5 Kegiatan Positif untuk Menunggu Waktu Berbuka bagi Anak

Selasa, 27 September 2016, 16:14 WIB
Menyambut datangnya waktu berbuka puasa atau biasa disebut dengan istilah ngabuburit bisa jadi momen yang paling disukai oleh si kecil yang sedang belajar berpuasa. Ada banyak kegiatan di dalam maupun di luar rumah yang bisa dilakukan untuk menyambut datangnya waktu berbuka puasa. Orang tua bisa mengajak anak melakukan kegiatan yang menarik sekaligus bermanfaat bagi psikologi perkembangan anak. Inilah  5 ide kegiatan yang dapat dilakukan oleh Mam dan si kecil selama ngabuburit.
 
  1. Memasak bersama
    Mintalah si kecil memilih menu takjil dan hidangan untuk berbuka puasa. Lalu, ajak ia untuk membantu Mam memasak di dapur. Tapi, jangan lupa untuk mengingatkan si kecil agar berhati-hati dengan benda tajam di dapur ya, Mam. Beri ia tugas yang tidak terlalu berat dan sesuai dengan usianya. Misalnya, mengambilkan bumbu, mencuci sayuran, mengaduk adonan, menimbang bahan-bahan, dan lain sebagainya. Menyibukkan diri di dapur dapat membantu anak melatih kemampuannya menahan lapar dan haus meski berada di dekat berbagai bahan makanan yang menggiurkan. Selain itu, memasak juga dapat membantu mengembangkan kepintaran matematika anak melalui kegiatan menakar dan menimbang bahan. Bekerjasama saat memasak dan mengikuti instruksi Mam juga dapat mengasah kepintaran interpersonalnya, lho.
     
  2. Melakukan kegiatan kreatif
    Alihkan perhatian anak dari perasaan lapar dan haus dengan mengajaknya melakukan kegiatan yang memancing kreativitas, seperti membuat mainan sendiri, menggambar, mewarnai, mendekorasi ruangan, menyusun balok, merangkai robot, dan lain sebagainya. Tunjukkan kepada si kecil bahwa meski sedang berpuasa, namun ia tetap mampu melakukan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan. Ragam kegiatan tersebut juga dapat membantu melatih kemampuan motorik halus dan kepintaran intrapersonal pada anak.
     
  3. Mengaji
    Orang tua dapat memberikan contoh untuk  mengisi waktu ngabuburit dengan melakukan kegiatan yang positif, salah satunya mengaji. Ajak si kecil untuk ikut serta membaca Al Quran serta menerangkan arti dari ayat suci yang dibaca. Pada kesempatan ini, Mam atau Pap juga bisa membacakan atau menceritakan kisah-kisah keteladanan Nabi dan Rasul. Pancing partisipasi anak dengan mengajaknya bertukar pikiran mengenai tindakan atau kejadian di dalam cerita tersebut.
     
  4. Membaca buku
    Membaca buku adalah kegiatan yang sangat bermanfaat bagi anak. Saat sedang membaca, anak akan menggunakan imajinasinya, belajar mengenal kosakata, interaksi verbal, dan lain sebagainya. Berikan kebebasan padanya untuk memilih sendiri jenis buku yang ingin dibaca, tetapi pastikan pilihannya sesuai dengan usianya ya, Mam. Kegiatan positif satu ini dapat melatih kepintaran bahasa yang dimiliki si kecil.
     
  5. Jalan-jalan
    Sesekali, tak ada salahnya mengajak anak ngabuburit di luar rumah, seperti berjalan-jalan ke taman kota, alun-alun, atau pusat perbelanjaan. Namun, sebaiknya hindari terlalu sering menghabiskan waktu di tempat konsumtif karena hal tersebut dapat membuat anak kehilangan makna Ramadhan. Lebih baik, isi waktu ngabuburit dengan kegiatan yang lebih bermanfaat, menambah wawasan si kecil, serta membuatnya lebih bersemangat dalam menyelesaikan ibadah puasanya. Beberapa contoh kegiatan bermanfaat jelang buka puasa bisa disimak di laman ini.
Momen ngabuburit hendaknya diisi dengan kegiatan yang positif sekaligus menambah wawasan bagi si kecil. Dorong ia untuk melakukan aktivitas yang bermanfaat alih-alih hanya berdiam diri di rumah, menonton televisi, bermain gadget, atau bahkan tidur. Melakukan berbagai kegiatan positif saat berpuasa dapat membantu membangun kepercayaan diri, sikap konsisten dan daya juang yang kuat pada diri si kecil. Kegiatan apakah yang biasanya jadi favorit si kecil saat menanti waktu berbuka, Mam?
 
Sumber:
tabloidnova.com/Keluarga/Anak/Cara-Mengisi-Liburan-Puasa-Anak-Sekolah-Yang-Tak-Membosankan
lifestyle.okezone.com/read/2009/08/28/196/252325/jalani-puasa-dengan-kegiatan-positif
tabloidnova.com/Keluarga/Anak/Cara-Melatih-Anak-Berpuasa-Sesuai-Usianya
anakku.net/merancang-ramadhan-yang-indah-bagi-anak.html
kancilku.com/Ind//index.php?option=com_content&task=view&id=406
parenting.co.id/balita/manfaat+anak+senang+membaca

1 Komentar

Amelia Permana - Minggu, 02 Oktober 2016, 22:35 WIB
Nice article
Artikel Terkait

Info Nutrisi

Pentingnya Sarapan untuk Anak

Baca selengkapnya

Info Nutrisi

Kebutuhan Kalsium Anak

Baca selengkapnya

Info Nutrisi

Cemilan Sehat untuk Anak-Anak

Baca selengkapnya
Hubungi Kami
Hubungi KamiHubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top