Cara Cepat Melatih Stimulasi Kepintaran Anak pada Usia Dini

By: Wyeth Nutrition 2015-10-01 17:00:00 (UTC)
Menurut penelitian dari Dr. Howard Gardner dari Universitas Harvard, setiap anak memiliki setidaknya delapan jenis kepintaran: Kepintaran Linguistik (Word Smart), Kepintaran Logika-Matematika (Number Smart), Kepintaran Visual Spasial (Picture Smart), Kepintaran Kinestetik (Body Smart), Kepintaran Interpersonal (People Smart), Kepintaran Intrapersonal (Self Smart), dan Kepintaran Naturalis (Nature Smart). Teori Kepintaran Multidimensi ini dapat memberikan orangtua cetak biru untuk membantu anak-anak mereka dalam belajar dan menjadi yang terbaik dari kepintaran mereka yang meonjol.  

Baca Juga : Stimulasi Musik untuk Anak

Untuk anak yang berumur antara 1 sampai 6 tahun, yang penting bagi orangtua adalah menyediakan lingkungan di rumah di mana tiap kepintaran tersebut dapat dipupuk dan dikembangkan. Berikut adalah beberapa ide peralatan yang orangtua dapat gunakan untuk membantu menstimulasi perkembangan kepintaran anak-anak mereka:

Kepintaran Linguistik (Word Smart)

Buku anak-anak, majalah untuk aktivitas memotong, perekam suara untuk merekam suara mereka, huruf alfabet dengan ukuran dan bentuk yang berbeda, perlengkapan menggambar dan kertas untuk menulis; stampel alfabet, susun bangun kata.
 

Kepintaran Logika-Matematika (Number Smart)

Barang untuk dihitung, dipilah dan dikelompokkan (misalnya kancing baju, koin, batu, sapuan warna), bangun susun angka dalam berbagai ukuran dan bentuk, timbangan untuk mengukur berat sesuatu, pita pengukur, gelas ukur, komputer, teka-teki logika, mainan balok berpola, sempoa.
 

Kepintaran Visual-Spasial (Picture Smart)

Buku bergambar, bahan menggambar dan perlengkapan seni lainnya (cat, kapur tulis berwarna, bahan kolase, pastel, tanah liat mainan, dll); gambar bongkar pasang, peta, barang berbentuk geometri, kamera untuk mengambil foto.  
 

Kepintaran Musikal (Music Smart)

Peralatan perkusi, keyboard elektronik, drum, piano atau alat musik lainnya, rekaman musik untuk didengarkan anak.
 

Kepintaran Kinestetik (Body Smart)

Sebuah kotak pasir; mainan lego and/atau balok dari kayu, peralatan olahraga atau gym, tali untuk lompat tali, sepeda beroda tiga, perlengkapan olahraga, perlengkapan kerajinan kayu untuk membangun sesuatu.
 

Kepintaran Interpersonal (People Smart)

Kostum untuk permainan peran (make-believe), rumah boneka, segala jenis boneka dan boneka hewan, figur miniatur, wayang/boneka dan teater boneka/wayang, permainan papan (board games).
 

Kepintaran Intrapersonal (Self Smart)

Ruangan pribadi untuk menyendiri, bahan untuk hobi khusus yang disukainya, materi dan mainan untuk drama peran, buku diary.   
 

Kepintaran Naturalis (Nature Smart)

Sebuah akuarium, terrarium, binatang peliharaan keluarga, kebun, tanaman dalam ruangan, penunjuk arah angin, teropong binokuler untuk melihat burung.   
 
Orangtua tidak harus menyediakan semua peralatan tersebut, ini adalah hanya beberapa saran peralatan yang dapat membantu memicu minat sang anak di pintarkepintaran tertentu.

Sama halnya, orangtua sebaiknya menyediakan pengalaman bagi seluruh anggota keluarga yang dapat memicu perkembangan kepintaran tersebut. Berikut adalah beberapa saran untuk kegiatan keluarga:
 

Kepintaran Linguistik (Word Smart)

Kegiatan bercerita/mendongeng, membaca bersama, percakapan yang hangat dengan anak.
 

Kepintaran Logika-Matematika (Number Smart)

Bermain permainan matematika (monopoli), mengunjungi museum sains.
 

Kepintaran Visual-Spasial (Picture Smart)

Menggambar bersama sebagai keluarga, menonton film anak-anak bersama, mengunjungi museum seni.
 

Kepintaran Kinestetik (Body Smart)

Berolahraga sebagai keluarga, melakukan aktivitas membangun/menyusun barang, pergi ke drama teater atau pertunjukkan balet.
 

Kepintaran Musikal (Music Smart)

Beryanyi dan/atau memainkan alat musik bersama, mendengarkan musik bersama, pergi melihat konser musik atau drama musikal.
 

Kepintaran Interpersonal (People Smart)

Bermain permainan bersama seperti monopoli, bermain permainan di luar ruangan, mengadakan perayaan atau pesta keluarga.
 

Kepintaran Intrapersonal (Self Smart)

Membahas tentang perasaan anak ketika muncul misalnya ketika anak sedang kesal, pergi ke terapis keluarga, melakukan kegiatan yang dapat mengurangi stres seperti yoga atau meditasi bersama sebagai keluarga.  
 

Kepintaran Naturalis (Nature Smart)

Pergi ke taman, hiking, memelihara dan merawat binatang, berkebun bersama.  
 
