Info Nutrisi

3 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Saat Mengandung Bayi Kembar

By: Alia An Dhiva 2016-11-11 13:46:13
Apakah di  keluarga Mam atau Pap ada yang memiliki anak kembar? Jika ada, maka Mam pun berpeluang untuk mengandung anak kembar, lho. Peluang untuk mengalami kehamilan bayi kembar juga lebih besar pada ibu hamil yang menjalani program in vitro fertilization (IVF) atau bayi tabung.

Mengandung bayi kembar dapat dianggap sebagai “tantangan” tersendiri bagi ibu hamil. Pada kehamilan bayi kembar, gejala-gejala yang dialami oleh ibu hamil umumnya terasa lebih berat dibandingkan kehamilan tunggal. Misalnya, Mam jadi lebih cepat lelah, berat badan melonjak lebih tinggi, morning sickness terjadi sepanjang hari, dan lain sebagainya. Hal itu terjadi karena gejolak hormon kehamilan yang memang lebih “dahsyat” dibandingkan pada kehamilan tunggal.  

Maka dari itu, dokter biasanya akan mengingatkan Mam untuk memberi perhatian ekstra dalam menjaga kehamilan. Alasan lainnya, kehamilan bayi kembar lebih rentan terhadap sejumlah komplikasi, seperti keguguran, preeklampsia, diabetes gestasional, dan kelahiran prematur. Berikut 3 hal penting yang perlu Mam perhatikan untuk menjaga kehamilan bayi kembar senantiasa sehat. 


1.    Rajin kontrol kehamilan
Pada kehamilan biasa, ibu hamil dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan kehamilan setidaknya tiga kali. Jika Mam mengandung bayi kembar, biasanya jadwal pemeriksaan kehamilan akan menjadi lebih sering. Hal ini penting untuk memantau kondisi pertumbuhan janin, kesehatan Mam, serta apakah ada risiko terjadinya kelahiran prematur. Maka, jangan pernah melewatkan jadwal kontrol kehamilan ya, Mam.

2.    Menjaga asupan nutrisi
Karena Mam sedang mengandung dua bayi, maka kebutuhan nutrisinya pun lebih tinggi dibandingkan pada kehamilan tunggal. Agar pertumbuhan janin berlangsung baik dan sehat, Mam perlu mengonsumsi lebih banyak asam folat, zat besi, kalsium, protein, dan nutrisi esensial lainnya. Pastikan menu makan harian Mam mengandung berbagai zat gizi tersebut, ya. Selain itu, jangan sampai terlupa untuk meminum suplemen kehamilan yang telah direkomendasikan oleh dokter. Mam dapat mengetahui daftar suplemen kehamilan penting bagi ibu hamil di laman ini .

3.    Menjaga berat badan
Peningkatan berat badan yang normal pada kehamilan bayi kembar adalah 17-25 kilogram. Jika berat badan Mam mengalami kenaikan lebih tinggi dari itu, maka Mam berisiko mengalami hipertensi, diabetes gestasional, dan kemungkinan juga harus melahirkan secara Caesar. Maka dari itu, meski nafsu makan Mam sangat tinggi sepanjang kehamilan, perhatikan asupan makanan yang dikonsumsi ya, agar pertambahan berat badan tidak melebihi batas aman. Mam bisa mengintip panduan makan sehat untuk ibu hamil di laman ini

Karena risiko terjadinya komplikasi lebih tinggi pada kehamilan bayi kembar, Mam harus lebih berhati-hati dalam menjaga kehamilan. Hari perkiraan lahir bayi kembar pun biasanya lebih cepat dibandingkan kehamilan biasa. Demi keselamatan bayi, dokter juga bisa mempertimbangkan untuk melakukan persalinan pada saat usia kehamilan Mam mencapai 38 atau 39 minggu. Selamat menjalani kehamilan kembar ya, Mam.


Sumber:
mayoclinic.org/healthy-lifestyle/pregnancy-week-by-week/in-depth/twin-pregnancy/art-20048161?pg=2
babycentre.co.uk/a3584/pregnant-with-twins-potential-complications
ayahbunda.co.id/prakonsepsi-gizi-kesehatan/kemungkinan-hamil-kembar
tabloid-nakita.com/Kehamilan/8-Tanda-Mengandung-Anak-Kembar
parenting.co.id/hamil/hamil+anak+kembar%2c+ini+tantangannya%21
Diakses pada 18 September 2016
Penulis
Alia An Dhiva

Setelah kelahiran putri pertamanya, Alia An Nadhiva memutuskan untuk memulai karier sebagai penulis freelance. Pengalamannya menjadi jurnalis di Majalah Good Housekeeping dan Prevention membuatnya semakin dekat dengan dunia kesehatan, hingga ia sering menulis artikel tentang modern parenting, nutrisi, kehamilan, dan kesehatan keluarga. Alia adalah lulusan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran, Jurusan Ilmu Jurnalistik, dan kini tengah menetap di Tangerang Selatan bersama keluarga kecilnya.

