Gambar 5 Hal yang Perlu diketahui Orang Tua Mengenai Gigi Pertama Si Kecil
Gambar 5 Hal yang Perlu diketahui Orang Tua Mengenai Gigi Pertama Si Kecil

5 Hal yang Perlu diketahui Orang Tua Mengenai Gigi Pertama Si Kecil

oleh: Parenting Club 2019-12-10 13:25:45
Tumbuh gigi pertama adalah salah satu milestone penting dalam pertumbuhan dan  perkembangan bayi di 1000 hari pertama kehidupannya. Pasalnya, gigi pertama si Kecil bukan hanya berperan penting dalam proses makan dan minum, tetapi juga penting untuk mendukung proses perkembangan bayi dalam hal belajar bicara. Selain itu, kesehatan gigi, sama halnya dengan kesehatan tubuh si Kecil pada umumnya, juga akan mempengaruhi aktivitas si Kecil selama masa pertumbuhan dan perkembangan bayi. Yuk Mam, jaga kesehatan gigi si Kecil dimulai sejak 1000 hari pertama kehidupan anak agar tumbuh kembang bayi berjalan optimal. Berikut ini adalah 5 hal yang perlu Mam dan Pap ketahui seputar gigi pertama si Kecil.
 
1. Kapan gigi si Kecil mulai tumbuh?
Sama seperti setiap aspek dalam proses pertumbuhan dan perkembangan bayi, waktu tumbuh gigi si Kecil dapat berbeda dari satu anak dengan anak lainnya. Tetapi, pada umumya gigi pertama si Kecil akan tumbuh saat ia berusia 5 atau 6 bulan. Biasanya, pada saat berusia 12 bulan, si Kecil sudah memiliki 6 gigi depan. Kemudian, dalam 1000 hari pertama kehidupan anak, giginya akan terus bertambah sehingga pada saat ia berusia 3 tahun si Kecil sudah memiliki 20 gigi susu.
 
2. Merawat gigi si Kecil mulai dari saat gigi belum tumbuh
Tahukah Mam, merawat gigi si Kecil perlu dilakukan bahkan sebelum gigi si Kecil tumbuh. Mam bisa melakukannya dengan menggunakan jari dan kain lembut yang dibasahkan. Gosokkan secara perlahan kain tersebut menggunakan jari Mam di gusi si Kecil untuk membersihkan bakteri yang mungkin menempel disana. Lakukan setidaknya dua kali dalam sehari, terutama setelah ia makan atau minum dan sebelum tidur.
 
3. Cara tepat menggosok gigi bayi
Nah, setelah gigi si Kecil mulai tumbuh, Mam sebaiknya langsung membiasakan si Kecil menggosok gigi. Tentunya gosok gigi dilakukan sesuai tahap tumbuh kembang bayi pula. Mam sebaiknya memilih sikat gigi yang bulunya lembut, ukuran kepala sikatnya kecil dan gagang sikatnya besar. Saat pertama menggosok gigi si Kecil Mam cukup membasahi sikat dengan air. Lalu, ketika gigi si Kecil benar-benar sudah muncul, Mam dapat mulai menggunakan odol bayi sedikit saja. Gosokkan pada gigi si Kecil secara perlahan dan menyeluruh ya, Mam. Terus gosokkan gigi si Kecil sampai ia mencapai usia dimana ia sudah siap untuk belajar menggosok gigi sendiri. Tetapi Mam tetap perlu mengawasi si Kecil saat ia menggosok gigi sampai ia benar-benar sudah mampu berkumur dan membuang air dari mulutnya tanpa bantuan.
 
4. Mengatasi si Kecil rewel saat tumbuh gigi
Proses tumbuh gigi bisa jadi waktu yang memusingkan dalam masa tumbuh kembang bayi. Karena proses tumbuh gigi biasanya terasa tidak nyaman bagi si Kecil yang mengakibatkan ia jadi rewel. Pada saat ini si Kecil bisa mengeluarkan air liur yang banyak, bengkak pada gusi atau suhu badannya agak naik. Ada beberapa hal yang dapat Mam lakukan untuk membantu si Kecil melewati masa tak nyaman ini. Misalnya dengan menggosok gusi si Kecil dengan jari Mam yang sudah dibersihkan, memberi mainan yang memang dirancang untuk digigit oleh si Kecil, atau memberi handuk kecil bersih yang dibasahi air dingin untuk digigit oleh si Kecil.
 
5. Menjaga kesehatan gigi susu
Menjaga kesehatan gigi si Kecil tak cukup hanya dengan menggosok gigi saja ya, Mam. Kebiasaan makan yang baik juga penting untuk menjaga kesehatan gigi. Misalnya dengan menghindari makanan dan minuman dengan pemanis tambahan. Selain itu, Mam juga bisa membawa si Kecil mengunjungi dokter gigi sejak gigi pertamanya tumbuh atau paling tidak saat ia berusia 1 tahun. Kunjungan ke dokter gigi secara rutin dalam 1000 hari pertama kehidupan anak dapat mencegah gigi si Kecil keropos dan membantu si Kecil tidak takut pada dokter gigi.
 
Mam, perawatan gigi yang baik dalam 1000 hari pertama kehidupan anak akan mendukung kesehatan gigi si Kecil sampai ia dewasa kelak. Jika Mam punya pertanyaan lain seputar pertumbuhan dan perkembangan bayi di masa ini, yuk sampaikan melalui fitur Smart Consultation di Parenting Club. Di sana pertanyaan Mam akan dijawab oleh ahli yang sesuai.
 
 
Sumber:
https://www.webmd.com/parenting/baby/caring-babies-teeth#1
https://dentistry.uic.edu/patients/baby-teeth-oral-health
https://www.healthychildren.org/English/ages-stages/baby/teething-tooth-care/Pages/Babys-First-Tooth-Facts-Parents-Should-Know.aspx
https://www.huffpost.com/entry/everything-you-need-to-know-about-baby-teeth_b_8277752

Cek Informasi Lainnya

Hubungi Kami
Hubungi Kami di Parenting Club ID Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top