamin seperti zat besi, asam folat, thiamin (vit B1)riboflavin (vit B2), niacin (vit B3), kalsium, zinc, vit A, vit C. Namun didalam durian terkandung tinggi karbohidrat, gula dan lemak. Pada wanita dengan riwayat keluarga diabetes atau dengan Diabetes dalam kehamilan perlu menghindari buah tersebut.
2. Sup kambing dapat dikonsumsi pada usia kehamilan berapa pun asalkan dalam porsi yang wajar dan tidak setiap hari. Sup kambing selain mengandung protein juga terkandung lemak, kolesterol dan kadar garam yang cukup tinggi ( tergantung takaran ketika memasak). Oleh karena itu jika ingin mengkonsumsi sup kambing jangan memilih daging yang berlemak termasuk jeroan dan garamnya tidak berlebihan baik dalam bentuk garam dapur maupun MSG. Akan lebih baik jika didahului atau bersamaan dengan mengkonsusmsi sayuran seperti acar, lalapan dan ketimun.
3. Ibu hamil boleh mengkonsumsi sate atau makanan yang dipanggang asalkan makanan tersebut sudah dipastikan matang sempurna untuk menghindari infeksi listeria, salmonella dan toxoplasmosis.

Terima kasih telah menggunakan fitur Smart Consultation Parenting Club. Semoga jawaban yang saya berikan dapat membantu. Jika ada keluhan atau kendala lainnya, silahkan menggunakan Smart Consultation Parenting Club lagi ya Mam.

dr. N.B. Donny A.M., S.pOG

dr. N.B. Donny A.M., SpOG adalah Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi lulusan Universitas Indonesia.

ask dr. N.B. Donny A.M., S.pOG lihat detail
Hubungi Kami
Hubungi Kami Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top