Tumbuh Kembang

7 Tahap Perkembangan Motorik Anak

By: Wyeth Nutrition 2018-01-19 00:41:07 (UTC)
Pertumbuhan si Kecil yang begitu cepat kerap membuat Mam dan Pap kagum. Pertumbuhan fisik dan kekuatannya pun bertambah dengan meningkatnya kecerdasan motor kasar dan halusnya. Perkembangan motorik ini sangat penting karena berhubungan dengan pengendalian gerak tubuh yang terkoordinasi antara susunan syaraf, otot, otak, dan spinal cord. Motor kasar berhubungan dengan gerakan otot besar yang menunjukkan kemampuan si Kecil dalam berlari, melompat, duduk, dan lain sebagainya. Motorik halus berhubungan dengan gerak otot-otot kecil seperti jari-jemari tangan yang dapat dipelajari seperti memindahkan benda, mencoret-coret, dan menyusun balok. Berikut  7 tahapan perkembangan motorik anak yang wajib Mam dan Pap ketahui!
 
  1. 0-3 bulan

    Memasuki usia 3 bulan, si Kecil akan mulai belajar untuk mengangkat kepala dan dadanya dari lantai seperti melakukan “mini push-up”. Pada usia ini, si Kecil masih menggenggam erat jemarinya. Latih motorik halusnya dengan memberikan benda yang dapat digenggam atau memberikan sentuhan halus pada jarinya, atau menyilangkan tangannya untuk menguatkan otot lengannya. 

  2. 4-6 bulan

    Pada usia ini, si Kecil mulai bisa memiringkan badannya ke sisi kanan dan kiri, tengkurap, menggulingkan badan, serta menggunakan tangannya untuk mendukungnya duduk. Motorik halusnya mulai berkembang dengan mulai mengeksplorasi mainan dengan mengenggam dan menggapainya. 

  3. 7-9 bulan

    Saat ini, si Kecil sudah terlihat lebih kuat dengan kemampuan meraih mainan sendiri tanpa jatuh. Ia sudah bisa merangkak, duduk, dan belajar berdiri sendiri. Motorik halusnya terus berkembang dengan kemampuan menggapai mainan dengan dua tangan, serta mengambil benda yang lebih kecil dengan ibu jari dan jari telunjuknya. 

  4. 10-12 bulan

    Tak terasa si Kecil sudah memasuki usia 1 tahun. Saat ini, ia telah pandai mengangkat badannya untuk berdiri dan melangkahkan kaki untuk belajar rambatan atau merambat. Ia juga sudah mampu duduk tanpa dukungan di belakangnya dan memutar kepala tanpa kehilangan keseimbangan. Ia dapat mempertahankan keseimbangan dengan posisi duduk, saat melempar bola, dan bertepuk tangan sebagai perkembangan motorik halusnya. 

  5. 1-2 tahun

    Refleks si Kecil kini kian baik. Ia sudah mampu berjalan dengan baik, berjalan mundur, naik tangga, menarik dan mendorong benda berat, serta berdiri di kursi tanpa pegangan dan melempar. Begitu juga dengan kemampuan motorik halusnya seperti bisa menyusun menara dari balok, mencoret-coret, dan belajar melepas celana atau bajunya.

  6. 2-3 tahun

    Pertumbuhan fisik si Kecil kian kuat. Ia mampu menaiki tangga, menendang bola, membuka dan memakai pakaian sendiri, memungut dan membawa benda kecil dengan mudah. Ia juga sudah bisa diajak berkreasi karena mampu menggunting kertas, membuat lingkaran serta mencoret sesuai keinginan. 

  7. 3-4 tahun

    Si Kecil sudah bisa berjalan dengan mengayunkan tangan, mampu menuruni tangga dengan dua kaki. Ia juga sudah bisa berdiri di salah satu kaki selama 5-10 detik, melompat, dan memanjat. Motorik halus si Kecil pun menunjukan kemajuan dengan pandai mengoleskan lem dengan rapi, meronce, menyusun puzzle, dan menuangkan cairan ke dalam botol dengan hati-hati. 


Yuk Mam dan Pap, perhatikan perkembangan motorik anak dari waktu ke waktu serta perbanyak informasi yang bermanfaat seperti yang ada di sini, agar pengasuhan si Kecil jadi yang terbaik. 

Sumber:
meetdoctor.com/article/cara-sederhana-merangsang-motorik-halus-dan-motorik-kasar-anak
parenting.co.id/balita/tahapan-perkembangan-motorik-kasar-anak
scribd.com/document/188359108/Makalah-Perkembangan-Motorik-Anak
Penulis
Wyeth Nutrition

Wyeth Nutrition mengembangkan produk nutrisi berkualitas premium secara ilmiah untuk melengkapi nutrisi anak-anak. Sebagai pelopor nutrisi, Wyeth Nutrition memiliki misi untuk memberikan asupan dan dukungan nutrisi terbaik untuk kesehatan yang lebih baik. Selama lebih dari 100 tahun, Wyeth Nutrition terus meningkatkan penelitian ilmiah dan uji klinis serta standar keamanan manufaktur kelas dunia untuk memberikan solusi ilmiah dan membantu pertumbuhan anak-anak.

