Psikolog

autis

By: fitrye gunadi

Detail: klo anak lg main trs tiba2 tertawa terbahak2 sendiri seperti ada yg ngajak main dengan nya, apa itu jg ciri2 autis ato ada gejala lain dok?

Rosdiana Setyaningrum, Mpsi, MHPEd
Expert

Halo Mam Fitrye, terima kasih atas pertanyaannya. Saya memahami apa yang Mam rasakan saat ini.
Ada banyak penyebab mengapa anak tertawa sendiri, tergantung juga usianya. Ada anak yang amat tinggi daya hayalnya sehigga ia berimajinasi sedang bermain dengan seseorang. Ada yang sampai mempunyai teman hayalan juga. Ada banyak hal lain yang harus kita observasi sebelum kita dapat mengatakan bahwa si kecil ada dalam spektrum autisme.
Anak dengan autisme dapat menunjukkan ekspresi seperti anak-anak lainnya, seperti tersenyum dan tertawa. Tetapi, umumnya anak dengan autisme tidak tertawa sebagai respon terhadap hal yang lucu seperti anak-anak lain. Anak dengan autisme dapat tiba-tiba tertawa pada situasi yang mungkin dirasa kurang sesuai oleh orangtua. Namun, tawa tersebut tetaplah merupakan bentuk ekspresi yang mengindikasikan perasaan yang positif.
Orangtua juga dapat membawa anak ke klinik tumbuh kembang dan psikolog anak untuk menjalani pemeriksaan yang lebih menyeluruh, observasi kondisi si kecil dengan lebih mendetil dan mendapatkan penanganan yang tepat.
Terima kasih telah menggunakan fitur Smart Consultation Parenting Club. Semoga jawaban yang saya berikan dapat membantu. Jika ada keluhan atau kendala lainnya, silahkan menggunakan Smart Consultation Parenting Club lagi ya Mam.

Rosdiana Setyaningrum, Mpsi, MHPEd

<span 13px;"="">Rosdiana Setyaningrum, Mpsi, MHPEd adalah psikolog lulusan Universitas Indonesia dan University of New South Wales, Sydney 

ask Rosdiana Setyaningrum, Mpsi, MHPEd lihat detail
Hubungi Kami
Hubungi Kami Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top