4 Permainan Seru Bangkitkan Sensorik Si Kecil

Rabu, 05 Agustus 2015, 00:00 WIB1 Shares
Kemampuan sensorik adalah kemampuan si kecil untuk memecahkan masalah, mengikuti proses, berkomunikasi dan bergerak. Kemampuan ini penting dimiliki untuk membantu perkembangan otak anak dan proses berpikirnya. Untuk membangkitkan kemampuan ini Mam hanya perlu mengajak si kecil bermain-main kok. Berikut ini adalah 4 permainan seru yang bisa dicoba. Selamat menyimak.
 
Bernyanyi dan menari
Mengajak si kecil bernyanyi dan menari adalah salah satu cara untuk membangkitkan sensorik si kecil. Saat mendengarkan musik, tubuh si kecil bergerak dengan sendirinya mengikuti alunan musik. Kemudian, dia berusaha untuk menirukan lirik dan menyanyikannya. Pada poin tersebut, si kecil sedang mengalami proses belajar meniru dan menyesuaikan alunan nada dengan gerakan tubuh yang tepat.
 
Puzzle
Puzzle adalah permainan yang sangat mendidik bagi si kecil dan dapat membangkitkan sensoriknya. Saat berusaha menggabungkan puzzle yang tersebar, si kecil mengalami proses berpikir dan mengasah kemampuan logikanya dalam menyusun gambar yang sesuai. Untuk pertama kali, lebih baik gunakan puzzle yang gambarnya lebih besar dan mudah lalu berlanjut ke tingkat yang lebih sulit.
 
Menggambar
Melihat, meniru dan membuat gambar adalah serangkaian proses yang dialami oleh si kecil ketika belajar menggambar. Terlebih, si kecil dapat belajar aneka warna dan menggabungkannya menjadi warna-warna yang baru. Kegiatan ini juga dapat mengasah logika anak dan kemampuan kreativitasnya.
 
Bermain lego
Lego adalah permainan edukasi yang sangat dianjurkan bagi si kecil. Dengan berbagai warna menarik, si kecil bisa membuat aneka macam bentuk yang diinginkannya. Permainan ini menuntut konsentrasi dan kepekaan si kecil terhadap bidang yang ditirunya. Bebaskan si kecil berkreativitas membentuk bidang yang diinginkannya.
 
Keempat permainan seru di atas adalah beberapa media yang bisa Mam coba untuk meningkatkan daya sensorik si kecil. Dijamin, dia akan makin menunjukkan aksi pintarnya. (par/ay)
 
Sumber:
http://www.parenting.com/gallery/4-games-that-might-make-your-baby-smarter?page=0 diakses pada 30 Desember 2014
http://www.babycenter.com/0_5-secrets-to-raising-a-smart-baby_10370985.bc  diakses pada 30 Desember 2014

0 Komentar

Artikel Terkait

Cara Mengasuh

Bijak Sikapi Stereotip Gender

Baca selengkapnya

Cara Mengasuh

Berbagi Tugas, Harus Itu!

Baca selengkapnya

Cara Mengasuh

Hindari Stres Mam… (Happy Mam, Happy Baby)

Baca selengkapnya
Hubungi Kami
Hubungi KamiHubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top