Pediatrik

Susu Formula dan Ruam Popok

By: Rika Fitri

Detail: Halo dok. Saya punya pertanyaan. 1. Saat ini saya punya bayi umur 3 bulan. Bayi saya Asi + Sufor. Karena asi yang keluar sedikit. Awalnya saya pakai nutribaby tapi lama lama muncul kemerahan di pipi sampai berkerak tebal. Saya bawa k dokter anak di suruh ganti Nan Ph pro. Sembuh di anak saya. Ketika susu habis saya balik lagi nutribaby ternyata kemerahanya semakin banyak sampai ke punggung perut dan paha. Saya stop. Sekarang saya pakai bebelove FL. Agak mendingan tapi pup jadi hijau. Pertanyaanya susu formula apa yg cocok di anak saya tapi harganya tidak terlalu mahal. 2. Apakah ruam popok ini disebabkan dari susu atau tidak? Karen ruam popok ini baru terjadi sekitar semingguan. Merah2 di selangkangan paha. Saya sudah pakai sudocream tapi gam sembuh2. Harus pakai apa ya? Terimakasih

Prof. DR. Dr. Rini Sekartini, SpA(K)
Expert

Dari data yang ibu sampaikan, sepertinya bayi ibu mengalami alergi susu sapi. Pada kasus seperti itu sebaiknya memang diberikan ASI atau bila tidak mencukupi berikan susu sapi yang proteinnya diperkecil, misalnya susu dengan label Ph pro, atau susu soya. Tetapi bila diberikan susu sapi dengan Ph pro gejalanya sudah baik, tetap berikan susu tersebut, jangan diberikan susu sapi biasa.                                          Untuk masalah ruam, ruam popok itu banyak jenisnya. Dapat disebabkan alergi, infeksi bakteri atau infeksi jamur. Harus diperiksa ke dokter, untuk menentukan penyababnya, baru setelah itu diobati sesuai penyebabnya. Bila tidak tepat obat yang diberikan, tidak akan memberikan manfaat banyak.

Prof. DR. Dr. Rini Sekartini, SpA(K)

Prof. DR. Dr. Rini Sekartini, SpA(K) adalah dokter Spesialis Anak Konsultan alumni Fakultas Kedokteran UI Jakarta. Saat ini aktif praktek sebagai Konsultan Tumbuh Kembang Anak di RS Cipto Mangunkusumo Jakarta.

ask Prof. DR. Dr. Rini Sekartini, SpA(K) lihat detail
Hubungi Kami
Hubungi Kami Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top