Stimulasi

Bagaimana Cara Mendapatkan Anak Kembar?

By: Wyeth Nutrition 2018-06-28 21:35:21 (UTC)
Ada sejumlah pasangan yang menginginkan bayi kembar. Untuk mewujudkan harapan ini, mereka biasanya akan mencari berbagai cara mendapatkan anak kembar. Entah dengan sekadar membaca artikel-artikel di internet atau berkonsultasi langsung dengan ahli kandungan.
Kehamilan kembar atau multiple artinya ibu hamil memiliki lebih dari satu bayi dalam satu kehamilan. Bayi-bayi ini bisa berasal dari telur yang sama atau dari telur yang berbeda. Bila bayi berasal dari telur yang sama, maka disebut kembar identik dengan ciri sebagai berikut.
  • Berjenis kelamin sama
  • Memiliki golongan darah yang sama
  • Kemungkinan memiliki tipe tubuh, warna kulit, rambut, dan mata serupa, walaupun tidak selalu terlihat persis sama. Sidik jari bayi kembar identik juga pasti berbeda.
Pada kenyataannya, kemungkinan untuk dapat mengalami kehamilan kembar tidak terlalu besar. Data dari the Centers for Disease Control and Prevention’s National Center for Health Statistics, peluang untuk memiliki kehamilan kembar pada 2015 adalah 33,5 untuk setiap 1.000 kelahiran di Amerika Serikat. Hanya empat dari jumlah kehamilan tersebut kembar identik.
Menurut dr M Nurhadi Rahman SpOG dari RSUP Sardjito Yogyakarta, persentase kemungkinan kehamilan kembar secara umum berkisar 1-3 persen. Selain secara natural, cara mendapatkan anak kembar juga bisa dilakukan dengan menjalani program in vitro fertilization (IVF). Secara umum, berikut faktor-faktor yang memengaruhi kehamilan kembar.
  • Keturunan
    Jika Mam adalah anak kembar, atau jika ada anak kembar di dalam keluarga, Mam mempunyai peluang untuk melahirkan anak kembar.
     
  • Usia
    Semakin bertambahnya usia, peluang Mam untuk mengalami kehamilan fraternal semakin besar. Kehamilan fraternal adalah jika bayi berasal dari telur yang berbeda. Perempuan berusia di atas 35 tahun memproduksi hormon perangsang folikel (FSH) lebih banyak daripada perempuan berusia muda. Umumnya, bila kadar FSH lebih tinggi, tubuh Mam akan mengeluarkan lebih dari satu telur dalam satu siklus. Dengan kata lain, secara statistik, perempuan berusia di atas 35 tahun lebih sulit hamil, tetapi jika berhasil hamil, lebih berpeluang untuk mengalami kehamilan kembar.
     
  • Riwayat kehamilan kembar
    Jika pernah mengalami kehamilan kembar fraternal, Mam berpeluang dua kali lebih besar untuk kelak kembali melahirkan bayi kembar.
     
  • Jumlah kehamilan
    Semakin banyak kehamilan yang pernah Mam jalani, semakin tinggi pula peluang Mam untuk mengandung bayi kembar.
     
  • Ras
    Kehamilan kembar lebih banyak dialami perempuan kulit putih dan kulit hitam dibandingkan kalangan Hispanik atau Asia.
     
  • Jenis tubuh
    Kehamilan kembar lebih banyak terjadi pada perempuan bertubuh besar dan tinggi ketimbang perempuan bertubuh kecil.
Nah, setelah mengetahui berbagai faktor dan cara mendapatkan anak kembar, Mam dan Pap dapat berkonsultasi dengan dokter kandungan. Mungkin saja beberapa faktor di atas memungkinkan Mam untuk hamil anak kembar.
 
Source:
babycenter.com/0_your-likelihood-of-having-twins-or-more_3575.bc
morulaivf.co.id/id/post/fakta-yang-perlu-diketahui-mengenai-kehamilan-multiple
thebump.com/a/how-to-have-twins
cnnindonesia.com/gaya-hidup/20141126182506-255-14081/gen-ayah-dan-ibu-mana-lebih-kuat-untuk-anak-kembar
Penulis
Wyeth Nutrition

Wyeth Nutrition mengembangkan produk nutrisi berkualitas premium secara ilmiah untuk melengkapi nutrisi anak-anak. Sebagai pelopor nutrisi, Wyeth Nutrition memiliki misi untuk memberikan asupan dan dukungan nutrisi terbaik untuk kesehatan yang lebih baik. Selama lebih dari 100 tahun, Wyeth Nutrition terus meningkatkan penelitian ilmiah dan uji klinis serta standar keamanan manufaktur kelas dunia untuk memberikan solusi ilmiah dan membantu pertumbuhan anak-anak.

Hubungi Kami
Hubungi Kami Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top