Pediatrik

sulit tidur dan merasa gerah pada trimester III

By: Lydia Amanda Poetri

Detail: Kenapa ya dok, akhir trimester ini sulit sekali tidur saat malam dan mengantuk saat pagi/siang hari ? apakah tidak apa apa tidur di pagi/siang hari lalu badan terasa hangat, gerah dan berkeringat padahal sudah menggunakan AC. Terima Kasih

Prof. DR. Dr. Rini Sekartini, SpA(K)
Expert

Halo Mam Lydia, terima kasih atas pertanyaannya. Saya memahami apa yang Mam rasakan saat ini.
Pertanyaan Mam termasuk dalam spesialisasi ginekologi/ obgyn. Mam bisa menanyakan pertanyaan tersebut kepada Ahli Ginekologi dari Parenting Club, yaitu dr. Dinda Derdameisya, Sp. OG atau dr. Bram Pradipta, Sp. OG.
Berikut jawaban menurut dr. Dinda Derdameisya, Sp. OG.
Sebenarnya sulit tidur karena semakin membesarnya janin dalam kandungan maka akan menekan diafragma dan membuat otot pernapasan tidak leluasa bergerak. Biasa yang dirasakan engap, sesak. Karena sulit tidur di malam sehingga di pagi dan siang merasa mengantuk. Untuk badan berkeringat dan mudah kepanasan juga suatu hal yang wajar dalam kehamilan karena metabolisme dalam tubuh yang berubah selama kehamilan terutama trimester akhir. Jika masih dapat ditoleransi makan tidak menjadi masalah tetapi jika sangat mengganggu ada baiknya diperiksakan ke dokter kandungan.
Terima kasih telah menggunakan fitur Smart Consultation Parenting Club. Semoga jawaban yang saya berikan dapat membantu. Jika ada keluhan atau kendala lainnya, silahkan menggunakan Smart Consultation Parenting Club lagi ya Mam.

Prof. DR. Dr. Rini Sekartini, SpA(K)

Prof. DR. Dr. Rini Sekartini, SpA(K) adalah dokter Spesialis Anak Konsultan alumni Fakultas Kedokteran UI Jakarta. Saat ini aktif praktek sebagai Konsultan Tumbuh Kembang Anak di RS Cipto Mangunkusumo Jakarta.

ask Prof. DR. Dr. Rini Sekartini, SpA(K) lihat detail
Hubungi Kami
Hubungi Kami Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top