Kesehatan

Ayu Dewi: Parenting Club, Sahabat Saya Yang Cerdas

By: Ayu Dewi 2016-12-20 23:27:11 (UTC)

Hai Mams dan Paps di seluruh Indonesia, kali ini saya, Ayu Dewi,  ingin sharing tentang pengalaman saya mengasuh si Kecil.

Sebagai Mam dari Aqilah Dewi Humairah, saya terkadang terkaget-kaget melihat perkembangannya yang sedemikian pesat. Agaknya memang buah jatuh tak jauh dari pohonnya ya… Aqilah tumbuh menjadi anak yang aktif, tidak bisa diam, dan selalu ingin tahu, persis seperti saya. Itu juga sebabnya saya sengaja membekalinya dengan les memori, bahkan sejak usianya 1,5 atau 2 tahun. Di usianya kini yang memasuki 3 tahun 8 bulan, Aqilah tumbuh semakin pintar, bahkan kini sudah bisa menulis namanya sendiri, sudah mengenal huruf, juga pandai menggambar dengan aneka warna. Bangga sekali saya kepadanya.

Membekali diri dengan berbagai informasi seputar tumbuh kembang anak akhirnya menjadi salah satu agenda saya yang wajib. Saat bergabung dengan Parenting Club, ada banyak informasi baru yang saya dapatkan, yang tidak didapatkan dari tempat lain.

Beberapa waktu yang lalu, saya bahkan sempat berdiskusi dengan Prof. Thomas Armstrong, pakar Multiple Intelligence yang bekerjasama dengan Wyeth Parenting Club. Berdasarkan analisis beliau, Aqilah terlihat sebagai anak yang senang mengobservasi segala hal, sebelum akhirnya melakukan interaksi. Ia juga melihat bahwa Aqilah termasuk dalam kelompok word smart, music smart, dan number smart. Dari mana saya bisa tahu hal-hal sedetail ini kalau tidak dari sumber informasi yang terpercaya, seperti Parenting Club ini?

Prof. Armstrong juga menekankan bahwa beda anak, beda kepintarannya. Jadi sebelum Mam buru-buru menjejali si Kecil dengan berbagai hal, sebaiknya kita fokus dulu, deh, kepada anaknya. Setelah itu baru optimalkan kepandaiannya sesuai dengan sisi kecerdasan yang paling kuat dari dirinya. Itu yang coba saya tanamkan juga di dalam pikiran saya dalam mengembangkan pola asuh untuk Aqilah.

Keberadaan Parenting Club bagi saya lebih dari sekadar portal informasi lho, Mam. Parenting Club itu seperti sahabat yang cerdas. Informasinya lengkap, ada guideline yang disesuaikan dengan personifikasi si Kecil, juga bisa berdiskusi dengan pakar. Jadi Mam nggak perlu lagi repot mencari.

Parenting Club juga sangat membantu saya di saat-saat darurat. Pernah suatu kali Aqilah sakit, sebelum membawanya ke dokter, saya memilih untuk berkonsultasi dengan pakar yang bersiaga di Parenting Club. Itulah salah satu kelebihan lain dari Parenting Club ini. Saat saya bingung melihat anak sakit, saya bisa langsung dapat solusi yang tepat.

Harapan saya, Parenting Club bisa lebih sering juga mengadakan acara offline seru bersama para Mams di seluruh Indonesia. Karena dari beberapa acara yang lalu, saya melihat betapa para Mams, juga Paps-nya, sangat antusias mengobrol, berdiskusi, juga berbagi cerita yang inspiratif. Pap juga tak malu-malu lagi lho, berbagi kisah seru atau bertanya tentang tumbuh kembang anak. Ini kan, sesuatu yang baik ya… saya ingin sekali komunitas seperti ini makin dikembangkan bersama Parenting Club.

Yuk, Mams dan Paps, kita jadi orangtua yang smart, untuk si Kecil kita yang juga smart!

