Kesehatan

Aku Ingin Segera Hamil!

By: dr Tirsa Verani Sp OG 2018-01-04 00:40:44 (UTC)
Memiliki buah hati adalah dambaan setiap pasangan suami istri, baik yang baru maupun telah lama menikah. Sayangnya, tidak sedikit pasangan suami istri yang mengalami kesulitan untuk mendapatkan keturunan.
 
Berkat perkembangan teknologi kesehatan, saat ini tersedia banyak program hamil yang bisa dilakukan. Ini dia, beberapa di antaranya:
 
  1. Cara alami

    Dengan cara mengonsumsi cukup nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk mendukung kehamilan. Nutrisi menjadi faktor penting yang bisa memengaruhi kualitas sel telur dan sperma.

    Mengonsumsi buah yang menghasilkan minyak, seperti kelapa, buah zaitun dan alpukat, atau asupan lemak sehat lainnya, baik untuk meningkatkan kesuburan. Konsumsi protein yang cukup juga bisa meningkatkan kesuburan dan mengurangi risiko komplikasi ketika masa kehamilan.

  2. Terapi kesuburan

    Dengan cara mengonsumsi obat-obatan untuk merangsang terjadinya kehamilan. Biasanya, obat yang digunakan dalam program hamil adalah jenis obat yang berfungsi membantu melepaskan sel telur secara rutin, sehingga akan meningkatkan kesuburan pada wanita. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan obat ini harus sesuai anjuran dokter, agar program hamil bisa berjalan dengan lancar.

  3. Program inseminasi buatan

    Inseminasi buatan biasanya dianjurkan untuk wanita dengan tuba falopi yang tersumbat, usia reproduksi lanjut, pria dengan jumlah sperma yang rendah, atau ketidaksuburan yang tidak dapat dijelaskan penyebabnya.

    Inseminasi buatan adalah prosedur pemilihan sperma terbaik hasil ejakulasi, dengan cara pencucian sperma. Sperma yang sudah terpilih dilepas ke dalam mulut rahim melalui bantuan kateter. Dua pekan setelah proses inseminasi buatan dilakukan, pasien program ini harus datang untuk mengetahui keberhasilan prosedur tersebut.

  4. Program Bayi Tabung

    Adalah proses pengambilan sel telur matang dari wanita, lalu dipertemukan dengan sperma pasangan, agar terjadi pembuahan di luar tubuh. Pertemuan keduanya terjadi di cawan petri. Setelah sel telur dibuahi dan menjadi embrio, embrio ini dimasukkan ke dalam rahim ibu untuk berkembang menjadi bayi yang sempurna.

    Program bayi tabung tak tergantung siklus ovulasi. Akan tetapi, siklus tetap diperiksa agar dokter dapat mengambil sel telur matang untuk bisa dibuahi oleh sperma suami. Ini berbeda dengan inseminasi buatan, yang sangat bergantung pada waktu ovulasi ketika sperma pilihan ditanamkan ke dalam rahim. Proses bayi tabung lebih rumit ketimbang inseminasi buatan.


Perlu diingat, pemilihan program kehamilan harus sesuai dengan riwayat medis dan usia seseorang. Serta, perlu adanya pendampingan dari dokter kandungan, agar program hamil dapat berjalan sukses nantinya.
 
Pilih program yang sesuai dengan diri Mam dan Pap, serta berkonsultasilah dengan pakar medis untuk mendapatkan rekomendasi yang terbaik.
 
Referensi:
http://americanpregnancy.org/infertility/
https://www.mayoclinic.org/tests-procedures
https://www.webmd.com/infertility-and-reproduction/tc/fertility-problems-treatment-overview#1
Penulis
dr Tirsa Verani Sp OG

Dokter Tirsa Verani K. Oroh, Sp.OG lulus Fakultas Kedokteran Universitas Atmajaya Jakarta dan Spesialis Obstetri dan Ginekologi atau Kebidanan dan Kandungan Fakultas Kedokteran UI Jakarta. Aktif sebagai Controversies in Obstetrics, Gynecology dan Infertility

