Psikolog

anak saya gampang menangis

By: Ririn Kusuma Dewi

Detail: dok, anak saya umur 19 bulan, saya ibu pekerja keseharian ank saya bersama neneknya ,sering dimanjakan sama neneknya alhasil jika apapun yang tidak dituruti atau tidak sesuai keinginannya dia mengamuk dan gampang nangis.. saya sebagai ibu kadang ingin marah jadinya,, karena si sounding dengan kata2 dia makin mengamuk, kalo didiemin sayanya kasihan. bagaimana menghadapinya ya dok. agar saya pun tidak terbawa emosi

Pelangi Midi Prathami
Expert

Halo Mam Ririn, terima kasih atas pertanyaannya. Saya memahami apa yang Mam rasakan saat ini.

Menurut Rosdiana Setyaningrum, Mpsi, MPHEd, sebenarnya memang normal bila si Kecil usia ini menangis saat keinginannya tidak terpenuhi. Ia memang sedang berusaha untuk mendapatkan semua keinginannya. Dan bila dengan menangis ia mendapatkan apa yang ia inginkan, ia akan menangis terus saat tidak diberikan. Cara mendiamkan sebenarnya amat efektif, Mam. Karena si kecil akan belajar bahwa ia tidak mendapatkan perhatian dan yang ia inginkan. Katakan saja dulu alasan mengapa ia tidak bisa mendapatkannya, bila ia menangis diamkan saja. Setelah ia diam, jelaskan lagi mengapa ia tidak mendapatkan apa yang ia mau. Bila dilakukan secara konsisten, maka si Kecil akan belajar bahwa tindakannya ini tidak akan membuat ia mendapatkan apa yang ia inginkan.

Terima kasih telah menggunakan fitur Smart Consultation Parenting Club. Semoga jawaban yang saya berikan dapat membantu. Jika ada keluhan atau kendala lainnya, silahkan menggunakan Smart Consultation Parenting Club lagi ya Mam.

Pelangi Midi Prathami

Pelangi Midi Prathami, S.Psi., Psikolog.  adalah psikolog lulusan Universitas Islam Bandung. Saat ini aktif sebagai Team Redaksi Klikdokter.com, dan narasumber Parenting Konselor.

ask Pelangi Midi Prathami lihat detail
Hubungi Kami
Hubungi Kami Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top