Psikolog

Emosi anak

By: irma rachmawati

Detail: Saya ingin menanyakan dok, anak saya perempuan berusia 2 thn. Setiap ada teman baru atau orang baru anak saya cendurung bersikap judes, cemberut kalo ditanya, dan tidak mau barang miliknya disentuh teman barunya. Apa yg harus saya lakukan dok ? Terimakasih

Astrid WEN, M.Psi
Expert

Halo Mam Irma Rachmawati, terima kasih atas pertanyaannya. Saya memahami apa yang Mam rasakan saat ini. Pertanyaan Mam termasuk dalam kesehatan Anak. Mam bisa menanyakan pertanyaan tersebut kepada Psikolog dari Parenting Club, yaitu Astrid WEN M.Psi.
Kalau melihat si Kecil berekspresi seperti itu, ada perasaan campur aduk juga ya di dalam hati kita, bisa antara gemas, bisa juga kok anak saya bisa bermuka judes / cemberut gini, juga mungkin antara ga enak juga pada orang yang menyapanya, mungkin juga ada sedikit rasa malu atau tidak tahu kita harus melakukan apa..
Dalam situasi seperti itu, ada beberapa hal yang dapat kita lakukan, yaitu:
• Jika saat itu kita ada di samping Si Kecil, dan kita juga disapa atau mendapatkan kontak mata dengan orang baru atau teman baru Si Kecil, kita dapat turut merespon sapaan mereka. Kita tersenyum ramah dan hangat kepada orang baru atau teman baru tersebut. Buatlah momen interaksi ini ringan dan hangat dan sederhana. Interaksi kita tersebut akan dilihat anak dan mungkin nantinya akan dicontoh oleh anak kita. Anak kita bermuka judes/cemberut mungkin karena ia merasakan takut atau bingung belum tahu harus berlaku seperti apa.. Pada waktunya ia memahami tanda-tanda norma sosial/sopan santun, ia akan dapat mencontoh tingkah laku kita.
• Hindari memberikan komentar yang bersifat kritikan atau mempermalukan dirinya di depan teman baru seperti: “sapa dong, masa kamu ga sapa..”, “ih cemberut gitu mukanya, jelek ih”, “salam, yang sopan dong”. Jika kita memberikan tekanan yang belum dapat ia terima/tangani, ia akan semakin menarik diri dan bisa tambah judesnya hehehe… Jika ia cenderung diam dan judes, Mam dapat memberikan komentar contohnya seperti “Oh, kamu belum mau berkenalan saat ini ya, iya gapapa, lain kali kamu bisa berkenalan lagi. Mam dulu yang berkenalan, Halo”
• Di waktu luang, saat hanya ada dia dengan orang-orang yang familiar dengannya, kita dapat sering-sering memberikan ekspresi wajah kita yang santai dan bahagia, mudah tertawa dengan hal-hal yang kecil, dan bermain bersama, dan berkomunikasi berhadap-hadapan dengannya sehingga ia akan sering mendapatkan latihan bersosialisasi tanpa ia sadari.
• Dapat juga, saat membaca buku cerita, carilah buku cerita yang bertemakan berkenalan dengan tokoh lain. Melalui cerita barulah disini kita dapat memberikan pengajaran / edukasi apa yang bisa dia lakukan saat bertemu dengan anak lain atau membahas hal-hal dengan tema sosialisasi atau bermain bersama. Berikan penguatan bahwa ia tidak perlu takut saat berkenalan.
• Tetap secara reguler melakukan playdate dengan anak lain meski dia belum mampu memenuhi ekspektasi kita dalam hal bersosialisasi dan meski ia belum sharing mainan, jika ia tidak menolak dan mampu bermain berdampingan dengan anak lain, tidak apa-apa. Buatlah suasana bermainnya menjadi santai. Kita dapat memberikan kegiatan aktivitas bersama yang mereka dapat mulai sharing seperti piknik bersama, atau mengecat kanvas besar bersama. Yang difokuskan adalah kegembiraannya.
Kegiatan yang dapat dilakukan bersama-sama secara santai dan mudah untuk dinikmati kebahagiaannya akan membantu anak kita turut merasakan kebahagiaan dan keamanan di dalam dirinya, sehingga ia akan lebih mudah berekspresi bahagia dan lebih ramah pada orang lain.
Terima kasih telah menggunakan fitur Smart Consultation Parenting Club. Semoga jawaban yang saya berikan dapat membantu. Jika ada keluhan atau kendala lainnya, silahkan menggunakan Smart Consultation Parenting Club lagi ya Mam.

Astrid WEN, M.Psi

Astrid WEN,M.Psi, Psikolog & Praktisi Theraplay adalah Psikolog lulusan Universitas Indonesia dengan pengalaman praktek 10 tahun dan mengambil spesialisasi Theraplay dari The Theraplay Institute, Chicago. Saat ini aktif sebagai praktisi Theraplay pertama di I

ask Astrid WEN, M.Psi lihat detail
Hubungi Kami
Hubungi Kami Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top