Psikolog

anak penakut dan suka menangis

By: meriza devi

Detail: Selamat sore,anak saya balita 3,7bln laki2.anaknya penakut dan sering gampang menangis..selalu meminta sy menemaninya,baik sekolah atau bermain.pernah sy sangat marah tapi sepertinya anak tersebut tidak mengerti..apa yang harus sy lakukan agar anak saya percaya diri dan tidak gampang menangis.terimaksih

Rosdiana Setyaningrum, Mpsi, MHPEd
Expert

Dear Mam,


Anak seusia si Kecil kadang memang takut pada hal-hal nyata yang bisa mereka lihat. Seiring dengan berkembangnya daya imajinasi mereka, hal biasa terkadang tampak menakutkan baginya. Ketakutan mereka itu bisa disebabkan oleh pengalaman langsung, pengalaman orang/anak lain. Selain itu dia bisa saja takut tanpa sebab. 


Untuk membantu si Kecil mengatasi rasa takut, Mam sebaiknya tidak mengecilkan atau menganggap remeh perasaannya. Cobalah berempati dan memahaminya. Akui dan terima ketakutannya. Memarahinya justru tidak akan membantu.


Cara lain untuk menolongnya adalah:

  • Mengajaknya bicara dan berbagi pengalaman. Katakan bahwa setiap orang kadang merasa takut. Hal itu wajar. 
  • Bacakan buku cerita yang mana karakternya mengatasi rasa takut.
  • Bantu si Kecil menggunakan imajinasi untuk memperoleh kepercayaan diri mengatasi rasa takut.
  • Kurangi ketakutan si Kecil dengan menyiapkan dia terlebih dahulu ketika hendak menghadapi sesuatu yang dia takuti atau situasi baru.
  • Bangun rasa percaya dirinya dengan membantunya mengembangkan hobinya. Selain itu, jika si Kecil senang berkegiatan di luar ruangan misalnya senang taekwondo, menari, Mam bisa terus mendorong dan mendampinginya beraktivitas supaya kepercayaan dirinya berkembang.

Salam Smart Parenting

Rosdiana Setyaningrum, Mpsi, MHPEd

Rosdiana Setyaningrum, Mpsi, MHPEd adalah psikolog lulusan Universitas Indonesia dan University of New South Wales, Sydney 

ask Rosdiana Setyaningrum, Mpsi, MHPEd lihat detail
Hubungi Kami
Hubungi Kami Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top