Info Nutrisi

Kenali Nutrisi Otak yang Mendukung Kehebatan Anak

By: Parenting Club 2019-11-04 15:18:14
Setiap orangtua tentu menginginkan perkembangan otak anak berlangsung maksimal. Rasanya, Mam akan melakukan apa pun demi anak tumbuh sehat dan pintar. Tapi, tahukah Mam komponen nutrisi apa saja yang mendukung kepintaran anak?

Nutrisi otak anak yang tepat akan anak akan tumbuh menjadi pribadi yang siap menghadapi dunia dengan segala tantangannya. Ini karena ia memiliki kemampuan berpikir kreatif, terstruktur, dan detil.
Jadi, apa saja nutrisi otak anak yang akan jadi bekal baginya tumbuh pintar optimal?


Asam lemak omega-3

DHA (Docosahexaenoic acid) adalah bentuk dari asam lemak omega-3 yang ditemukan berlimpah di sel-sel otak. Itu sebabnya, ikan sebagai salah satu sumber DHA yang paling kaya, disebut sebagai makanan otak. Selain DHA, jenis asam lemak omega-3 lainnya adalah ALA (Alpha-linolenic acid) yang berfungsi meningkatkan membran sel di dalam tubuh dan membantu meningkatkan daya tahan tubuh, dan EPA (Eicosapentaenoic acid) yang berfungsi sebagai zat anti-radang dan membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.
Faktanya, penelitian yang dilakukan University of Oxford menunjukkan bahwa anak-anak yang mendapat lebih banyak omega-3, khususnya DHA, mendapat nilai lebih tinggi pada tes membaca dan mengeja, serta memiliki lebih sedikit masalah perilaku dibandingkan anak-anak yang tidak mendapat omega-3. 
Omega-3 sendiri disebut sebagai asam lemak esensial karena harus didapat dari makanan. Sumber utamanya adalah ikan, terutama varietas ikan berminyak seperti salmon dan sarden. Meski begitu, ikan secara umum dapat membantu meningkatkan kesehatan otak, karena sebuah studi dari UCLA menemukan bahwa mereka yang makan ikan panggang — bukan ikan goreng — setidaknya sekali seminggu, diasosiasikan dengan volume sel abu-abu yang lebih besar di area otak yang bertanggung jawab dalam memori dan kognitif.


Asam lemak omega 6

Seperti asam lemak omega-3, asam lemak omega-6 adalah asam lemak esensial yang harus didapat dari makanan. Jenis asam lemak omega-6 yang paling umum adalah linoleic acid (LA) atau asam linoleat, yang dapat diubah menjadi lemak omega-6 yang lebih panjang seperti AA (Arachidonic acid), atau ada pula yang menyingkatnya ARA.
AA banyak dijumpai pada membran sel, dan merupakan senyawa yang penting dalam komunikasi antarsel serta menjadi senyawa prekursor (penyusun) bagi senyawa-senyawa penting lainnya dalam tubuh. Fungsi AA di antaranya mendukung pembentukan otak, jaringan saraf, jaringan penglihatan, serta membantu pembentukan sistem imun.


Kolin

Kolin sangat penting selama kehamilan untuk perkembangan otak janin, dan tetap menjadi salah satu nutrisi paling penting untuk otak sepanjang hidup manusia.
Peranan kolin dalam mendukung kepintaran anak adalah dengan membantu meningkatkan sinyal saraf di otak, sehingga memori otak dapat terjaga dengan baik.
Kuning telur adalah salah satu sumber kolin yang cukup tinggi, tetapi Mam juga bisa mendapatkannya di kecambah, daging sapi, unggas, dan edamame.


Zat besi

Zat besi merupakan mineral vital yang diperlukan oleh tubuh untuk meningkatkan kecerdasan anak. Hal ini karena zat besi merupakan kendaraan dari sel darah merah untuk menjalankan fungsinya, mengangkut oksigen ke seluruh tubuh, termasuk otak.
Untuk mendukung kecerdasan otak, asupan oksigen di dalam otak harus terus terpenuhi, sehingga konsentrasi anak dapat terus terjaga.
Kekurangan zat besi dapat menurunkan kemampuan berpikir serta berbahasa anak. Mam bisa mendapatkan zat besi dari daging merah, kacang-kacangan, biji–bijian, sereal, bayam, tomat, brokoli, dan stroberi.
Nah, selain memastikan asupan nutrisi otak anak untuk membantu perkembangan otak anak yang optimal, Mam juga dapat membantu mendukung kehebatan anak dengan aneka stimulasi berupa kegiatan yang tepat, misalnya bermain musik, belajar bahasa, mengajaknya memelajari hal-hal baru, serta melakukan aktivitas fisik yang membantu dukung potensi belajar si Kecil agar #DariBelajarJadiHebat.
Penulis
Parenting Club

Hubungi Kami
Hubungi Kami di Parenting Club ID Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top