Gambar 4 Makanan yang Dapat Membantu Meringankan Morning Sickness
Gambar 4 Makanan yang Dapat Membantu Meringankan Morning Sickness

4 Makanan yang Dapat Membantu Meringankan Morning Sickness

oleh: Wyeth Nutrition 2018-02-14 13:33:58
Meskipun wajar dialami di awal kehamilan, namun morning sickness kadang terasa cukup menganggu bagi para calon Mam. Untungnya, ada beberapa makanan yang dapat meringankan gejala mual dan muntah ini, antara lain:

1. Jahe
Jahe merupakan bahan alami yang dapat meredakan rasa mual dan muntah, termasuk pada ibu yang sedang mengandung1
Cara mengkonsumsi jahe untuk meredakan morning sickness antara lain:
  • diparut dan diseduh dengan air panas, seperti teh
  • diparut dan dilarutkan dengan gula menjadi sirup jahe atau bahkan dijadikan minuman seperti wedang jahe
  • permen jahe
  • kue jahe
  • ginger ale (walaupun namanya "ale" tapi ginger ale tidak mengandung alkohol dan mudah di dapatkan di supermarket-supermarket besar)
Sampai saat ini, belum ada efek samping bagi ibu hamil yang mengkonsumsi jahe untuk meredakan morning sickness1.

2. Vitamin B6
Vitamin B6 berguna untuk pembentukan otak dan sistem saraf bayi. Selain itu, B6 juga dipakai untuk menghasilkan serotonin dan norepinefrin. 

Wanita yang berusia 19 tahun ke atas membutuhkan 1,3 mg Vitamin B6 setiap harinya. Kebutuhan akan bertambah menjadi 1,7 mg di masa kehamilan dan 1,8 mg di masa menyusui. 

Vitamin B6 biasanya sudah termasuk di dalam prenatal supplement. Namun, jika Mam ingin mengkonsumsi supplement khusus Vitamin B6, harap konsultasikan dulu ya ke dokter.

Untuk sumber dari makanan, Mam dapat mencoba biji bunga matahari, kacang pistachio, ikan salmon, produk unggas, pisang, alpukat, bayam dan buah yang dikeringkan seperti kismis.

3. Makanan Asin
Saat mengalami morning sickness, Mam mungkin mengalami episode muntah yang sering. Hal ini dapat mengakibatkan dehidrasi, yang justru dapat memperburuk kondisi Mam2. 
Untuk mengatasinya, Mam dapat mengkonsumsi makanan yang asin (dan garing) karena:
  • Makanan yang asin dan gurih dapat lebih mudah ditoleransi saat mual
  • Garam bisa memicu rasa haus, sehingga meningkatkan konsumsi cairan yang hilang saat muntah
  • Garam dari makanan dapat menggantikan elektrolit yang hilang saat muntah
Contoh makanan asin yang dapat Mam konsumsi: crackers/biskuit asin, keju cheddar, rice cracker, sup hangat, rumput laut kering (asin).

4. Makanan dingin
Makanan yang disajikan panas, biasanya dapat mengantarkan aroma dan bau yang menyebar dengan cepat ke seluruh ruangan. Maka, Mam boleh juga mencoba makanan yang disajikan dingin untuk mengurangi eksposur terhadap bau/aroma makanan tersebut untuk mengurangi rasa mual. 

Makanan yang bisa disajikan dingin dan tetap bernutrisi seperti jus buah, milkshake, es krim (kalau bisa yang homemade dari buah, sayuran dan susu) dan puding.

References:

1. Effectiveness and Safety of Ginger in the Treatment of Pregnancy-Induced Nausea and Vomiting. Francesca B et al (2015) in Obstetrics & Gynecology 105 (4): 849-56
http://journals.lww.com/greenjournal/Abstract/2005/04000/Effectiveness_and_Safety_of_Ginger_in_the.27.aspx

2. Foods to Help Nausea During Pregnancy. Livestrong.
https://www.livestrong.com/article/117401-foods-nausea-during-pregnancy/

3. Lawan Morning Sickness Pada Awal Kehamilan
www.alodokter.com/lawan-morning-sickness-pada-awal-kehamilan
 

Cek Informasi Lainnya

Hubungi Kami
Hubungi Kami di Parenting Club ID Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top