5 Jajanan Kaki Lima Terbaik untuk Anak

Jumat, 29 September 2017, 15:27 WIB4 Shares
Pernah tidak sih Mam merasakan sulitnya mencari cemilan yang sehat untuk anak saat keluar rumah? Apalagi kalau sudah terjebak macet di jalan, anak-anak mulai rewel karena lapar. Jangan khawatir Mam, dengan membaca artikel ini Mam jadi punya pilihan untuk membeli cemilan yang sehat di jalan lho.

1. Jagung rebus
Biasanya di gerobak dorong, jagung yang masih utuh lengkap dengan kulit dan rambutnya. Jadi Mam tinggal kupas dan bersihkan dari helai-helai rambutnya dan anak Mam tinggal gerogoti jagung manis dari tangkainya. Tahukah Mam, kalau jagung ternyata bisa menjadi pengganti nasi lho.. 1 tangkai jagung mengandung 3 gram serat dan hanya 1/4 karbohidrat dari 1 apel.

2. Kacang kedelai/ edamame rebus.
Edamame adalah bentuk dari kacang kedelai yang belum matang, bentuknya seperti kacang kapri tapi lebih besar dan lebih montok. Seperti produk kacang kedelai lainnya, edamame juga merupakan sumber protein dan serat yang bagus Mam. 1 cangkir edamame rebus mempunyai serat sebanyak 8 gram lho Mam.
Tahukah Mam bahwa kacang kedelai adalah satu-satunya sumber protein nabati yang mempunyai asam amino lengkap seperti protein hewani?

3. Potongan buah segar
Potongan buah segar bisa Mam dapatkan dari penjual rujak. Biasanya mereka mempunyai banyak pilihan seperti mangga, nanas, semangka dan melon. Keuntungan lainnya? Disajikan dingin sehingga cocok sekali untuk menenangkan anak yang mulai cranky.

4. Buah atap/ kolang-kaling
Nah walau jarang ada, tapi kadang ada penjual kolang-kaling lewat dan Mam bisa mendapatkan cemilan rendah gula yang enak karena dari 100 gram kolang-kaling hanya mengandung 11 gram karbohidrat. Tapi jangan beli yang sudah dimasak dengan sirup atau kalengan ya Mam.

5. Kacang tanah rebus
Kacang tanah juga merupakan sumber cemilan yang tinggi protein, tinggi kalori dan tinggi lemak. Tinggi kalori dan lemak ini biasanya masih dibutuhkan oleh anak yang sedang masa pertumbuhan. Namun, batasi konsumsi kacang tanah sebanyak 1 genggam per harinya saja ya Mam. 

References:
  • Palmyra fruit nutrition. My Fitness Pal. http://www.myfitnesspal.com/food/calories/69447415 (accessed 25 May 2017)
  • The health benefits of edamame. Livestrong. http://www.livestrong.com/article/409591-the-health-benefits-of-edamame/ (Accessed 25 May 2017)

0 Komentar

Artikel Terkait

Info Nutrisi

Thai-style Marinated Protein Recipe

Baca selengkapnya

Info Nutrisi

Mengoptimalkan perencanaan jadwal memasak

Baca selengkapnya

Info Nutrisi

Konsumsi Pelangi Yuk!

Baca selengkapnya
Hubungi Kami
Hubungi KamiHubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top