Info Nutrisi

4 Trik Makan Bagi Ibu Hamil yang Mengalami Morning Sickness

By: Alia An Dhiva 2016-10-19 10:58:28
Ibu hamil yang mengalami morning sickness biasanya kesulitan mengonsumsi makanan apa pun. Jangankan melahap makanan, baru mencium baunya saja ibu hamil langsung mual dan muntah. Itu sebabnya, banyak ibu hamil yang mengalami penurunan berat badan di  trimester pertama. Namun, pada berbagai sumber informasi kehamilan diterangkan, karena di periode ini ukuran janin masih amat kecil, yakni hanya sebesar kacang polong, maka kebutuhan gizinya pun belum terlalu besar. Meski berat badan ibu hamil menurun, pada umumnya hal ini tidak membahayakan pertumbuhan janin.

Meski begitu, Mam tetap harus mengonsumsi asupan bergizi untuk mendukung pertumbuhan janin. Ada banyak informasi kehamilan yang mengungkapkan cara meredam gejala morning sickness hingga strategi makan yang tidak memicu mual. Ini beberapa trik yang dapat Mam coba:
 
●       Langsung makan begitu bangun tidur pagi
Begitu bangun dari tidur, segera makan sedikit camilan sebelum Mam bangkit dari tempat tidur. Rasa mual akan muncul saat perut kosong, termasuk saat baru bangun tidur di pagi hari. Hal ini karena selama tidur semalam, asam lambung bergolak di dalam perut Mam yang kosong. Keadaan inilah yang memicu timbulnya mual.

●       Makan menjelang tidur
Menjelang waktu tidur, isi perut dengan camilan tinggi protein atau berupa sumber karbohidrat kompleks. Misalnya, muffin dan segelas susu segar, keju, kismis, atau buah kering lainnya. Dengan begini, Mam tidak tidur dalam kondisi perut kosong. Saat bangun pagi pun gejala mual tidak akan terlalu kuat.

●       Makan sedikit tapi sering
Ibu hamil tak perlu terpaku pada jadwal makan tiga kali sehari. Fokuslah pada upaya menjaga agar Mam tidak kelaparan, antara lain dengan mengonsumsi makanan dalam porsi kecil tetapi lebih sering. Selalu bawa camilan seperti kraker, kacang, roti, atau buah kering setiap kali Mam beraktivitas di luar rumah dalam waktu cukup lama.


●       Hindari makanan bersuhu panas atau hangat
Banyak ibu hamil tak tahan mengonsumsi makanan panas atau hangat karena aromanya yang kuat bisa memicu mual. Maka dari itu, untuk menghindari mual, tunggu sampai makanan menjadi lebih dingin atau berada pada suhu ruangan sehingga tidak terlalu berbau. Minuman dan makanan yang sudah didinginkan di kulkas juga bisa menjadi pilihan makanan yang dapat dinikmati ibu hamil.
 
Hal lain yang juga dapat memicu mual-muntah adalah kelelahan. Jadi, sediakan waktu yang cukup untuk beristirahat guna mengurangi gejala ini ya, Mam. Hingga kini, para ahli belum mengetahui secara pasti penyebab timbulnya morning sickness. Satu hal yang pasti, dan selalu disebutkan di dalam berbagai sumber informasi kehamilan, mual dan muntah terjadi karena tingginya jumlah hormon hCG di dalam darah pada trimester pertama, melonjaknya  kadar estrogen, isi lambung naik ke kerongkongan (gastroesophageal reflux), atau proses pencernaan melambat. Semoga tips di atas dapat membantu meringankan gejala morning sickness Mam, ya. Ayo, bagikan informasi ini kepada teman-teman Mam yang juga tengah mengalami hal yang sama.
 
 
Sumber:
familydoctor.org/familydoctor/en/diseases-conditions/morning-sickness/treatment.html
Buku What to Expect When You’re Expecting oleh Heidi Murkoff, hal. 130-134
Diakses pada 9 September 2016
 
Penulis
Alia An Dhiva

Setelah kelahiran putri pertamanya, Alia An Nadhiva memutuskan untuk memulai karier sebagai penulis freelance. Pengalamannya menjadi jurnalis di Majalah Good Housekeeping dan Prevention membuatnya semakin dekat dengan dunia kesehatan, hingga ia sering menulis artikel tentang modern parenting, nutrisi, kehamilan, dan kesehatan keluarga. Alia adalah lulusan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran, Jurusan Ilmu Jurnalistik, dan kini tengah menetap di Tangerang Selatan bersama keluarga kecilnya.

Load More
Hubungi Kami
Hubungi Kami Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top