Info Nutrisi

4 Cara Alami Merangsang Kontraksi Kehamilan

By: Alia An Dhiva 2016-11-11 13:55:56
Saat waktu melahirkan semakin dekat, Mam akan diminta melakukan kontrol kehamilan lebih sering. Dalam pemeriksaan tersebut, dokter akan melakukan USG kehamilan untuk memantau posisi serta kesiapan janin untuk dilahirkan. Terkadang, meski usia kehamilan sudah lewat dari 38 minggu, namun bayi masih betah saja di dalam kandungan. Padahal, dari cek USG kehamilan terlihat bahwa si kecil sudah cukup bulan dan bisa lahir kapan saja. Tetapi, kenapa sampai sekarang Mam belum juga merasakan tanda-tanda melahirkan, ya?

Baca Juga : 3 Cara Menghitung Usia Kehamilan 2 Sampai 7 bulan

Bila kondisi kehamilan Mam sehat dan tidak terdapat potensi komplikasi, biasanya dokter akan meminta Mam menunggu datangnya tanda-tanda persalinan sampai usia kandungan mencapai 42 minggu. Pada saat usia kehamilan Mam mencapai 40 minggu, dokter kembali akan melakukan pemeriksaan USG kehamilan. 


Menurut dr. Irman Christiono, Sp.OG, spesialis obstetri dan ginekologi dari Siloam Hospital Simatupang, pemeriksaan itu bertujuan mengetahui berat janin, jumlah indeks air ketuban, derajat ketuaan plasenta serta rekaman jantung janin setiap tiga hari sekali, sampai usia kehamilan 42 minggu. Jika sampai hari tersebut tanda-tanda persalinan belum juga muncul, maka akan dilakukan induksi persalinan atau kemungkinan persalinan Caesar bila ternyata kondisi bayi tergolong berisiko. 


Jadi, jika usia kehamilan sudah cukup bulan, Mam bisa melakukan berbagai langkah berikut untuk merangsang timbulnya kontraksi.
 
  • Banyak berjalan


Meski tubuh terasa berat, jangan sampai Mam malas bergerak, ya. Justru, Mam perlu memperbanyak aktivitas berjalan kaki untuk merangsang bayi turun ke jalan lahir. Selain itu, aktivitas ini juga dapat menguatkan otot dan memperlancar sirkulasi darah.
 
  • Lakukan senam hamil


Banyak rumah sakit bersalin menyediakan kelas senam hamil bagi ibu hamil yang tengah menanti hari kelahiran. Di kelas ini, Mam akan dibimbing oleh instruktur berpengalaman, biasanya bidan, dalam melakukan berbagai gerakan yang bertujuan melemaskan area jalan lahir serta memperlancar penurunan posisi janin ke jalan lahir. Mam juga akan melakukan latihan pernapasan yang baik serta mengejan dengan benar agar persalinan dapat berlangsung efektif dan lancar. 
 
  • Menstimulasi puting payudara


Teknik ini diyakini dapat membantu merangsang timbulnya kontraksi. Mam dapat menstimulasi puting dengan cara melakukan gerakan melingkar yang lembut pada areola. Gerakan ini mirip dengan saat bayi mengisap ASI. Tindakan ini dapat merangsang produksi hormon oksitosin yang akan menimbulkan kontraksi pada rahim. 
 
  • Berhubungan intim


Bila dibayangkan, sepertinya memang sulit berhubungan intim pada saat usia kehamilan sudah 40 minggu ya, Mam. Namun, menurut para dokter, aktivitas ini mampu membantu merangsang timbulnya kontraksi. Sperma mengandung prostaglandin, yaitu hormon yang dapat menipiskan dan melemaskan leher rahim sehingga lebih siap dalam menyambut persalinan.
 

Sebelum melakukan upaya alami untuk merangsang kontraksi, jangan lupa untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan ya, Mam. Masukan dari dokter sangatlah penting untuk menjaga keselamatan kandungan Mam yang sudah memasuki usia “hamil tua”. 


Sumber:


ayahbunda.co.id/kehamilan-tips/cara-alami-rangsang-persalinan
1health.id/id/article/detail/cegah-telat-lahir-dengan-cara-tepat-478.html
webmd.com/baby/inducing-labor-naturally-can-it-be-done?print=true
whattoexpect.com/pregnancy/photo-gallery/natural-ways-to-induce-labor.aspx#03
whattoexpect.com/pregnancy/photo-gallery/natural-ways-to-induce-labor.aspx#09
Diakses pada 19 September 2016
Penulis
Alia An Dhiva

Setelah kelahiran putri pertamanya, Alia An Nadhiva memutuskan untuk memulai karier sebagai penulis freelance. Pengalamannya menjadi jurnalis di Majalah Good Housekeeping dan Prevention membuatnya semakin dekat dengan dunia kesehatan, hingga ia sering menulis artikel tentang modern parenting, nutrisi, kehamilan, dan kesehatan keluarga. Alia adalah lulusan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran, Jurusan Ilmu Jurnalistik, dan kini tengah menetap di Tangerang Selatan bersama keluarga kecilnya.

