Psikolog

pengenalan sex

By: Auli Syaifina

Detail: apakah saya harus memberitahu anak saya tentang tubuh dengan sebenarnya, misalnya ini penis... karena banyak yang orang sekitar saya merasa risih, mereka cenderung memberikan sebutan inisial untuk memberi nama sex seperti burung, totong, dll...

Astrid WEN, M.Psi
Expert

Halo Mam Auli Syaifina, terima kasih atas pertanyaannya. Saya memahami apa yang Mam rasakan saat ini. Pertanyaan Mam termasuk dalam kesehatan Anak. Mam bisa menanyakan pertanyaan tersebut kepada Psikolog dari Parenting Club, yaitu Astrid WEN M.Psi.
Biasanya orang tua memberikan sebutan pada alat kelamin dengan kata yang familiar sesuai kultur atau konteks lingkungannya kita berada. Tetapi, pada saat kita memberikan pengetahuan Edukasi Seks kepada si Kecil, sebaiknya kita memberikan sebutan yang benar secara universal misalnya penis atau vagina. Kita bisa juga memberikan keterangan pada si Kecil yang sudah bisa memahami ada nama lain dari suatu benda, misalnya bahwa burung atau totong yang sering disebut orang lain waktu menyebut alat kelamin, nama sebenarnya adalah penis. Mam juga dapat mengajarkan burung atau totong yang sebenarnya seperti apa.
Mengapa perlu si Kecil mengetahui bahwa ada nama yang benar untuk alat kelamin kita? Pertama, karena memang penis atau vagina adalah sebutan yang benar bagi alat kelamin kita, bukan burung atau totong. Dan semakin ia besar, ia akan belajar lebih banyak mengenai sistem reproduksinya. Kedua, pada saat ia perlu menceritakan kepada kita kondisi alat kelaminnya, ia dapat menyebutkan namanya dengan jelas dan mengurangi kemungkinan miskomunikasi.
Terima kasih telah menggunakan fitur Smart Consultation Parenting Club. Semoga jawaban yang saya berikan dapat membantu. Jika ada keluhan atau kendala lainnya, silahkan menggunakan Smart Consultation Parenting Club lagi ya Mam.

Astrid WEN, M.Psi

Astrid WEN,M.Psi, Psikolog & Praktisi Theraplay adalah Psikolog lulusan Universitas Indonesia dengan pengalaman praktek 10 tahun dan mengambil spesialisasi Theraplay dari The Theraplay Institute, Chicago. Saat ini aktif sebagai praktisi Theraplay pertama di I

ask Astrid WEN, M.Psi lihat detail
Hubungi Kami
Hubungi Kami Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top