Stimulasi

Ayo Nak, Kita Belajar Makan!

By: Wyeth Nutrition 2018-01-02 23:37:31 (UTC)
Ketika si Kecil memasuki usia enam bulan, setiap Mam dan Pap harus mulai memperkenalkan makanan pendamping ASI (MPASI). Seiring dengan pertumbuhan si Kecil, gizi yang dibutuhkan juga turut bertambah dan air susu ibu (ASI) saja tidak akan cukup. Bagi beberapa Mam dan Pap, memperkenalkan MPASI merupakan masa yang menyenangkan, tetapi untuk beberapa orang tua lain hal tersebut juga bisa menjadi begitu menegangkan.
 
Saat sudah melewati masa enam bulan ASI eksklusif, si Kecil perlu diperkenalkan pada makanan padat lainnya. Makanan yang tepat akan membantu pertumbuhan dan perkembangan dengan baik. Ini juga merupakan masa dimana si Kecil berada dalam fase pertumbuhan yang paling cepat sehingga membutuhkan nutrisi tinggi. Bisa dibilang, si Kecil siap untuk makanan pelengkap saat mereka bisa duduk tanpa dukungan dan memiliki kontrol kepala dan leher yang baik.
 
Kebutuhan gizi si Kecil yang semakin besar mungkin tidak sebanding dengan kemampuan perut mereka yang terbatas. Karena itulah mereka harus mendapat makanan bergizi yang seimbang untuk menopang pertumbuhannya. Makanan pendamping pun tidak berarti si Kecil berhenti meminum ASI. Makanan ini diperlukan untuk mengisi kesenjangan antara kebutuhan gizi total dan jumlah yang bisa diberikan oleh ASI. Si Kecil yang mulai bertumbuh membutuhkan makanan yang relatif tinggi kalori atau energi bersama dengan jumlah protein, lemak, vitamin dan mineral yang seimbang.
 
Agar si Kecil tidak terlalu kaget dengan MPASI pertamanya, hal yang perlu Mam perhatikan adalah tekstur makanan. Karena jika sebelumnya si Kecil hanya mengonsumsi asupan berupa ASI yang berbentuk cairan, sekarang saatnya ia mencoba asupan berbentuk makanan padat. Selain itu, tahap ini adalah saat di mana si Kecil baru mengenal makanan dan belajar mengunyah untuk pertama kalinya. Oleh karena itu, tekstur makanannya harus dimulai dengan makanan yang lebih cenderung berbentuk cair, seperti bubur atau makanan lain yang dilumat sempurna.
 
Untuk jenis MPASI, Mam bisa mulai dengan memberikan bubur saring bertekstur halus yang terbuat dari beras, kedelai, atau buah-buahan. Namun, jangan lupa juga untuk tetap memerhatikan nutrisi yang terkandung dalam makanan. Di samping nutrisi dalam ASI, si Kecil membutuhkan zat besi, kalsium, vitamin C, vitamin A, vitamin D, dan asam lemak omega 3 untuk dapat bertumbuh kembang dengan baik. Pastikan Mam memberinya pilihan menu bubur untuk bayi enam bulan yang bergizi di awal perkenalannya dengan makanan padat.
 
Mulailah dengan satu jenis makanan setiap hari dan setiap kali si Kecil tidak terlalu lelah, lapar, atau rewel. Si Kecil mungkin tidak makan banyak pada awalnya, tapi beri dia waktu untuk membiasakan diri dengan pengalaman tersebut. Beberapa bayi perlu berlatih agar mau memasukkan makanan ke mulut dan menelannya.
 
Setiap bayi memiliki kebiasaan dan sifat yang berbeda, jadi bicarakan dengan dokter anak tentang makanan padat mana yang harus diperkenalkan dan kapan harus memulainya. Dengan mengetahui kebutuhan nutrisi yang tepat, Mam dan Pap bisa menunjang perkembangan si Kecil secara maksimal.
 
Sumber :
https://www.starthealthystayhealthy.in/introducing-foods-your-babys-diet
https://www.starthealthystayhealthy.in/e-learning/your-guide-starting-solids
https://www.babycenter.com/0_introducing-solids_113.bc
Penulis
Wyeth Nutrition

Wyeth Nutrition mengembangkan produk nutrisi berkualitas premium secara ilmiah untuk melengkapi nutrisi anak-anak. Sebagai pelopor nutrisi, Wyeth Nutrition memiliki misi untuk memberikan asupan dan dukungan nutrisi terbaik untuk kesehatan yang lebih baik. Selama lebih dari 100 tahun, Wyeth Nutrition terus meningkatkan penelitian ilmiah dan uji klinis serta standar keamanan manufaktur kelas dunia untuk memberikan solusi ilmiah dan membantu pertumbuhan anak-anak.

Info Nutrisi

3 Manfaat ASI Eksklusif yang Terbaik untuk Ibu dan Bayi

By: Suria Riza 2017-11-14 01:27:48 (UTC)
Mam pasti sering mendengar anjuran dan manfaat ASI eksklusif yang dimulai sejak bayi lahir sampai usia 6 bulan, kan? Banyak Mam yang keras kepala untuk menyusui si Kecil demi bisa memberikan ASI eksklusif. Bahkan, para Mam pekerja sudah banyak yang melakukan manajemen ASI dengan tepat. Sebenarnya apa manfaat ASI eksklusif bagi ibu dan dalam menjaga kesehatan si Kecil?
 
