Ginekolog

plasenta previa

By: lewi marga furi

Detail: Dok,, seberapa besar kemungkinan letak plasenta anterior menghalangi jalan lahir sampai akhirnya menjadi plasenta previa? Untuk pencegahannya seperti apa?

dr. Dinda Derdameisya, Sp.OG
Expert

Halo Mam Lewi, terima kasih atas pertanyaannya. Saya memahami apa yang Mam rasakan saat ini.
Placenta previa terbagi menjadi 3, yaitu low lying placenta (di atas 4cm dari jalan lahir), placenta previa marginalis (kurang dari 4cm dari jalan lahir) dan placenta previa totalis (menutupi total jalan lahir). Angka kejadian plasenta previa di Indonesia 2.5% dari kehamilan dengan risiko tinggi perdarahan hebat saat persalinan. Tidak ada yang dapat mencegah terjadinya placenta previa karena terjadi sejak awal proses tertanamnya benih pada rahim.
Kontrol teratur dalam kehamilan akan membantu untuk segera mendeteksi adanya masalah dalam kehamilan dan penanganan yang tepat dalam persiapan persalinan.
Terima kasih telah menggunakan fitur Smart Consultation Parenting Club. Semoga jawaban yang saya berikan dapat membantu. Jika ada keluhan atau kendala lainnya, silahkan menggunakan Smart Consultation Parenting Club lagi ya Mam.

dr. Dinda Derdameisya, Sp.OG

dr. Dinda Derdameisya, Sp.OG adalah Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan lulusan Universitas Indonesia. Saat ini aktif sebagai Tim Redaksi Klikdokter.com dan berpraktek di Rumah Sakit Ibu dan Anak Asih

ask dr. Dinda Derdameisya, Sp.OG lihat detail
Hubungi Kami
Hubungi Kami Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top