Psikolog

Telat bicara dan tidak mau makan

By: Bebi Malkah

Detail: Hallo dok, anak saya laki2 (2thn 7bln) sampai saat ini ngomongnya belum lancar..belum bisa berbicara 2 kata. Tapi dia mengerti apa yang saya ucapkan. Nonton gadget dan tv sehari hanya 2 jam. Selebihnya main dengan saya atau saya bacakan buku. Anaknya tidak bisa fokus ke satu mainan, baru 2 menit main mobil nanti udh bosen dan ganti mainan lagi (misalnya dorong sepeda) . Saat umur 2 thn kemarin dia benar2 stop tidak mau makan (waktu itu makannya masih tekstur agak kasar), mau nya hanya jus buah dan susu. Sampai umur 2thn7bln dia masih dan hanya mau jus buah dan susu. Kalau saya paksa makan,dia nangis2 dan bilang NO. Apapun yg saya jejalkan kemulutnya pasti dilepeh. Untuk berat badannya masih normal tidak pernah turun. Kalau lagi main dia playground dia jarang berinteraksi dengan anak lain.

Astrid WEN, M.Psi
Expert

Halo Mam Bebi Malkah, terima kasih atas pertanyaannya. Saya memahami apa yang Mam rasakan saat ini. Pertanyaan Mam termasuk dalam kesehatan Anak. Mam bisa menanyakan pertanyaan tersebut kepada Psikolog dari Parenting Club, yaitu Astrid WEN M.Psi.

Pada usia 2 tahun 7 bulan, untuk perkembangan bahasanya, si Kecil biasanya telah mampu membuat kalimat sederhana yang terdiri dari 3 - 4 kata, mampu terlibat dalam percakapan sederhana dengan orang dewasa. Berdasarkan cerita Mam, selain ada keterlambatan perkembangan bahasa, terdapat juga masalah lain seperti masalah makan dan kemungkinan masalah komunikasi sosial. Saya tidak bisa mendiagnosa melalui informasi tulisan ini saja. Saya menyarankan agar Mam segera memeriksakan si Kecil ke psikolog anak / klinik tumbuh kembang yang terdekat dan terpercaya untuk dilakukan pemeriksaan tumbuh kembang si Kecil secara menyeluruh. Pada kasus ini, Ahli perlu bertemu muka dan melakukan observasi pada si Kecil untuk melihat gambaran kondisi secara lebih jelas.

Terima kasih telah menggunakan fitur Smart Consultation Parenting Club. Semoga jawaban yang saya berikan dapat membantu. Jika ada keluhan atau kendala lainnya, silahkan menggunakan Smart Consultation Parenting Club lagi ya Mam.

Astrid WEN, M.Psi

Astrid WEN,M.Psi, Psikolog & Praktisi Theraplay adalah Psikolog lulusan Universitas Indonesia dengan pengalaman praktek 10 tahun dan mengambil spesialisasi Theraplay dari The Theraplay Institute, Chicago. Saat ini aktif sebagai praktisi Theraplay pertama di I

ask Astrid WEN, M.Psi lihat detail
Hubungi Kami
Hubungi Kami Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top