Psikolog

Kurang Percaya Diri

By: Nur Hanifah

Detail: Hallo Dokter... Perkenalkan saya Nur, anak saya Arsyila usia 2tahun 10bulan... Dia anak yang aktif, cerdas dan kritis tapi dia kurang percaya diri 1. Ketika saya menstimulasi untuk mengerjakan sesuatu yang baru dia bilang "Tidak Bisa" sebelumnya saya sudah mengajarkan nya atau mengerjakan bersama-sama tapi dia sering bilang seperti itu ketika memulai hal yang baru... padahal saya selalu memberikan penghargaan setiap dia bisa melakukan sesuatu misal ketika dia bisa menaruh sepatu pada tempatnya selalu bilang horee adik bisa, adik udah pinter ya.. Tapi kenapa masih seperti itu 2. dia suka dunia luar, senang bermain dengan teman-teman seusianya namun dia tidak berani main sendiri/ harus ada Mama di belakangnya.. Pernah suatu ketika dia bermain dengan teman-temannya dan berkata" Mama jangan jauh-jauh ya, di sini aja aku mau main dulu"... 3. Suatu ketika dia melihat anak-anak berangkat mengaji dan kebetulan TPA nya pun di samping rumah,setiap hari dia selalu melihat anak-anak berangkat dari jendela hingga suatu ketika dia bilang "Mama aku mau mengaji kaya kakak-kakak yang lain, banyak temennya"... akhirnya saya pun mengiyakan, saya antar mengaji...dia anak yang cerdas, bisa mengikuti...bahkan untuk seusianya dia mampu menguasai doa-doa, huruf-huruf ataupun angka 1-30...suatu ketika dia mengaji dilihat oleh teman-temannya disuruh membaca dia hanya diam entah malu/takut...padahal biasanya ketika dia mengaji dengan gurunya dia membaca lantang... 4.Dia anak yang kritis, cerewet, aktif apapun yang dia lihat dia tanyakan bahkan ketika saya salah menjawab dia selalu komplain... permasalahan nya dia cerewet, dia aktif hanya pada orang yang ada di rumah dan yang biasa akrab dengan dia, selain dari orang-orang itu dia hanya diam jika ada yang bertanya.. Misal di ajak ke sebuah acara ketemu dengan orang-orang baru ditanya dia hanya diam tapi ketika kembali ke rumah atau ketemu dengan teman-temannya dia mulai banyak bicara lagi... Mohon sarannya dok, bagaimana caranya saya membangkitkan kepercayaan dirinya supaya dia berani tampil didepan umum... Terimakasih

Rosdiana Setyaningrum, Mpsi, MHPEd
Expert

Halo Mam Nur, terima kasih atas pertanyaannya. Saya memahami apa yang Mam rasakan saat ini.
Senang ya, si kecil sehat dan cerdas. Ia mudah untuk belajar hal-hal baru. Apakah Mam selalu berada di dekat si Kecil? Kadang keberadaan kita yang terus menerus di dekat si Kecil dapat membuat si Kecil jadi kurang percaya diri. Ia mampu melakukan berbagai tugas saat kita berada di dekatnya, karena ia merasa akan ada selalu orang yang mendukung dirinya. Juga akan ada orang yang membantunya bila ia melakukan kesalahan.
Ada baiknya, bila si Kecil bisa ada pengasuh lain, seperti nenek, tante, om atau pengasuh, ia ditinggal sebentar dengan mereka saja. Bila Mam khawatir si Kecil dengan pengasuh saja, maka saat dengan pengasuh ia bisa diawasi nenek atau tante, om, dll. Lakukan juga hal yang Mam suka lakukan.
Bila si Kecil tidak terlalu biasa ditemani maka kepercayaan dirinya untuk melakukan berbagai hal sendiri maka akan bertumbuh juga. Bila ada PAUD dekat rumah yang bagus, boleh juga mulai memasukan si kecil di situ. Biasanya untuk anak usia 2 tahun, lama sekolah paling hanya 2-3 jam. Tapi si Kecil akan bisa belajar untuk lepas dari Mam secara perlahan. Situasi sekolah yang baik juga akan membuat si Kecil lebih percaya diri saat berada sendirian.
Terima kasih telah menggunakan fitur Smart Consultation Parenting Club. Semoga jawaban yang saya berikan dapat membantu. Jika ada keluhan atau kendala lainnya, silahkan menggunakan Smart Consultation Parenting Club lagi ya Mam.

Rosdiana Setyaningrum, Mpsi, MHPEd

<span 13px;"="">Rosdiana Setyaningrum, Mpsi, MHPEd adalah psikolog lulusan Universitas Indonesia dan University of New South Wales, Sydney 

ask Rosdiana Setyaningrum, Mpsi, MHPEd lihat detail
Hubungi Kami
Hubungi Kami Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top