Pediatrik

Perkembangan alat reproduksi anak

By: Widhi Astutik

Detail: Selamat siang dokter, perkenalkan saya Widhi ibu dari 2 anak Nala(5th) dan Dinda (20bln). Saya mempunyai pertanyaan tentang anak saya yang pertama. Nala mempunyai kebiasaan yang "janggal" karena terbiasa menjepit bantal atau guling diantara dua kakinya, terkadang sambil mengencangkan kakinya. sepertinya dia merasakan "kenikmatan" di area organ genitalnya. Kebiasaan ini terjadi setelah saya tinggal opname di rumah sakit sekitar 10 hari sehingga dia harus tidur sendiri karena selama ini selalu tidur sama saya. Apakah ini normal dokter? terimakasih

Prof. DR. Dr. Rini Sekartini, SpA(K)
Expert

Pada anak usia balita, perkembangan organ reproduksi dan fungsinya belum berkembang, tetapi sensasi kenikmatan pada organ seksual dapat terjadi pada anak. Usia 2-5 tahun merupakan fase seksual perkembangan anak, ditandai antara lain anak sangat ingin tahu dengan organ kelaminnya. Pada masa tersebut dapat terjadi masturbasi. Dari cerita Mam, dapat dicurigai bahwa anak mengalami masturbasi. Saat ini hendaknya Mam membantu si Kecil mengatasi masalah tersebut dengan selalu mengalihkan perhatiannya bila ia berada dalam posisi tertentu dan tampak menikmatinya. Jangan khawatir bila si Kecil menangis, lambat laun Mam tentu bisa mengatasi masalah ini.

Prof. DR. Dr. Rini Sekartini, SpA(K)

Prof. DR. Dr. Rini Sekartini, SpA(K) adalah dokter Spesialis Anak Konsultan alumni Fakultas Kedokteran UI Jakarta. Saat ini aktif praktek sebagai Konsultan Tumbuh Kembang Anak di RS Cipto Mangunkusumo Jakarta.

ask Prof. DR. Dr. Rini Sekartini, SpA(K) lihat detail
Hubungi Kami
Hubungi Kami Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top