Psikolog

pemalu sekali

By: carina aini

Detail: dok, bagaimana mengembangkan ke pede an anak, karena anak saya terlalu pemalu jika bertemu dengan orang sekaligus banyak dan ramai, contohnya ketika di taman bermain

Astrid WEN, M.Psi
Expert

Halo Mam Carina Aini, terima kasih atas pertanyaannya. Saya memahami apa yang Mam rasakan saat ini. Pertanyaan Mam termasuk dalam kesehatan Anak. Mam bisa menanyakan pertanyaan tersebut kepada Psikolog dari Parenting Club, yaitu Astrid WEN M.Psi.

Sayang sekali, saya kurang tahu usia si Kecil sehingga saya kurang dapat menyesuaikan saran solusi yang lebih spesifik dengan tahapan perkembangan si Kecil. Tetapi berikut saran praktis secara umum yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan diri si Kecil, khususnya dalam bersosialisasi dengan anak / orang lain di sekitarnya:
1. Saat si Kecil bermain di ruang publik, paling utama adalah ia dapat bermain dengan aman dan nyaman. Biarkan ia mengamati / mengobservasi terlebih dahulu mengenai lingkungannya. Tidak apa-apa jika ia pasif. Untuk dapat bermain di ruang publik saja sudah satu langkah ke depan. Mungkin juga si Kecil butuh waktu untuk menyesuaikan diri terlebih dahulu di lingkungan tersebut, mungkin sekitar 30 menit hingga satu jam baru ia akan lebih mudah terbuka pada orang lain di sekitarnya, dan mungkin juga ia butuh beberapa kali kunjungan tersebut untuk menjadi familiar terlebih dahulu dengan lingkungan tersebut.
2. Saat ia bermain, ikutlah bermain dengannya. Pada saat ini, Mam dapat mencoba memainkan peran sebagai teman bermainnya. Lalu Mam melakukan hal-hal yang Mam ingin anak Mam lakukan di hadapannya sebagai contoh. Lakukan ini sebagai suatu hal yang wajar dan tujuannya bukan mengajar anak, tetapi untuk membiasakan anak melihat hal ini sebagai contoh yang familiar. Misalnya Mam menyapa orang lain, atau Mam meminjam mainan lain. Dan, nikmati interaksi Mam bersamanya, juga nikmati interaksi Mam bersama dengan orang-orang di ruang publik tersebut.
3. Berikan notifikasi / pujian saat ia melakukan sesuatu saat ia bermain. Pujilah bahwa idenya sangat menarik dan Mam juga ingin mencoba. Beritahukan kepada orang lain bahwa Mam dan ia baru saja melakukan permainan yang sangat menyenangkan. Puji dia karena dia begitu menyenangkan dan Mam senang main dengannya. Hal ini akan membuat ia nyaman dalam berinteraksi dengan orang lain.
4. Mulailah dengan lingkungan yang kecil seperti playdate dengan 1-4 anak saja, lalu 8-10 anak. Jika ia memang lebih suka menyendiri, kurang nyaman di lingkungan yang penuh dengan banyak orang dan ramai sebenarnya tidak apa-apa asalkan ia memiliki beberapa teman yang tetap dimana ia bisa menjalin pertemanan dengan mereka dan ia bisa terbuka, bersenang-senang, dan berekspresi bebas dengan mereka. Lihatlah jika ia mampu menjaga dan menyukai pertemanannya. Pertemanan dalam lingkup kecil akan membantu meningkatkan kemampuan sosialnya.
5. Untuk meningkatkan kemandirian secara umum, cek apakah ia telah dipercaya oleh kita untuk dapat melakukan kegiatan bina diri / kemandirian sehari-hari sesuai tantangan di usia tahapan perkembangannya. Misalnya apakah ia telah dipercaya untuk bisa makan sendiri, pilih baju sendiri. Kemandirian pada hal-hal kecil ini akan meningkatkan rasa kompeten dalam diri si Kecil. Si Kecil merasa dipercaya dan jadi lebih pede.

Terima kasih telah menggunakan fitur Smart Consultation Parenting Club. Semoga jawaban yang saya berikan dapat membantu. Jika ada keluhan atau kendala lainnya, silahkan menggunakan Smart Consultation Parenting Club lagi ya Mam.

Astrid WEN, M.Psi

Astrid WEN,M.Psi, Psikolog & Praktisi Theraplay adalah Psikolog lulusan Universitas Indonesia dengan pengalaman praktek 10 tahun dan mengambil spesialisasi Theraplay dari The Theraplay Institute, Chicago. Saat ini aktif sebagai praktisi Theraplay pertama di I

ask Astrid WEN, M.Psi lihat detail
Hubungi Kami
Hubungi Kami Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top