Ginekolog

GALAU USIA KEHAMILAN

By: septina wahyu

Detail: Dear Parenting Club, Nama saya Septina, usia saya 24th, saya baru saja menikah tgl 25 Januari 2019. Saya ingin bertanya, jadi selama ini haid saya teratur setiap bulan sampai bulan Desember 2018, saya biasanya haid kira-kira tgl 19, memasuki bulan Januari 2019 saya tidak haid, saya juga tidak merasa panik atau resah karena saya pikir mungkin karena saya stress mempersiapkan pernikahan, kemudian kata kakak saya yang seorang perawat itu mungkin karna hormon atau karna stres. seminggu sebelum saya menikah saya melakukan imunisasi pra nikah ke puskesmas, disana juga saya melakukan TP dan hasilnya juga negatif. tgl 25 Januari malam saya akad nikah, dan 26 Januari pagi resepsinya. saya mulai berhubungan pertama kalinya tgl 26 Januari. Seminggu setelah berhubungan saya coba TP hasilnya masih negatif, 2 minggu setelahnya saya coba TP kira-kira tgl 6 Februari masih juga negatif, kemudian sekitar tgl 10 sore saya coba TP lagi tiba-tiba ada yang berbeda yaitu muncul 2 garis tetapi masih samar-samar. Pagi harinya tgl 11 Februari saya penasaran dan coba TP dan hasilnya sama muncul 2 garis tetapi yang satu masih samar" mulai jelas. akhirnya saya coba tes ke laboratorium, dan alhamdulillah hasilnya positif. Yang menjadi pertanyaan saya adalah berapa usia kehamilan saya karena biasanya perhitungan HPL dan HPHT dihitung dari hari pertama haid, padahal saya haid terakhir tgl 19 Desember 2018 dan Januari 2019 saya tidak keluar haid? Terimakasih

dr. N.B. Donny A.M., S.pOG
Expert

Halo Mam Septina Wahyu, terima kasih atas pertanyaannya. Saya memahami apa yang Mam rasakan saat ini. Pertanyaan Mam termasuk dalam spesialisasi kebidanan/kandungan. Mam bisa menanyakan pertanyaan tersebut kepada Ahli Kebidanan dan Kandungan dari Parenting Club, yaitu dr. N. B. Donny A. M., SpOG.

Menurut dr. N. B. Donny A. M., SpOG., pada kasus Mam, penghitungan usia kehamilan sepertinya tidak dapat dilakukan menggunakan HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir). Dikarenakan bulan Januari tidak dapat haid. Namun perlu digali lebih lanjut apakah pada bulan Januari sama sekali tidak keluar darah atau sempat mengalami flek-flek saja. Jikalau benar HPHT adalah pada 19 Desember 2018 maka paling cepat, tanggal 26 Januari 2019 sudah bisa didapatkan hasil positif pada Test Packnya. Sedangkan Mam pertama kali berhubungan pada tanggal 26 Januari 2019.

Penghitungan usia kehamilan yang paling tepat untuk kasus Mam saat ini adalah dengan menggunakan USG baik transabdominal maupun transvaginal. Dengan USG yang dilakukan pada masa trimester 1 (usia kehamilan<14mg) dapat diketahui perkiraan Usia kehamilan saat ini dengan angka kesalahan hanya <5 hari dari usia kehamilan yang sesungguhnya.

Terima kasih telah menggunakan fitur Smart Consultation Parenting Club. Semoga jawaban yang saya berikan dapat membantu. Jika ada keluhan atau kendala lainnya, silahkan menggunakan Smart Consultation Parenting Club lagi ya Mam.

dr. N.B. Donny A.M., S.pOG

dr. N.B. Donny A.M., SpOG adalah Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi lulusan Universitas Indonesia.

ask dr. N.B. Donny A.M., S.pOG lihat detail
Hubungi Kami
Hubungi Kami Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top