Psikolog

susah tidur

By: Emma Ayla sudira

Detail: sering tidur di atas jam 22.00 wib

Pelangi Midi Prathami
Expert

Halo Mam Emma, terima kasih atas pertanyaannya. Saya memahami apa yang Mam rasakan saat ini. Pertanyaan Mam termasuk dalam spesialisasi anak/ pediatrik, Mam bisa menanyakan pertanyaan tersebut kepada Ahli Pediatrik dari Parenting Club, yaitu Prof. DR. dr. Rini Sekartini, Sp. A(K) atau dr. Caessar Pronocitro, M. Sc., Sp. A.
Menurut dr. Caessar Pronocitro, M. Sc., Sp. A., Untuk kebutuhan tidur anak-anak, memang bervariasi tergantung usia. Di usia 3-6 tahun, si Kecil membutuhkan tidur 10-12 jam sehari.
Lama tidur tersebut adalah akumulasi dalam sehari, baik di malam hari maupun tidur siang. Tidak semua anak membutuhkan tidur siang. Asalkan dalam 24 jam kebutuhan tidurnya terpenuhi, maka tidak masalah apabila anak tidak tidur siang.
Agar si Kecil lebih mudah tidur di malam hari, ada beberapa hal yang dapat dilakukan.
1. Mengurangi waktu tidur siang. Apabila si Kecil memiliki jam tidur siang yang lama, maka cenderung lebih sulit tidur di malam hari.
2. Menghindari memberi banyak makan menjelang waktu tidur, serta aktivitas seperti bermain yang cenderung membuat aktif dan terjaga.
3. Menciptakan rutinitas yang membuat rileks sebelum tidur. Misalnya, membacakan buku dan mematikan atau meredupkan lampu kamar.
4. Mematikan TV minimal 30 menit sebelum tidur. Pap dan Mam juga sebaiknya tidak menonton TV atau menggunakan alat yang menghasilkan suara keras menjelang waktu si Kecil tidur.
Terima kasih telah menggunakan fitur Smart Consultation Parenting Club. Semoga jawaban yang saya berikan dapat membantu. Jika ada keluhan atau kendala lainnya, silahkan menggunakan Smart Consultation Parenting Club lagi ya Mam.

Pelangi Midi Prathami

Pelangi Midi Prathami, S.Psi., Psikolog.  adalah psikolog lulusan Universitas Islam Bandung. Saat ini aktif sebagai Team Redaksi Klikdokter.com, dan narasumber Parenting Konselor.

ask Pelangi Midi Prathami lihat detail
Hubungi Kami
Hubungi Kami Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top