Psikolog

Sekolah

By: RAtih Kurnia

Detail: Gimana caranya untuk membujuk anak agar mau sekolah tk ? Kalau ditanya dia mau langsung masuk sd Mohon atas jawaban y

Pelangi Midi Prathami
Expert

Halo Mam Ratih, terima kasih atas pertanyaannya. Saya memahami apa yang Mam rasakan saat ini.
Adanya pemikiran tentang mau masuk SD, bisa jadi bukan berawal dari pemikiran si Kecil sepenuhnya. Karena pada dasarnya si Kecil mudah daiajak bicara dan dibentuk mind-setnya.
Tanyakan terlebih dahulu, apa itu SD yang ada di benak si Kecil. Bisa jadi, si Kecil sudah pandai membaca, sudah pandai menulis dan sudah pandai berhitung, sehingga ia merasa percaya diri untuk berada di SD. Namun, ia belum mengetahui secara pasti, skill apa saja yang ia butuhkan untuk di SD dan bagaimana situasi belajar yang sebenarnya di SD.
Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membujuknya.
Buatlah si Kecil untuk tertarik dengan aktivitas-aktivitas di TK, misalnya mengajaknya survei sekolah, atau browsing di youtube.
Mam dan Pap bisa memperkenalkan si Kecil kegiatan-kegiatan yang biasanya ada di TK, seperti bernyanyi alphabet, menari-nari, bermain peran jadi dokter, jadi pilot, jadi pahlawan nasional (atau sebutkan apa yang menjadi minatnya), melakukan percobaan-percobaan misalnya membuat es krim, membuat salju, dll, belajar berjualan, jadi pembeli, mengunjungi tempat-tempat rekreasi yang menyenangkan, yang hanya anak TK yang bisa.
Beri si Kecil gambaran bahwa di TK ia akan punya banyak teman, dan bermain sepuasnya.
Kondisikan bahwa pemahamannya tentang membaca, menulis atau berhitung di TK lebih mengasyikkan. Misalnya, “membaca, menulis dan berhitung, juga ada lho di TK. Lebih asyikkk daripada di SD. Bisa main timbangan, menulis nama-nama sayuran, menghitung pensil yang banyaaaakkkk banget”.
Sampaikan kepada si Kecil, bahwa banyak kegiatan-kegiatan di TK yg menyenangkan, dan gak ada di SD. Intinya dibuat tertarik, misalnya “di TK asyik lho..” dan sampaikan kalau kegiatan di TK tidak ia temukan di SD.
Lalu, tanyakan pada si Kecil mengenai kemandirian yang sudah ia kuasai, “Kamu sudah bisa pakai baju sendiri belum? Sudah bisa makan sendiri? Mandi sendiri? Berapa orang temanmu? Kalau mau SD harus sudah bisa pakai baju sendiri, ga boleh ditolongin”
Terima kasih telah menggunakan fitur Smart Consultation Parenting Club. Semoga jawaban yang saya berikan dapat membantu. Jika ada keluhan atau kendala lainnya, silahkan menggunakan Smart Consultation Parenting Club lagi ya Mam.

Pelangi Midi Prathami

Pelangi Midi Prathami, S.Psi., Psikolog.  adalah psikolog lulusan Universitas Islam Bandung. Saat ini aktif sebagai Team Redaksi Klikdokter.com, dan narasumber Parenting Konselor.

ask Pelangi Midi Prathami lihat detail
Hubungi Kami
Hubungi Kami Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top