Pediatrik

Nafas Bunyi Grok dan Batuk berdahak

By: Gisty Elvira

Detail: Saya Mempunyai bayi usia 5bulan,,2minggu terakhir ini nafas ny bunyi grok grok stiaptdr dan kalo batuk ada dahak ny tapi dia tidak bisa mengeluarkan dahaknya..yg ingin saya tanyakan,,pengobatan apa yang tepat utk bayi saya..?? karna saat ini bayi saya hanya minum ASI

dr. Caessar Pronocitro, M.Sc Sp.A
Expert

Halo Mam Gisty, terima kasih atas pertanyaannya. Saya memahami apa yang Mam rasakan saat ini.
Suara grok-grok, batuk, atau pilek apabila tidak disertai demam tinggi, maka masih mungkin wajar, dan disebabkan oleh produksi lendir di saluran nafasnya. Lendir akan makin banyak saat suhu dingin, misal di malam hari, atau kurang ASI.
Sebaiknya jangan terburu-buru memberikan obat batuk dan pilek, apalagi antibiotik, karena obat batuk dan pilek untuk anak belum tentu aman untuk bayi. Sementara antibiotik tidak diperlukan apabila bayi tidak mengalami infeksi oleh bakteri.
Bagaimana membantu meredakan kondisi tersebut?
1. Menghindari suhu dingin dan udara kering, dengan mengurangi penggunaan AC, atau mengusap minyak atau balsam yang aman untuk bayi di dada dan punggung. Penggunaan humidifier juga akan membantu mengurangi produksi lendir di saluran nafas.
2. Meningkatkan frekuensi pemberian ASI/minum, terutama yang bersuhu hangat untuk yang berusia di atas 6 bulan. Sedikit meninggikan posisi kepala bayi juga dapat membantu.
3. Memberikan tetes atau spray hidung salin. Ini aman digunakan pada bayi untuk mengencerkan lendir di saluran nafasnya sehingga lebih mudah dikeluarkan.
4. Yang pasti, tidak boleh ada perokok di rumah karena zat-zat dalam rokok yang menempel di permukaan rambut, tubuh, pakaian dan dapat bertahan hingga 2 minggu akan mengiritasi saluran nafas bayi. Hindarkan juga dari anggota keluarga lain yang sedang sakit.
Yang penting dilakukan adalah memantau adanya tanda-tanda bahaya berupa demam tinggi, laju nafas lebih dari 40x semenit, serta adanya tarikan/cekungan di sela-sela tulang rusuk saat bayi menarik nafas. Apabila ada keraguan mengenai kondisi bayi maka sebaiknya diperiksakan langsung ke dokter spesialis anak segera ya.
Terima kasih telah menggunakan fitur Smart Consultation Parenting Club. Semoga jawaban yang saya berikan dapat membantu. Jika ada keluhan atau kendala lainnya, silahkan menggunakan Smart Consultation Parenting Club lagi ya Mam.

dr. Caessar Pronocitro, M.Sc Sp.A

dr. Caessar Pronocitro, M.Sc, Sp.A adalah Dokter Spesialis Anak lulusan Universitas Gadjah Mada. Saat ini Aktif sebagai Tim Redaksi Klikdokter.com dan berpraktek di Rumah Sakit Pondok Indah Bintaro Jaya, Rumah Sakit Buah Hati Ciputat

ask dr. Caessar Pronocitro, M.Sc Sp.A lihat detail
Hubungi Kami
Hubungi Kami Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top