Psikolog

Anak nangis tidak mau bicara

By: Pitri B

Detail: Anak saya tiap kali tidur tiba2 terbangun dan sering nangis setiap x ditanya kenapa dy tetap menangis hingga sy bingung harus melakukan apa..apakah anak saya normal karena kalau sudah nangis bisa berjam jam

Astrid WEN, M.Psi
Expert

Halo Mam Putri B, terima kasih atas pertanyaannya. Saya memahami apa yang Mam rasakan saat ini. Pertanyaan Mam termasuk dalam kesehatan Anak. Mam bisa menanyakan pertanyaan tersebut kepada Psikolog dari Parenting Club, yaitu Astrid WEN M.Psi.

Saat anak terbangun dan menangis, hal pertama kali yang dapat kita lakukan adalah membantu menenangkan dirinya. Kita dapat mengelus-elus punggungnya, membelai rambutnya, memeluknya agar Si Kecil tenang kembali. Kita dapat memberikan Si Kecil air putih yang segar agar Si Kecil dapat lebih merasa lega.
Kita dapat bertanya kepadanya pada saat Si Kecil telah berhenti menangis dan lebih tenang. Kita dapat bertanya seperti, “kamu sedih sekali.. ada apakah? Apa mungkin mimpi buruk atau ada sesuatu yang membuatmu sedih?”. Jika Si Kecil belum siap cerita, tidak perlu dipaksa, dan dapat ditanyakan kembali di esok harinya saat situasi rileks.
Jika Si Kecil menangis hingga berjam-jam, kita tetap berada di sampingnya dan jadilah kuat dan tenang. Dengan kita bersikap tenang dan stabil, anak akan lebih mudah menenangkan dirinya. Jangan ragu untuk mengusap punggungnya dan mengatakan, “Mama ada disini. Menangislah lega, tidak apa-apa, Mama ada disini.” Tawarkan Si Kecil tisu dan air putih. Setelah Si Kecil tenang, kita tidak perlu lekas mendapatkan jawaban, karena Si Kecil mungkin sudah lelah. Kita dapat mengatakan, “kamu istirahat dulu, pasti lelah. Nanti kalau kamu bangun dan sudah lebih tenang, kamu bisa cerita ke Mama kapanpun, Mama akan siap dengarkan.”
Di keseharian, bangun komunikasi dan kepercayaan yang lebih kuat dan intim. Luangkan waktu hanya bersama Si Kecil melakukan kegiatan yang santai dan menyenangkan, seperti olahraga bersama, atau makan bersama. Mulai juga kita dapat bercerita topik-topik yang ringan dan santai, hanya untuk membangun “connection”. Di sela-sela saat kita memeluk Si Kecil dan saat Si Kecil sedang merasa dekat dengan kita, kita dapat mengatakan bahwa kita sayang pada Si Kecil dan bahwa Si Kecil aman bersama kita.

Terima kasih telah menggunakan fitur Smart Consultation Parenting Club. Semoga jawaban yang saya berikan dapat membantu. Jika ada keluhan atau kendala lainnya, silahkan menggunakan Smart Consultation Parenting Club lagi ya Mam

Astrid WEN, M.Psi

Astrid WEN,M.Psi, Psikolog & Praktisi Theraplay adalah Psikolog lulusan Universitas Indonesia dengan pengalaman praktek 10 tahun dan mengambil spesialisasi Theraplay dari The Theraplay Institute, Chicago. Saat ini aktif sebagai praktisi Theraplay pertama di I

ask Astrid WEN, M.Psi lihat detail
Hubungi Kami
Hubungi Kami Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top