Info Nutrisi

Kenali Nutrisi Otak yang Mendukung Kehebatan Anak

By: Parenting Club 2019-11-04 15:18:14
Setiap orangtua tentu menginginkan perkembangan otak anak berlangsung maksimal. Rasanya, Mam akan melakukan apa pun demi anak tumbuh sehat dan pintar. Tapi, tahukah Mam komponen nutrisi apa saja yang mendukung kepintaran anak?

Nutrisi otak anak yang tepat akan anak akan tumbuh menjadi pribadi yang siap menghadapi dunia dengan segala tantangannya. Ini karena ia memiliki kemampuan berpikir kreatif, terstruktur, dan detil.
Jadi, apa saja nutrisi otak anak yang akan jadi bekal baginya tumbuh pintar optimal?


Asam lemak omega-3

DHA (Docosahexaenoic acid) adalah bentuk dari asam lemak omega-3 yang ditemukan berlimpah di sel-sel otak. Itu sebabnya, ikan sebagai salah satu sumber DHA yang paling kaya, disebut sebagai makanan otak. Selain DHA, jenis asam lemak omega-3 lainnya adalah ALA (Alpha-linolenic acid) yang berfungsi meningkatkan membran sel di dalam tubuh dan membantu meningkatkan daya tahan tubuh, dan EPA (Eicosapentaenoic acid) yang berfungsi sebagai zat anti-radang dan membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.
Faktanya, penelitian yang dilakukan University of Oxford menunjukkan bahwa anak-anak yang mendapat lebih banyak omega-3, khususnya DHA, mendapat nilai lebih tinggi pada tes membaca dan mengeja, serta memiliki lebih sedikit masalah perilaku dibandingkan anak-anak yang tidak mendapat omega-3. 
Omega-3 sendiri disebut sebagai asam lemak esensial karena harus didapat dari makanan. Sumber utamanya adalah ikan, terutama varietas ikan berminyak seperti salmon dan sarden. Meski begitu, ikan secara umum dapat membantu meningkatkan kesehatan otak, karena sebuah studi dari UCLA menemukan bahwa mereka yang makan ikan panggang — bukan ikan goreng — setidaknya sekali seminggu, diasosiasikan dengan volume sel abu-abu yang lebih besar di area otak yang bertanggung jawab dalam memori dan kognitif.


Asam lemak omega 6

Seperti asam lemak omega-3, asam lemak omega-6 adalah asam lemak esensial yang harus didapat dari makanan. Jenis asam lemak omega-6 yang paling umum adalah linoleic acid (LA) atau asam linoleat, yang dapat diubah menjadi lemak omega-6 yang lebih panjang seperti AA (Arachidonic acid), atau ada pula yang menyingkatnya ARA.
AA banyak dijumpai pada membran sel, dan merupakan senyawa yang penting dalam komunikasi antarsel serta menjadi senyawa prekursor (penyusun) bagi senyawa-senyawa penting lainnya dalam tubuh. Fungsi AA di antaranya mendukung pembentukan otak, jaringan saraf, jaringan penglihatan, serta membantu pembentukan sistem imun.


Kolin

Kolin sangat penting selama kehamilan untuk perkembangan otak janin, dan tetap menjadi salah satu nutrisi paling penting untuk otak sepanjang hidup manusia.
Peranan kolin dalam mendukung kepintaran anak adalah dengan membantu meningkatkan sinyal saraf di otak, sehingga memori otak dapat terjaga dengan baik.
Kuning telur adalah salah satu sumber kolin yang cukup tinggi, tetapi Mam juga bisa mendapatkannya di kecambah, daging sapi, unggas, dan edamame.


Zat besi

Zat besi merupakan mineral vital yang diperlukan oleh tubuh untuk meningkatkan kecerdasan anak. Hal ini karena zat besi merupakan kendaraan dari sel darah merah untuk menjalankan fungsinya, mengangkut oksigen ke seluruh tubuh, termasuk otak.
Untuk mendukung kecerdasan otak, asupan oksigen di dalam otak harus terus terpenuhi, sehingga konsentrasi anak dapat terus terjaga.
Kekurangan zat besi dapat menurunkan kemampuan berpikir serta berbahasa anak. Mam bisa mendapatkan zat besi dari daging merah, kacang-kacangan, biji–bijian, sereal, bayam, tomat, brokoli, dan stroberi.
Nah, selain memastikan asupan nutrisi otak anak untuk membantu perkembangan otak anak yang optimal, Mam juga dapat membantu mendukung kehebatan anak dengan aneka stimulasi berupa kegiatan yang tepat, misalnya bermain musik, belajar bahasa, mengajaknya memelajari hal-hal baru, serta melakukan aktivitas fisik yang membantu dukung potensi belajar si Kecil agar #DariBelajarJadiHebat.
Penulis
Parenting Club

Hubungi Kami
Hubungi Kami di Parenting Club ID Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top