Psikolog

Belum bisa merangkak

By: Dirga Nainggolan

Detail: Nama anak saya Dirga Nainggolan, lahir 16 Agustus 2016. Usia 9 bulan 12 hari. Sampai sekarang belum bisa merangkak dan belum bisa duduk? Masalah dimana yeah Dok? Padahal usia 9 bulan sudah sewajarnya untuk duduk. sejak usia 3 bulan, Dirga sering panas (demam) dan tiap bulannya seperti itu. Apa karena Dirga sering Demam makanya tumbuh kembangnya sedikit lambat? Mohon solusinya Dok, Terima kasih.

Rosdiana Setyaningrum, Mpsi, MHPEd
Expert

Usia 9 bulan seharusnya anak sudah dapat duduk sendiri dan tidak jatuh. Umumnya anak sudah dapat merangkak dan mulai belajar berdiri. Sebaiknya diperiksa ke klinik tumbuh kembang untuk mencari penyababnya. Apakah anaknya kurus sehingga tidak dapat merangkak dan duduk atau ada masalah lainnya. Apakah anak sering digendong ? Kalau sering digendong anak tidak memiliki kesempatan untuk belajar duduk dan merangkak. Cobalah untuk mengajak anak bermain di matras atau lantai untuk memotivasinya duduk dan merangkak. 

Rosdiana Setyaningrum, Mpsi, MHPEd

Rosdiana Setyaningrum, Mpsi, MHPEd adalah psikolog lulusan Universitas Indonesia dan University of New South Wales, Sydney 

ask Rosdiana Setyaningrum, Mpsi, MHPEd lihat detail
Hubungi Kami
Hubungi Kami Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top