Spesialis Gizi

makanan anak

By: Fitri rahmadani Hamka

Detail: bissmillah, perkenalkan saya fitri ibu dari alifa malika salsabilah dengan usia 14 bulan. saya mau bertanya masalah gizi anak saya. dari tabel imunisasi anak saya selalu berada di bawah berat idealnya. sekarang usia anak saya 14 bulan dan dari timbangan imunisasi kemarin itu berat badan anak saya 7.12 kg dengan tinggi badan 72 cm. dibanding dengan bulan kemarin di bulan 12 itu berat badan anak saya 8 kg dengan tinggi badan 67 cm, 2 bulan sebelumnya lagi itu timbangannya 7 kg dengan tinggi badan 65. sementara anak saya itu diliat dari nafsu makan tiap hari itu sering makan. apa saja yg dia liat juga mau di makan. perutnya buncit. badannya kecil yang mau saya pertanyakan apakah anak saya tidak termasuk kategori gizi buruk? karena entah diusai brp bln anak saya pernah terancam masuk gizi buruk dari hasil timbangannya. trus bagaimana saya mengatasi msalah gizi anak saya ini? anak saya juga klo minum air putih itu sedkit banget. saya bingung bagaimana mengatasinya. apakah minum teh tuk anak usia 14 bulan itu bisa? karena klo sama kakeknya itu biasa di minumkan teh. dan klo harus minum susu, susu apakah yang cocok buat anak saya.? saaat ini juga saya hamil 6 bulan dan masih menyusui anak saya. dan vitamin apakah yang cocok tuk anak saya? mohon bantuannya? dan trimakasih sesudahnya.

dr. Christopher Andrian, M.Gizi, SpGK
Expert

Halo Mam Fitri Rahmadina Hamka, terima kasih atas pertanyaannya. Saya memahami apa yang Mam rasakan saat ini. Mam lupa memberikan info jenis kelamin si Kecil, dari namanya si Kecil berjenis kelamin perempuan ya? Berdasarkan berat badan dan tinggi badan yang Mam berikan, Alifa memiliki status gizi kurang dengan perawakan pendek. Berdasarkan tinggi badannya saat ini, Alifa seharusnya memiliki berat badan ideal sebesar 8,5kg. Apabila si Kecil memiliki nafsu makan yang besar, Mam harus memperhatikan jenis makanan yang di berikan untuk si Kecil. Pemberian jenis makanan harus meliputi karbohidrat, protein, dan lemak. Protein yang diberikan untuk si Kecil harus cukup, yang bisa didapatkan dari protein hewani (daging ayam, ikan, sapi, telur, susu) dan protein nabati (tahu, tempe, kacang-kacangan). Protein ini dibutuhkan si Kecil untuk menunjang pertumbuhannya dan juga imunitasnya. Jadi, dalam satu piring makan si Kecil, setidaknya terdapat sumber karbohidrat (nasi/kentang/dll), protein hewani dan nabati, serta sayur dan buah. Porsi makan seperti ini dapat dikonsumsi sebanyak 3 kali sehari, selain itu makanan ini dapat diselingi dengan konsumsi susu, tapi bukan kental manis ya Mam. Konsumsi air putih juga harus diperhatikan, hindari konsumsi air teh berlebihan, karena teh dapat mengganggu penyerapan zat besi, nutrisi yang diperlukan untuk si Kecil. Ada baiknya Mam membawa si Kecil ke dokter gizi, untuk diperiksa lebih lanjut mengenai kondisi si Kecil untuk mendapatkan pengkajian yang lebih lengkap ya Mam.

Terima kasih telah menggunakan fitur Smart Consultation Parenting Club. Semoga jawaban yang saya berikan dapat membantu. Jika ada keluhan atau kendala lainnya, silahkan menggunakan Smart Consultation Parenting Club lagi ya Mam.

dr. Christopher Andrian, M.Gizi, SpGK

dr. Christopher Andrian, M.Gizi, SpGK adalah Dokter Spesialis Gizi Klinik lulusan Universitas Indonesia.

ask dr. Christopher Andrian, M.Gizi, SpGK lihat detail
Hubungi Kami
Hubungi Kami Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top