Berikan ASI Eksklusif, Hanya ASI sampai 6 Bulan.

ASI eksklusif maksudnya adalah hanya memberikan ASI, tanpa tambahan makanan pendamping lainnya, hingga usai si Kecil berusia 6 bulan. Saat bayi lahir, Mam harus tahu kalau proses penyerapan lambung si Kecil belum sempurna. Asupan nutrisi bagi si Kecil harus yang mudah dicerna. ASI adalah satu-satunya makanan alamiah terbaik untuk memenuhi kebutuhan bayi.

Jangan lupa ya Mam, langsung lakukan IMD sesaat setelah melahirkan bila memungkinkan. Ini akan membuat bayi mulai belajar menyusui dan mendapatkan ASI eksklusif dari Mam. Usahakan Mam juga memberikan kolostrum yang relatif rendah lemak dan karbohidrat dan kaya protein diawal-awal kelahiran si Kecil. Ini akan menambah daya tahan tubuh dan manfaat penting lainnya yang bayi butuhkan.

Manfaat ASI Eksklusif bagi Ibu dan Si Kecil 
Banyak sekali manfaat ASI eksklusif bagi Mam dan si Kecil. Selain menciptakan bonding erat, juga akan membuat proses adaptasi si Kecil setelah keluar dari kandungan lebih nyaman.
  • ASI mengandung nutrisi lengkap untuk bayi, termasuk antibodi alami yang akan membantu mencegah terjadinya infeksi atau gangguan kesehatan lainnya.
  • ASI mudah dicerna lambung sehingga tidak menimbulkan masalah pencernaan, seperti diare yang sering dialami bayi. ASI juga mengandung probiotik yang penting untuk pembentukan mikroflora dalam saluran pencernaan, serta hipoalergenik sehingga bayi terhindar dari reaksi alergi.
  • Bayi yang diberi ASI memiliki daya tahan tubuh kuat sehingga tidak gampang sakit. ASI juga mengurangi risiko si Kecil terhadap gangguan pencernan, alergi, asma, hingga diabetes di kemudian hari.
Lakukan Proses Menyusui dengan Benar dan Penuh Cinta

Proses menyusui pasti ada tantangannya. Selain manajemen ASI yang tepat, cara menyusui yang benar akan menentukan lancar tidaknya ASI yang keluar. Ingat Mam, ASI itu tergantung permintaan. Semakin sering Mam menyusui si Kecil, semakin banyak ASI yang diproduksi. 
Yuk Mam, lakukan hal ini agar proses menyusui lancar dan menyenangkan:
  • Rileks dan ambil posisi senyaman mungkin.
  • Jika sambil duduk, sangga kepala bayi dengan lengan dan posisikan kepala bayi lebih tinggi dibandingkan tubuhnya untuk memudahkan bayi menelan. Tempatkan hidung bayi sejajar dengan puting untuk mendorong bayi membuka mulutnya. 
  • Tunggu mulutnya terbuka lebar dengan posisi lidah ke arah bawah, lalu lakukan posisi perlekatan yang benar, seluruh area aerola masuk ke mulut bayi. Jika hanya menempel pada puting saja, ASI tidak lancar keluar dan puting bisa lecet.
  • Bayi menyusu sekitar 5-40 menit, tergantung kebutuhannya. Namun, biarkan bayi menyusu sepuasnya. Jika bayi belum puas, susui dengan payudara satunya.
  • Selalu lakukan menyusui dengan payudara kanan dan kiri secara bergantian untuk menghindari pembengkakan payudara (breast engorgement) yang berisiko mastitis (infeksi kelenjar payudara).
Sekarang Mam sudah mengetahui manfaat ASI eksklusif dan cara tepat proses menyusui yang benar untuk si Kecil. Menyusuilah dengan keras kepala sebagai perwujudan cinta Mam untuk si Kecil. Hanya ASI yang terbaik untuk kesehatan anak si Kecil. Untuk cari tahu bagaimana membuat ASI Mam lebih berkualitas, klik di sini.

Source: 
  • parenting.co.id/bayi/manfaat+asi+bagi+bayi+dan+mama
  • ayahbunda.co.id/kelahiran-tips/teknik-menyusui-bayi-
  • parents.com/baby/breastfeeding/basics/the-best-breastfeeding-positions-for-mom-and-baby-/
  • nhs.uk/Conditions/pregnancy-and-baby/Pages/benefits-breastfeeding.aspx
Penulis
Suria Riza

Seorang ibu rumah tangga dengan dua anak yang juga cancer survivor Echa juga seorang pencinta kucing. Ia menuangkan cerita kesehariannya seputar tumbuh kembang sang buah hati perjuangannya melawan kanker hobinya akan make up sampai kecintaannya terhadap si kucing. Blognya bahkan pernah mendapat penghargaan sebagai blog terbaik kategori family and parenting pada Hari Blogger Nasional 2015.

Hubungi Kami
Hubungi Kami Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top