Kesehatan

Ini Tanda-tanda Mam Sedang Hamil Anak Kembar

By: Wyeth Nutrition 2018-07-09 00:54:44 (UTC)
Tahukah Mam? Kehamilan kembar terbagi ke dalam dua golongan, kembar identik dan kembar tidak identik (fraternal). Merencanakan bayi kembar dapat dilakukan secara natural atau melalui program bayi tabung (in vitro fertilization atau IVF).
Bayi kembar  identik berasal dari satu buah sel telur yang dibuahi satu sel sperma. Telur yang sudah dibuahi ini kemudian membelah menjadi dua atau lebih, menghasilkan dua atau lebih janin dengan DNA, golongan darah, dan karakteristik fisik serupa. Bayi kembar identik juga berbagi satu plasenta, tapi tumbuh dalam ketuban berbeda. Meski begitu, kembar identik tidak diturunkan dalam keluarga ataupun dipengaruhi usia, etnis, serta umur.
Kembar fraternal berkembang dari dua sel telur dan dua sel sperma yang berbeda. Kedua bayi tidak berbagi plasenta dan biasanya tidak memiliki kemiripan layaknya kembar identik. Angka kejadian kembar fraternal jauh lebih banyak dibandingkan kembar identik.
Nah, bagi Mam yang kini sedang berbadan dua, apakah Mam dapat merasakan berapa jumlah bayi yang berada dalam rahim Mam? Biasanya sih, tidak. Kehamilan kembar umumnya baru dapat diketahui dan dikonfirmasi setelah ibu hamil melakukan pemeriksaan USG pada trimester pertama.
Beberapa tanda penting yang menunjukkan Mam mengandung lebih dari satu bayi:
  • Berat badan naik pesat pada trimester pertama kehamilan
    Biasanya, kenaikan berat badan pada ibu hamil anak kembar lebih tinggi dari rata-rata ibu dengan kehamilan tunggal.
  • Ukuran kandungan tergolong besar bila dicocokkan dengan usia kehamilan
    Hal ini dapat diketahui sejak pemeriksaan pertama. Misalnya, melalui pemeriksaan, dokter mengatakan usia kehamilan Mam memasuki 8 minggu. Namun, secara kasat mata, kehamilan Mam seperti sudah berusia 10-12 minggu. Ketinggian kandungan ibu dengan bayi kembar juga melebihi umumnya, bisa mencapai 48 cm.
  • Kadar HCG naik dengan cepat
    HCG atau Human Chorionic Gonadotrophin menghasilkan telur yang dibuahi. Hormon ini diperlukan untuk menjaga kehamilan sampai plasenta berkembang. Pada kehamilan dengan satu bayi, HCG naik dengan cepat pada minggu pertama kehamilan, dan akan berlipat ganda setiap 2 atau 3 hari. Kadar HCG menjadi lebih tinggi pada kehamilan kembar.
  • Terdengar dua denyut jantung
    Pada akhir trimester pertama, dokter dapat mendeteksi adanya dua denyut jantung yang berbeda menggunakan alat Doppler. Hal ini sekaligus mengonfirmasi terdapat dua janin dalam kandungan Mam.
Perlu Mam ketahui, kehamilan kembar lebih berisiko dibandingkan kehamilan tunggal. Selain itu, kebanyakan kehamilan kembar berujung pada persalinan sesar. Lakukan langkah-langkah aman untuk menjaga kehamilan Mam agar terbebas dari komplikasi seperti preeklampsia, plasenta previa, dan diabetes gestasional. Penuhi juga kebutuhan nutrisi Mam dan janin selama hamil dengan mengonsumsi makanan bergizi.
 
Source:
babycenter.com/0_when-and-how-to-find-out-if-youre-carrying-twins-or-more_3579.bc
nakita.grid.id/read/025024/ini-dia-8-tanda-kehamilan-kembar-yang-bikin-ibu-penasaran
americanpregnancy.org/multiples/symptoms-of-multiple-pregnancy/
hellosehat.com/kehamilan/kesuburan/faktor-yang-mempengaruhi-kehamilan-kembar/
Penulis
Wyeth Nutrition

Wyeth Nutrition mengembangkan produk nutrisi berkualitas premium secara ilmiah untuk melengkapi nutrisi anak-anak. Sebagai pelopor nutrisi, Wyeth Nutrition memiliki misi untuk memberikan asupan dan dukungan nutrisi terbaik untuk kesehatan yang lebih baik. Selama lebih dari 100 tahun, Wyeth Nutrition terus meningkatkan penelitian ilmiah dan uji klinis serta standar keamanan manufaktur kelas dunia untuk memberikan solusi ilmiah dan membantu pertumbuhan anak-anak.

Hubungi Kami
Hubungi Kami Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top