Psikolog

Anak saya usai 10 bulan belum mau berdiri

By: Julis Puspita Luluk Indayani

Detail: Dok anak saya usianya sudah 10 bulan tapi sampai saat ini kaki nya tidak mau berdiri sama sekali, belum bisa duduk sendiri, belum merangkak juga, belum tumbuh gigi sama sekal, apakah ada masalah dengan an saya, dok, apakah saya harus membawanya ke dokter tumbuh kembang anakanak, mohon pencerahan nya, terima kasih dok.

Rosdiana Setyaningrum, Mpsi, MHPEd
Expert

Dear Mam, 

Sangat disarankan Mam membawa si Kecil ke dokter anak ahli tumbuh kembang.
 
Sebagai informasi, perkembangan anak bervariasi. Rata-rata bayi umur 9 bulan mulai belajar merangkak. Namun, ada pula anak yang baru merangkak pada umur 11-12 bulan. Ada dua hal yang memengaruhi anak mau merangkak:
 

  1. Kepribadian bayi. Bayi yang cenderung pendiam umumnya akan duduk, merangkak, dan berjalan lebih lambat dari pada bayi periang atau yang tak bisa diam. Namun, bayi pendiam kemampuan visual dan perkembangan sosialnya cenderung lebih cepat.
  2. Berat badan bayi. Bayi yang gemuk cenderung lebih lamban untuk duduk, merangkak, dan berjalan daripada bayi yang kurus. Bayi yang gemuk enggan bergerak karena badannya terlalu berat. 
 
Yang perlu diperhatikan adalah perkembangan si Kecil, bukan soal waktu. Waktu bisa bervariasi. Namun, perkembangan si Kecil seharusnya menunjukkan kemajuan: kapan dia mulai duduk, merangkak, lalu berjalan. Namun, ada pula anak yang tidak melewati proses merangkak, karena dari duduk langsung berdiri lalu berjalan. Buat catatan harian mengenai perkembangan si Kecil. Setiap bulan seharusnya si Kecil menunjukkan kemampuan mengangkat badan

Salam Smart Parenting!

Rosdiana Setyaningrum, Mpsi, MHPEd

Rosdiana Setyaningrum, Mpsi, MHPEd adalah psikolog lulusan Universitas Indonesia dan University of New South Wales, Sydney 

ask Rosdiana Setyaningrum, Mpsi, MHPEd lihat detail
Hubungi Kami
Hubungi Kami Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top