5 Kegiatan Seru dan Bermanfaat Pengisi Libur Panjang Sekolah

oleh: Alia An Dhiva 2016-09-27 16:19:53
Musim libur panjang tak selalu harus diisi dengan bepergian ke luar kota. Mam bisa memanfaatkan momen ini untuk menstimulasi tumbuh kembang anak dengan mengajaknya menjajal pengalaman baru serta mengeksplorasi bermacam keterampilan. Jangan lupa ya, Mam, beda anak beda pintar, lho. Jadi, berikan aneka ragam kegiatan yang dapat mendukung tumbuh kembang anak, serta menjadikan kepintarannya kian bersinar. Anak pun akan merasa gembira dan nyaman dengan pengalaman baru yang dapat meningkatkan kepintaran emosi, fisik, maupun intelektualnya. Berikut ada 5 ide kegiatan seru dan bermanfaat yang bisa dilakukan si kecil selama masa libur panjangnya.
  • Ikut kelas menari
    Si kecil hobi menggerakkan badannya mengikuti irama lagu? Nah, musim liburan ini bisa jadi waktu yang pas untuk mendukung si kecil mengeksplorasi minatnya tersebut, Mam. Dengan mengikuti kelas menari, anak dengan kepintaran fisik (body smart) akan belajar teknik/gerakan menari tertentu, belajar mengikuti instruksi, belajar berdisiplin, dan belajar bersosialisasi.
    Rekomendasi tempat: Rockstar Gym (modern dance, balet), Sanggar Asri Welas (tari tradisional) Namarina (balet, hip hop).
  • Ikut kelas bermusik
    Selain senang mendengarkan musik dan mengingat lagu, anak dengan potensi kepintaran musikal (music smart) biasanya juga memiliki ketertarikan untuk memainkan instrumen musik. Bermain alat musik dapat merangsang kepekaan pendengaran, serta perkembangan otak kiri dan kanannya.
    Rekomendasi tempat: Gymboree
  • Ikut kelas menggambar
    Menggambar atau melukis bisa menjadi sarana anak mengekspresikan dirinya. Bukan hanya itu, menggambar adalah kegiatan yang sangat positif karena dapat mengasah fungsi kognitif, fisik, dan emosional anak. Saat menggambar, anak akan menggunakan imajinasinya, memadumadankan warna, dan merangkai objek gambar. Kegiatan ini sangat baik untuk mengembangkan kepintaran spasial (picture smart) pada anak.
    Rekomendasi tempat: Hadiprana Art Center, Ganara Art Studio, Rimba Baca
  • Ikut kelas olahraga
    Si kecil yang aktif, tangkas, dan senang bergerak dapat mengikuti kelas olahraga tertentu untuk mengakomodasi minat mereka. Anak dengan potensi kepintaran fisik (body smart) perlu mendapat stimulasi yang mendorong mereka untuk berlari, melompat, memanjat, berayun, dan berenang.
    Rekomendasi tempat: Sky Rink Mall Taman Anggrek (ice skating), Rockstar Gym (senam, yoga, bela diri, basket, sepak bola, dll), Gymboree (sports class)
  • Ikut outbound
    Anak yang senang bermain di luar ruangan, menyukai binatang, pasti akan senang diajak mengikuti kegiatan outbound. Mereka bisa berjalan-jalan di alam bebas, mengamati dan menyentuh langsung objek alam seperti tanaman, pohon, hewan, batu, bermain di sungai, dan lain sebagainya. Cara menstimulasi anak dengan potensi kepintaran naturalis (nature smart) misalnya dengan memintanya menggambar atau memotret objek alam serta memberi makan hewan.
    Rekomendasi tempat: Tanah Tingal Tangerang, Kuntum Nurseries Bogor
Kegiatan liburan pun ternyata bisa bersifat edukatif juga kan, Mam? Temukan tempat liburan yang tak hanya menyenangkan, tetapi juga dapat mengembangkan kreatifitas serta keterampilan lain yang dimiliki oleh si kecil, ya. Nah, kira-kira si kecil mau kemana liburan panjang tahun ini ya, Mam? Selamat berlibur!
 
Sumber:
female.kompas.com/read/2014/08/24/200000520/Manfaat.Positif.Menari.untuk.Anak-Anak
tabloid-nakita.com/read/1597/4-manfaat-musik-bagi-anak
nationalgeographic.co.id/berita/2015/10/manfaat-menggambar-bagi-kecerdasan-anak
ayahbunda.co.id/balita-psikologi/menstimulasi-berbagai-macam-kecerdasan.
edukasi.kompas.com/read/2010/04/08/2030186/Membimbing.Anak.Menggambar.Ada.Tekniknya.Lho

Cek Informasi Lainnya

Hubungi Kami
Hubungi Kami di Parenting Club ID Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top