Psikolog

jam tidur bayi larut malam

By: dian suminar putri

Detail: apa effek negative dan positif dari segi psikologi jika anak bayi usia 5 bulan tidur larut malam? apakah masih bisa berubah gaya tidur bayi ? bagaimana cara menerapkan bayi 5 bulan tidur sesuai jam tidur pada bayi umumnya ?

Rosdiana Setyaningrum, Mpsi, MHPEd
Expert

Halo Mam Dian, terima kasih atas pertanyaannya. Saya memahami apa yang Mam rasakan saat ini. Pertanyaan Mam termasuk dalam spesialisasi anak/ pediatrik. Mam bisa menanyakan pertanyaan tersebut kepada Ahli Pediatrik dari Parenting Club, yaitu Prof. DR. dr. Rini Sekartini, Sp. A(K) atau dr. Caessar Pronocitro, M. Sc., Sp. A.
Menurut Prof. DR. dr. Rini Sekartini, Sp. A(K), pola tidur pada bayi usia 3-6 bulan, harus dapat belajar memulai tidur sepanjang malam, dan dapat tidur dengan sendirinya bila terbangun pada malam hari. Jumlah jam tidurnya harus sesuai usianya sekitar 15-16 jam seharinya, tidur pagi dan siang hari sekitar 2-3 kali. Pastikan lingkungan kamar tidur bayi nyaman, bayi tidak mengalami kedinginan atau kepanasan, tidak lapar dan tidak bising. Pada kondisi sakit, segera berobat untuk menghindari gangguan tidur. Lakukan bedtime / waktu tidur yang sama setiap harinya. Selamat mencoba ya Mam.
Terima kasih telah menggunakan fitur Smart Consultation Parenting Club. Semoga jawaban yang saya berikan dapat membantu. Jika ada keluhan atau kendala lainnya, silahkan menggunakan Smart Consultation Parenting Club lagi ya Mam.

Rosdiana Setyaningrum, Mpsi, MHPEd

<span 13px;"="">Rosdiana Setyaningrum, Mpsi, MHPEd adalah psikolog lulusan Universitas Indonesia dan University of New South Wales, Sydney 

ask Rosdiana Setyaningrum, Mpsi, MHPEd lihat detail
Hubungi Kami
Hubungi Kami Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top