7 Trik Jitu Agar Si Kecil Gemar Makan Sayur

oleh: Wyeth Nutrition 2016-09-27 15:10:05
Sayuran adalah salah satu jenis makanan yang penting dikonsumsi oleh balita karena kaya akan berbagai vitamin, mineral, dan serat pangan. Berdasarkan keterangan dari Pedoman Gizi Seimbang yang diterbitkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, konsumsi sayuran dan buah-buahan adalah bagian penting untuk mewujudkan Gizi Seimbang. Anjuran konsumsi sayuran dan buah-buahan untuk balita dan anak usia sekolah di Indonesia adalah 300-400 gram per orang per hari. Anak yang terbiasa makan sayur akan merasakan banyak keuntungan, terutama dari sisi kesehatan karena kebutuhan akan serat, vitamin, dan mineralnya senantiasa tercukupi. Anak akan memiliki daya tahan tubuh serta kesehatan saluran cer
Read More
na yang lebih baik. Proses tumbuh kembangnya pun dapat berjalan optimal dan risiko untuk mengalami obesitas pun menurun.
 
Nah, kalau si kecil termasuk anak yang tidak suka makan sayur, Mam dapat mencoba 7 cara mengatasi anak susah makan sayur berikut ini:
  1. Jadikan sayur sebagai makanan yang akrab dikonsumsi keluarga Sajikan sayur dalam olahan yang bervariasi setiap hari. Jadi, setiap kali waktu makan tiba, ia akan melihat bahwa sayur adalah makanan favorit keluarga yang tak boleh dilewatkan setiap hari. Pastikan hidangan yang disajikan di meja makan selalu penuh warna ya, Mam. Semakin beragam jenis sayuran yang dikonsumsi oleh anak, maka semakin banyak kandungan gizi yang masuk ke dalam tubuhnya.
  2. Biasakan anak makan salad Salad adalah hidangan yang mayoritas terdiri dari sayuran. Jika si kecil doyan salad, Mam tidak perlu pusing lagi mencari cara untuk membuatnya menyukai sayur. Variasikan pelengkap maupun dressing-nya agar tidak membosankan untuk dikonsumsi ya, Mam.
  3. Jadikan sayur sebagai salah satu jenis camilan yang nikmat Pastikan di dalam lemari es selalu tersedia mentimun, tomat ceri, atau baby carrot yang dapat dilahap oleh si kecil kapan pun ia mau. Selain itu, Mam juga dapat merebus, memanggang, ataupun menggoreng brokoli dan kentang yang telah dibumbui. Lengkapi dengan dressing buatan sendiri atau mayones untuk memperkaya rasanya.
  4. Sajikan sayur dalam bentuk smoothies Umumnya, anak-anak senang minum smoothies. Perkenalkan si kecil kepada green smoothies yang lezat sekaligus menyehatkan. Jenis sayuran yang sering jadi bahan smoothies adalah bayam, sawi, selada, seledri, dan mint. Agar rasanya nikmat, tambahkan buah-buahan yang memiliki rasa segar atau manis, seperti pisang, stroberi, blueberry, jeruk, kiwi, dan alpukat. Untuk memperkaya rasa dan nutrisi, Mam juga bisa menambahkan yoghurt, madu, atau selai kacang.
  5. Sembunyikan sayuran di dalam makanan favorit anak Jika si kecil menolak makan saat melihat sayuran di dalam piringnya, coba sembunyikan sayur di dalam makanan favoritnya. Beberapa cara yang dapat Mam coba untuk menyembunyikan sayuran misalnya, mengolahnya menjadi puree dan dijadikan pelengkap makanan lain, seperti saus atau dressing. Mam juga bisa mengolah sayuran seperti brokoli, wortel, dan jagung menjadi sup krim atau perkedel yang lezat.
  6. Libatkan anak dalam memilih makanan yang akan disantap Pada dasarnya, balita memiliki rasa ingin tahu yang besar. Tanyakan pada si kecil tentang makanan yang ingin ia makan. Lalu, ajak ia berbelanja dan melihat Mam memilih bahan pangan, termasuk saat membeli sayuran. Pengalaman ini akan membuatnya merasa dekat dengan proses mengolah makanan dan memunculkan minat lebih jauh pada jenis-jenis makanan, termasuk sayuran.
  7. Jadilah panutan yang akan ditiru anak Beragam cara mengatasi anak susah makan yang sudah Mam coba akan sia-sia saja jika Mam dan Pap tidak memberikan contoh nyata. Kebiasaan makan orang tua adalah inspirasi utama dalam pembentukan pola makan anak. Jika Mam dan Pap memperlihatkan bahwa makan sayur setiap hari itu menyenangkan dan lezat, si kecil pun akan menangkap kesan tersebut hingga membuatnya ingin merasakan hal yang sama.
Memotivasi anak untuk gemar makan sayur memang terkesan sulit. Tapi, dengan 7 cara mengatasi anak susah makan sayur yang menyenangkan di atas dan dengan ketelatenan Mam dan Pap, lambat laun si kecil pasti mau mengonsumsi sayuran. Semoga berhasil ya, Mam!
 
Sumber:
healthychildren.org/English/healthy-livin g/nutrition/Pages/How-to- Get-Your-Child-to-Eat-Mor e-Fruits-and-Veggies.aspx
healthywomen.org/content/article/8-way s-you-can-get-your-kid-ea t-vegetables
raisingchildren.net.au/articles/how_to_get_yo ur_child_to_eat_vegetable s.html

Cek Informasi Lainnya

Hubungi Kami
Hubungi Kami di Parenting Club ID Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top