Psikolog

Gregetan saat memegang mainan

By: Dini Deynambou

Detail: Dear dr. Andyda Meliala Anak saya berusia 6 bulan, kalau memegang mainan dari usia 4 bulan pasti dimasukan kemulut dan akhirnya malah gregetan dengan berteriak-teriak cenderung emosi, apakah wajar dok? Biasanya untuk meredakan gregetan diajak keluar rumah atau bermain kontak langsung dengan banyak orang.

Rosdiana Setyaningrum, Mpsi, MHPEd
Expert

Dear Mam,

Mam, menjelang umur 1 tahun si Kecil belajar mengenal dunia lewat indranya, yaitu dengan melihat, menyentuh, mendengar, mencium, dan mencecap. Jadi, jika si Kecil memasukkan mainan ke mulut, itu hal yang wajar. Ini merupakan sinyal bahwa ia mulai tertarik dengan lingkungannya. Meskipun si Kecil mulai aktif menggunakan tangannya (mengambil, mencengkeram, menepuk, dll.), ia sebenarnya belum bisa mengoordinasikan jemarinya dengan baik. Jadi, ketika ia semakin penasaran untuk mengetahui sesuatu, biasanya ia akan memasukkan benda itu ke mulut. Memasukkan benda ke mulut membantu si Kecil mengenal bentuk dan tekstur suatu benda.

Jika Mam khawatir barang-barang yang dimasukkan ke mulut si Kecil membuatnya tersedak, sebaiknya siapkan mainan yang cukup besar dan aman sehingga tidak akan masuk ke tenggorokannya. Seberapa besar mainan itu? Untuk mengukurnya, pakailah rol tisu gulung. Jika mainan itu tidak bisa masuk lubang, berarti aman. Selain itu, pastikan si Kecil sering mencuci tangan dan cucilah mainan yang sering dimasukkan ke mulut.

Cara Mam meredakan geregetan si Kecil sudah baik. Jika ia berteriak-teriak, mungkin ia sangat penasaran. Mam bisa membantu menjelaskan benda apa yang sedang dipegangnya itu. Mam bisa juga mengalihkan perhatiannya ke mainan lain yang menurut Mam lebih aman. Tempatkan si Kecil di ruangan yang aman dan berikan mainan yang aman pula untuknya.

 Salam Smart Parenting

Rosdiana Setyaningrum, Mpsi, MHPEd

Rosdiana Setyaningrum, Mpsi, MHPEd adalah psikolog lulusan Universitas Indonesia dan University of New South Wales, Sydney 

ask Rosdiana Setyaningrum, Mpsi, MHPEd lihat detail
Hubungi Kami
Hubungi Kami Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top