Ginekolog

haid tidak lancar

By: Andina Kamilah

Detail: dok, haid saya tidak lancar kadang bisa diatas 35-40 hari siklusnya. normal ngga ya dok? saya harus bagaimana

dr. N.B. Donny A.M., S.pOG
Expert

Halo Mam Andina Kamilah, terima kasih atas pertanyaannya. Saya memahami apa yang Mam rasakan saat ini. Pertanyaan Mam termasuk dalam spesialisasi kebidanan dan kandungan. Mam bisa menanyakan pertanyaan tersebut kepada Ahli Kebidanan dan Kandungan dari Parenting Club, yaitu dr. N.B. Donny A.M., SpOG.

Siklus haid yang normal (berovulasi) biasanya jika jarak antara haid sekitar 22-35 hari. Jika jaraknya kurang dari 22 hari atau diatas 35 hari berarti tidak terjadi ovulasi (telur tidak keluar dari indung telur).
Penyebab gangguan ovulasi bisa disebabkan oleh banyak faktor, di antaranya gangguan hormon seperti diabetes mellitus, gangguan hormon tiroid (kelenjar gondok), gangguan hormon penghasil kelenjar susu (hiperprolaktinemia), dan sering dialami pada wanita yang mengalami Sindroma Ovarium Polikistik (SOPK). Penyebab lainnya adalah seperti aktivitas olahraga berlebihan, penambahan atau penurunan berat badan yang drastis, dan stres juga dapat menyebabkan gangguan siklus haid.
Untuk mengetahui penyebab pada Mam, sebaiknya memeriksakan diri ke dokter kandungan untuk dilakukan pemeriksaan menyeluruh baik anamnesis, pemeriksaan fisik, dan penunjang seperti USG dan profil hormon pada pemeriksaan laboratorium, sehingga bisa diketahui penyebabnya dan mendapatkan tatalaksana sesuai permasalahannya.

Terima kasih telah menggunakan fitur Smart Consultation Parenting Club. Semoga jawaban yang saya berikan dapat membantu. Jika ada keluhan atau kendala lainnya, silahkan menggunakan Smart Consultation Parenting Club lagi ya Mam.

dr. N.B. Donny A.M., S.pOG

dr. N.B. Donny A.M., SpOG adalah Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi lulusan Universitas Indonesia.

ask dr. N.B. Donny A.M., S.pOG lihat detail
Hubungi Kami
Hubungi Kami Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top