Psikolog

Terlalu hati hati

By: Santi SusanTi

Detail: Selamat sore, saya unya anak umur 3 th 4 bulan. Saya menilai anak saya belum cukup berani untuk bermain perosotan, berenang kecil dikolam, lompat dengan dua kaki d anak tangga, main dg anak kucing, bahkan jika keciprat air saja ekspresi mukanya heboh ketakutan . Padahal anak sebaya bahkan dibawahnya mampu melewatinya. Saya suka bingun, kadang suka ngambek bohongan atau dengan ancaman apa gitu. Misal nnti g usah main lagi atau g dibeliin mainan supaya anak saya berani . Tapi anak saya cerewet dan cerdas. *, salahkah saya jika seperti itu. Bagaimana solusinya. Terimakasih

Pelangi Midi Prathami
Expert

Halo Mam Santi, terima kasih atas pertanyaannya. Saya memahami apa yang Mam rasakan saat ini.
Menurut Rosdiana Setyaningrum, Mpsi, MPHEd, memang karakter tiap anak itu berbeda. Ada yang lebih berani mencoba hal baru ada yang lebih berhati-hati. Untuk melatih si Kecil agar ia lebih berani mencoba, Mam bisa mengajak si Kecil untuk lebih banyak bergerak. Bila si kecil tidak suka mukanya terkena air, ada kemungkinan sensori nya masih amat sensitif. Bisa jadi ia takut mencoba karena memang terasa amat tidak nyaman baginya. Mam bisa membantu dengan cara membuat si Kecil lebih banyak bergerak dan mengeksplorasi sensorinya. Misalnya dengan berjalan tanpa alas kaki di rumput, pasir, tanah, dll. Dengan banyak bergerak beraturan (melompat, berlari, bermain monkey bar), bermain dengan cat air (dengan tangan), clay dll. Kita juga dapat membentuk kemandiriannya. Biarkan ia mengerjakan semuanya sendiri, kita mengawasi dan memberi contoh saja. Biasanya kalau si Kecil lebih mandiri maka ia juga akan lebih percaya diri.
Terima kasih telah menggunakan fitur Smart Consultation Parenting Club. Semoga jawaban yang saya berikan dapat membantu. Jika ada keluhan atau kendala lainnya, silahkan menggunakan Smart Consultation Parenting Club lagi ya Mam.

Pelangi Midi Prathami

Pelangi Midi Prathami, S.Psi., Psikolog.  adalah psikolog lulusan Universitas Islam Bandung. Saat ini aktif sebagai Team Redaksi Klikdokter.com, dan narasumber Parenting Konselor.

ask Pelangi Midi Prathami lihat detail
Hubungi Kami
Hubungi Kami Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top