Psikolog

Mendidik anak usia 6 bln agar kuat tidak manja

By: Silvi Chen

Detail: Bayi saya usia 6 bulan perempuan. Sejak bayi anak saya sangat tidak sabar kalau minta susu. ia akan menangis sangat keras & tidak berhenti sampai keinginannya dipenuhi. Dia biasa minum sedikit2 tidak bisa lgs banyak, tapi sangat sering (tidak sampai 1 jam sudah minta lagi). Dia jg mudah bosan, selalu ingin ditemani. Kadang menangis keras tapi begitu digendong langsung tertawa. Saya kuatir dia akan tumbuh jadi manja, keras kepala, ngotot, dan tidak sabar. Jadi kadang2 kalo dia menangis minta susu, saya biarkan dia menangis keras sampai beberapa saat (15-30 menit dia bisa menangis terus), terlebih ketika saya sendiri sedang sibuk, krn saya tidak pakai baby sitter. Saat usia 4,5 bulan dia pernah jatuh dari tempat tidur setinggi 1 meter, tp syukur dia baik2 saja. Kami sbg ortu sangat menyesal. Sejak itu, setiap kali dia terbentur sedikit, suami & mertua saya takutnya setengah mati. Saya disalahkan katanya tidak jaga anak baik2, pdhal saya sudah berusaha. Tapi namanya anak bermain kan pasti bisa terbentur, jatuh, dll. Di keluarga sy sendiri kami tidak terlalu kuatir kalo anak terbentur atau jatuh sedikit saat bermain (asal bukan kecelakaan parah spt jatuh 1 meter lalu) , krn menurut kami itu bagian dari dia belajar & bertumbuh agar kuat, tdk cengeng. Pertanyaan saya : Apakah baik membiarkan bayi menangis lama? Apa ada dampak negatifnya? Berapa max lama waktu membiarkan anak menangis? Bgmn cara mendidik anak spt itu agar tidak manja & tidak ngotot (sabar)? Anak sy dari umur 2,5 bln sering sy nontonkan lagu2 anak kartun (nursery song, bukan film ya) sambil duduksendiri di bouncer. Apakah ini baik? Apa efek positif & negatifnya? Aktivitas / permainan apa yg cocok untuk bayi usia 6 bln ? Bernarkah menyusui langsung menyebabkan anak jadi manja (lengket sama ibu)? Terima kasih

Rosdiana Setyaningrum, Mpsi, MHPEd
Expert

Halo Mam Silvi, terima kasih atas pertanyaannya. Saya memahami apa yang Mam rasakan saat ini.
Sebenarnya sih wajar saja bila si kecil yang berusia 6 bulan tampak manja dan ingin keinginannya segera terpenuhi. Karena ia kan tidak dapat memenuhi keinginannya sendiri. Misalnya bila ia haus, maka ia cuma bisa menangis supaya diberikan minum karena ia tidak dapat mengambil minumannya sendiri.
Tidak apa-apa Mam kalau kita sering menggendong, mengajak bermain dan berkomunikasi. Karena semakin banyak stimulasi maka si kecil akan semakin banyak belajar dari lingkungannya.
Coba Mam lakukan kegiatan yang Mam sukai berdua dengan si kecil, bernyanyi bersama, bermain bersama, ajak ia mengobrol saat Mam harus mengerjakan pekerjaan, dll. Sehingga waktu dengan si kecil terasa menyenangkan, baik untuk Mam maupun si kecil.
Agar ia tidak manja, nanti saat ia berusia 1-3 tahun, mulai ajarkan untuk mandiri. Sebisanya ia makan sendiri, memakai baju sendiri, dll. Anak akan menjadi manja bila kita terus menerus memberikan apa yang ia inginkan dan melakukan segalanya untuknya.
Tidak baik Mam, bila si kecil sudah dibiasakan menonton. Sampai usia 1 tahun sebaiknya ia tidak menonton apapun, entah dari TV, HP, Komputer, dll. Lebih baik kita yang lebih banyak mengajaknya bermain.
Menyusui langsung tidaklah membuat anak menjadi manja dengan ibu. Menyusui merupakan bonding pertama ibu dengan anak. Kemudian bonding ini harus dikembangkan dengan komunikasi yang baik dan menyenangkan.
Terima kasih telah menggunakan fitur smart consultation Parenting Club. Semoga jawaban yang saya berikan dapat membantu. Jika ada keluhan atau kendala lainnya, silahkan menggunakan smart consultation Parenting Club lagi ya Mam.

Rosdiana Setyaningrum, Mpsi, MHPEd

<span 13px;"="">Rosdiana Setyaningrum, Mpsi, MHPEd adalah psikolog lulusan Universitas Indonesia dan University of New South Wales, Sydney 

ask Rosdiana Setyaningrum, Mpsi, MHPEd lihat detail
Hubungi Kami
Hubungi Kami Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top