Psikolog

Kategori telat bicara

By: Sofiatul Jannah

Detail: siang bu,anak sy 1 tahun 5 bulan dan baru terdeteksi anak sy tongue tie dan menurut dokter merekomendasikan sy ke dokter tumbuh kembang,saat ini anak sy baru bisa mengucapkan kata "ba" "ma" "nek" "mbok(untuk panggil pengasuhnya)" "nenen" "naik" "mau" "ya" apa itu termasuk dalam kategori telat bicara?

Pelangi Midi Prathami
Expert

Halo Mam Sofiatul, terima kasih atas pertanyaannya. Saya memahami apa yang Mam rasakan saat ini. Pertanyaan Mam termasuk dalam spesialisasi anak/ pediatrik, Mam bisa menanyakan pertanyaan tersebut kepada Ahli Pediatrik dari Parenting Club, yaitu Prof. DR. dr. Rini Sekartini, Sp. A(K) atau dr. Caessar Pronocitro, M. Sc., Sp. A.
Menurut dr. Caessar Pronocitro, M. Sc., Sp. A., pada anak berusia sekitar 18 bulan, ada beberapa hal yang seharusnya sudah bisa dilakukan terkait perkembangannya.
Untuk kemampuan bicaranya, anak dapat mengucapkan beberapa kata dengan tepat, mengucapkan “tidak” atau menggelengkan kepala, serta menunjuk benda atau orang yang diinginkannya. Anak juga dapat memahami fungsi benda-benda di sekitarnya, menunjuk anggota tubuh, dan mengikuti instruksi.
Pada usia ini juga anak mulai menunjukkan independensinya dan dapat tampak emosional. Orangtua sebaiknya tidak ikut menaikkan nada atau menanggapi dengan emosi juga. Tanggapi dengan tenang dan sabar.
Untuk mengetahui apakah ada keterlambatan dalam perkembangannya, maka sebaiknya anak diperiksakan langsung di klinik tumbuh kembang. Dengan demikian dapat diketahui kondisinya dengan lebih jelas dan penanganan yang tepat.
Terima kasih telah menggunakan fitur Smart Consultation Parenting Club. Semoga jawaban yang saya berikan dapat membantu. Jika ada keluhan atau kendala lainnya, silahkan menggunakan Smart Consultation Parenting Club lagi ya Mam.

Pelangi Midi Prathami

Pelangi Midi Prathami, S.Psi., Psikolog.  adalah psikolog lulusan Universitas Islam Bandung. Saat ini aktif sebagai Team Redaksi Klikdokter.com, dan narasumber Parenting Konselor.

ask Pelangi Midi Prathami lihat detail
Hubungi Kami
Hubungi Kami Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top