Cara Mengasuh

Apakah Mam dan Pap Sudah Siap Memiliki Si Kecil?

By: Myra Anastasia 2018-01-16 21:58:36 (UTC)
Setelah menikah, banyak pasangan yang langsung menginginkan segera memiliki momongan. Sebetulnya ini wajar saja. Namun, yang luput untuk dipertimbangkan adalah kesiapan Mam dan Pap untuk memiliki si Kecil. Saat merencanakan hamil, Mam dan Pap harus memiliki kondisi fisik sehat. Ini karena kesehatan sangat penting dalam persiapan kehamilan.

Persiapan kehamilan bukan hanya berbicara tentang bagaimana tubuh Mam siap mengandung selama 9 bulan, lho. Ada berbagai hal yang harus Mam dan Pap pertimbangkan ketika ingin memiliki si Kecil. Persiapan kehamilan tidak hanya fisik, tetapi juga psikologis, dimulai sejak pra kehamilan.

Biasakan Konsumsi Nutrisi yang Tepat

Idealnya kebiasaan ini dimulai sejak kecil. Jika Mam dan Pap sudah terbiasa mengonsumsi makanan sehat, tentunya ini bukan lagi sesuatu yang sulit dilakukan. Terbiasa mengonsumsi makanan bergizi seimbang membuat si Kecil dalam kandungan tumbuh, berkembang, serta lahir dalam keadaan sehat.

Kalau selama ini belum terbiasa mengkonsumsi makanan sehat, mulai sekarang coba untuk membiasakannya saat Mam mulai persiapan kehamilan. Asupan yang bergizi sangat penting untuk mendapatkan kehamilan yang sehat.


Asam folat, kalsium, dan zat besi merupakan nutrisi yang penting sejak masa persiapan kehamilan. Konsumsi asam folat yang cukup untuk mengurangi risiko cacat lahir si Kecil. Bila perlu Mam bisa mengkonsultasikan tentang pola makan dan asupan gizi yang dibutuhkan ke dokter kandungan atau ahli nutrisi.

Fisik yang Sehat

Kondisi fisik yang sehat dengan stamina yang prima juga dibutuhkan sejak masa persiapan kehamilan. Mengandung bayi selama 9 bulan butuh stamina yang baik. Mam dengan tubuh yang sehat juga mudah terhindar dari stress dan merasa percaya diri.

Olahraga teratur bisa mulai dilakukan sebelum masa kehamilan. Tidak perlu berolahraga berat, yang penting berat badan ideal sesuai Body Mass Index (BMI) tetap tejaga. Berat badan berlebih atau kurang juga bisa memengaruhi kesuburan.

Konsultasi dengan Dokter Kandungan

Konsultasi dengan dokter kandungan tidak harus menunggu kehamilan. Konsultasi ke dokter kandungan juga bagian dari persiapan kehamilan dan sangat disarankan. Terlebih saat ini banyak penyakit yang berawal dari gaya hidup yang salah.

Mam bisa cek apakah ada kemungkinan terkena diabetes dan tiroid. Gula darah yang tinggi di awal kehamilan sangatlah berbahaya. Gangguan tiroid juga bisa terjadi sebelum kehamilan dan itu bisa sangat berisiko bagi Mam dan si Kecil. Konsultasikan juga vaksinasi apa saja yang diperlukan bagi Mam untuk mempersiapkan kehamilan.

Peran Pap dalam Persiapan Kehamilan

Kehamilan sejatinya melibatkan dua pihak yaitu Mam dan Pap. Pap juga harus sehat supaya spermanya dalam kondisi yang baik. Jauhi rokok, hindari stress, berhenti konsumsi obat-obatan yang berlebihan, terapi radiasi, dan masalah hormon adalah beberapa hal yang bisa mengurangi kualitas sperma. Obesitas juga bisa memengaruhi kesuburan Pap.

Kelainan Genetik

Mam dan Pap pasti ingin si Kecil lahir dalam kondisi sehat. Namun, beberapa bayi ada yang lahir dalam kondisi kelainan kromosom, gangguan pendengaran, kanker, atau penyakit keturunan lainnya. Sebelum hamil, Mam dan Pap bisa memeriksakan kelainan genetik ini  kepada ahli kesehatan. Hal ini untuk melakukan tindakan antisipasi jika ada dugaan kelainan genetis dan menurunkan risiko si Kecil lahir dengan kondisi cacat bawaan.

SOURCE:
https://www.starthealthystayhealthy.in/are-you-and-your-husband-ready-baby
Penulis
Myra Anastasia

Seorang mom blogger dengan dua anak (Keke dan Nai) yang gemar jalan-jalan bersama keluarga dan memasak. Ia membagikan pengalaman bersama keluarga dalam blognya. Selain didominasi pengalaman perjalanan keluarga dan keseharian kedua anaknya yang menggemaskan, ia juga berbagi tentang tips parenting seputar kegiatan kreativitas bersama anak serta metode belajar dan sekolah kedua anaknya.

Load More
Hubungi Kami
Hubungi Kami Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top