Tumbuh Kembang

Tips Memilih Daycare untuk Si Kecil

By: Annisa Steviani 2018-01-03 01:00:47 (UTC)
Tempat penitipan anak atau daycare bisa jadi pilihan bagi Mam dan Pap yang kurang nyaman dengan memakai jasa asisten rumah tangga. Sekarang ini, daycare bahkan menyediakan taman bermain atau playgroup sehingga si Kecil bisa bermain dengan teman sebaya sekaligus belajar. Berikut beberapa faktor yang harus diperhatikan saat memilih daycare dan playgroup yang tepat untuk tumbuh kembang si Kecil.

Banyak faktor yang harus diperhatikan saat memilih daycare dengan playgroup. Ini karena si Kecil tidak hanya akan berada di sekolah selama dua jam seperti playgroup biasa. Selesai kelas, si Kecil akan tetap seharian berada di daycare, beristirahat serta bermain di sana sampai Mam dan Pap menjemput. Apa saja faktor yang harus diperhatikan saat memilih daycare?

Lokasi
Pastikan daycare dengan lokasi kantor agar si Kecil bisa cepat dijemput sepulang kerja. Anak yang terlambat dijemput biasanya gelisah dan cenderung rewel karena melihat anak lain sudah dijemput lebih dulu. Jadi, lokasi menentukan sekali untuk jam antar-jemput, apalagi lewat jam yang ditentukan ada biaya overtime.

Rasio caregiver dan anak
Idealnya satu caregiver hanya bertanggung jawab terhadap maksimal tiga balita. Ada lho Mam, caregiver yang harus memegang lima anak sekaligus. Jadi, pastikan jumlah caregiver serta guru yang akan mendampingi anak memadai dalam setiap kegiatannya.

Jadwal harian, kegiatan, dan kurikulum program playgroup
Meski belajar sambil bermain, playgroup biasanya juga sudah punya kurikulum yang mendukung tumbuh kembang si Kecil. Apakah kurikulum nasional, montessori, atau lainnya. Pelajari tentang kurikulum yang cocok dengan nilai di keluarga dan pastikan jadwal kegiatan tidak terlalu padat. Mam dan Pap juga bisa trial dulu di playgroup yang diinginkan untuk melihat situasi belajar dan kenyamanan si Kecil di dalam kelas.


Makan dan tidur
Apakah harus membawa makanan sendiri dari rumah atau disediakan di sekolah? Jika membawa bekal sendiri, artinya Mam dan Pap harus meluangkan waktu ekstra untuk menyiapkan makanan pada pagi hari[CD1] . Selain makanan, jangan lupa periksa kamar tidur saat survei. Meski hanya tidur siang, kenyamanan anak tetap nomor satu. Beberapa playgroup dengan daycare tidak punya kamar terpisah sehingga anak-anak tidur di kelas dengan kasur busa di lantai. Namun, ada pula daycare yang memisahkan kelas dan kamar sehingga lebih nyaman.

Kesamaan nilai dan hukuman
Balita yang memulai playgroup biasanya sedang belajar tentang peraturan. Mereka sedang menyerap apa yang baik dan apa yang tidak baik. Pastikan playgroup si Kecil punya nilai yang sama dengan yang diterapkan di rumah supaya ia tidak bingung. Misalnya, di rumah harus makan di meja makan, cari pula daycare dan playgroup yang mengharuskan makan di meja.
Begitu pula dengan punishment. Banyak sekolah yang menggunakan sistem timeout bagi balita, sementara banyak pula orang tua yang tidak setuju dengan sistem tersebut. Jadi pastikan bertanya banyak pada caregiver dan guru tentang nilai dan hukuman.

Biaya dan overtime
Ada beberapa jenis daycare dengan playgroup. Ada yang biayanya sudah include dengan biaya daycare. Ada juga daycare yang terpisah sehingga jika ingin ikut kelas pagi hari[2] , Mam dan Pap harus menambah biaya bulanan. Jangan lupa tanyakan biaya overtime. Ada daycare yang menerapkan overtime setiap 15 menit, 30 menit, hingga 1 jam.


Demikian faktor yang harus diperhatikan saat memilih daycare dengan playgroup. Jangan lupa survei ke beberapa daycare untuk memastikan Mam dan Pap benar-benar sreg dan tidak salah pilih.
 
Source:
bellybelly.com.au/parenting/the-5-most-important-things-to-consider-when-choosing-child-care/
education.vic.gov.au/childhood/parents/childcare/Pages/choosing.aspx
 
Accessed on:
7 December 2017
Penulis
Annisa Steviani

Ibu satu anak yang rutin menulis kesehariannya, terutama suka duka menjadi ibu. Ia pernah bekerja sebagai jurnalis di media online terbesar di Indonesia (2011-2013) dan Social Media & Community Manager di sebuah edisi online surat kabar berbahasa Inggris (2013-sekarang). Selain berisi keseharian sebagai ibu, blognya juga berisi tentang lifestyle dan beauty.

Hubungi Kami
Hubungi Kami Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top