Penulis
Ayu Dewi

Ayu Dewi yang aktif di dunia hiburan sebagai seorang TV Personality-Presenter dan Host televisi, sedang menikmati peranan hari-harinya sebagai seorang Ibu dari putrinya Aqilah Dewi Humairah. Sarjanah Komunikasi dari The London School of Public Relation ini, membuat acara di YouTube channelnya MrsAyuDewi dengan judul Cah Ayu-Canda Aqilah dan Ayu yang berisikan kisahnya bersama sang putri dan tips seputar parenting yang menyenangkan.

Kesehatan

Mengapa Sulit Tidur?

By: dr Tirsa Verani Sp OG 2018-01-03 23:21:57 (UTC)
Semakin tua usia kehamilan, tak jarang bagi Mam untuk mengalami beragam ketidaknyamanan, di antaranya adalah mulai merasa sulit tidur atau insomnia. Jangan bersedih, karena Mam tidak sendirian, kok. Menurut sebuah artikel yang dimuat di americanpregnancy.org, 78% wanita hamil mengalami insomnia. Kondisi ini memang biasanya akan mengganggu aktivitas Mam sehari-hari, namun ia sesungguhnya tidak dapat mengganggu masa kehamilan Mam.
 
Gangguan tidur pada wanita hamil bisa disebabkan oleh berbagai hal. Mereka mencakup perasaan tidak nyaman karena bagian abdomen/perut yang semakin besar, rasa pegal dan nyeri pada punggung, serta heartburn atau sensasi panas yang terasa pada bagian dada. Perasaan gelisah atau cemas yang biasa dialami calon Mam, seringnya terbangun untuk buang air kecil, serta perubahan hormon juga turut mengakibatkan gangguan tidur pada wanita hamil.

Yang bisa Mam lakukan untuk mengurangi gangguan ini adalah:
  • Mempersiapkan diri agar lebih nyaman saat tidur, misalnya dengan mandi air hangat, minum teh kamomil yang punya efek relaksasi, mendengarkan musik bernada lembut, atau pijatan ringan pada bagian kaki.
  • Pastikan posisi bantal, guling, maupun kasur Mam tidak terlalu keras, atau terlalu empuk yang bisa menambah rasa pegal pada tubuh.
  • Lampu kamar yang temaram biasanya membantu agar tidur lebih nyaman. Mam juga bisa memasang aromaterapi lavender atau mengoleskan minyak esensial lavender, yang memiliki efek relaksasi.
  • Tenangkan diri dengan berdoa, bermeditasi, atau hanya berada dalam situasi yang hening. Dalam banyak kasus, stress juga bisa dapat mengganggu kualitas tidur.
  • Jauhkan diri dari suara-suara bising saat tidur. Matikan TV dan perangkat elektronik lainnya di kamar, yang bisa mengganggu konsentrasi Mam saat ingin beristirahat.
  • Bila kamar Mam menggunakan AC, atur suhunya agar tidak terlalu dingin. Suhu yang terlalu dingin juga menyebabkan Mam ingin buang air kecil makin sering.
 
Bila kondisi sulit tidur ini makin memburuk, segera konsultasikan dengan dokter Mam untuk mendapatkan rekomendasi secara profesional.
 
Sumber:
  • https://www.babycenter.com/0_sleep-problem-insomnia-during-pregnancy_7521.bc
  • http://americanpregnancy.org/pregnancy-health/insomnia-during-pregnancy/
  • https://www.ayahbunda.co.id/kehamilan-tanya-jawab/ibu-hamil-sulit-tidur
Penulis
dr Tirsa Verani Sp OG

Dokter Tirsa Verani K. Oroh, Sp.OG lulus Fakultas Kedokteran Universitas Atmajaya Jakarta dan Spesialis Obstetri dan Ginekologi atau Kebidanan dan Kandungan Fakultas Kedokteran UI Jakarta. Aktif sebagai Controversies in Obstetrics, Gynecology dan Infertility

Hubungi Kami
Hubungi Kami Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top