Orangtua juga dapat mengajarkan anak  dengan menggunakan pendekatan Teori Kepintaran Multidimensi. Contohnya, jika orangtua ingin mengajarkan anak untuk menggosok giginya dan tahu bahwa anak memiliki kecenderungan Kepintaran Musikal (Music Smart), orangtua dapat mencari (menciptakan) lagu yang ada hubungannya dengan tata cara untuk menggosok gigi.

Atau, jika orangtua ingin mengembangkan minat membaca dalam diri anak, dan tahu bahwa dia memiliki kecenderungan Kepintaran Kinestetik (Body Smart), orangtua dapat menyediakan anak dengan buku dengan aplikasi touch and feel untuk dibaca sehingga terbangun stimulasi yang nyata ketika dia sedang membaca.

Hal terpenting adalah untuk selalu ingat bahwa orangtua perlu menyediakan kesempatan bagi anak untuk berkembang pada delapan kepintaran anak di atas seiring dengan berjalannya waktu. Dan terlebih lagi, memberikan motivasi tambahan di area-area dimana mana anak dapat menunjukkan keunggulan di kepintaran tertentu. Dengan cara-cara inilah, orangtua dapat membantu anak untuk menjadi yang terbaik dan apapun yang dia inginkan dalam hidupnya!
 
Diterjemahkan dari artikel “How to Advance Your Child’s Learning Using the Eight Kind of Smart” oleh Thomas Armstrong, Ph.D, Director of American Institute of Learning & Multiple Intellegence Expert, USA. 
Penulis
Wyeth Nutrition

Wyeth Nutrition mengembangkan produk nutrisi berkualitas premium secara ilmiah untuk melengkapi nutrisi anak-anak. Sebagai pelopor nutrisi, Wyeth Nutrition memiliki misi untuk memberikan asupan dan dukungan nutrisi terbaik untuk kesehatan yang lebih baik. Selama lebih dari 100 tahun, Wyeth Nutrition terus meningkatkan penelitian ilmiah dan uji klinis serta standar keamanan manufaktur kelas dunia untuk memberikan solusi ilmiah dan membantu pertumbuhan anak-anak.

Setiap Anak Mampu Menjadi Yang Terbaik Yang Mereka Bisa

By: Wyeth Nutrition 2015-10-01 17:00:00 (UTC)
Banyak orangtua bertanya-tanya apakah anak mereka pintar. Namun, seringkali, ketika berbicara tentang kepintaran, mereka berpatokan pada angka I.Q atau kemampuan untuk membaca dan menulis dengan baik, atau kepandaian dalam matematika atau sains. Memang hal tersebut merupakan beberapa cara anak-anak dapat menunjukkan kepintarannya, namun penelitian dari Dr. Howard Gardner dari Universitas Harvard di Amerika Serikat menunjukkan bahwa sebenarnya ada bermacam-macam jenis kepintaran.
 
Melalui Kepintaran Majemuk (Multiple Intelligences), ia menyatakan bahwa setidaknya ada delapan cara untuk menjadi pintar. Menurut Dr. Gardner, setiap anak memiliki delapan kepintaran tersebut, namun masing-masing memiliki “kecenderungan” untuk lebih baik dalam beberapa jenis kepintaran dibanding yang lain. Berikut adalah delapan cara anak-anak dapat mendemonstrasikan kepintaran mereka menurut Dr. Gardner:
 
Kepintaran Linguistik (Word Smart): Kepintaran yang melibatkan kemampuan berbahasa. Anak dengan kemampuan linguistik yang menonjol akan menyukai aktivitas membaca, menulis, senang berbicara dan bercerita, atau mendengarkan cerita.
 
Kepintaran Logika-Matematika (Number Smart): Anak dengan kepintaran ini akan tertarik dengan angka, matematika, sains, logika seperti sebab dan akibat, dan/atau yang menanyakan pertanyaan “kenapa” seperti “kenapa langit itu biru?”
 
Kepintaran Visual-Spasial (Picture Smart):  Kepintaran yang melibatkan kepekaan mengobservasi dan kemampuan  berpikir dalam gambar. Anak dengan kepintaran visual-spasial yang menonjol dapat membayangkan bentuk-bentuk geometri atau tiga dimensi dengan lebih mudah. Ciri-ciri lainnya anak tertarik dengan gambar dan citra, menyukai seni, memiliki imajinasi yang bagus, atau senang bermain dengan bangun susun (seperti lego dan puzzle) dan menggambar.
 
Kepintaran Kinestetik (Body Smart):  Melibatkan kemampuan mengontrol gerakan, keseimbangan, ketangkasan dan keanggunan dalam bergerak. Anak dengan kepintaran kinestetik akan suka menciptakan barang dengan tangan mereka sendiri, suka olahraga, menari atau drama, dan/atau suka menyentuh barang untuk mempelajarinya.
 
Kepintaran Musik (Music Smart):  Kepintaran yang melibatkan kemampuan berpikir atau mencerna musik,  menggunakan musik sebagai sarana berkomunikasi, menginterpretasikan bentuk dan ide musikal, serta menciptakan pertunjukan dan komposisi yang ekspresif. Anak sensitif terhadap suara, struktur musik dan ritme. Anak akan suka bernyanyi, mendengarkan musik, menghafal banyak lagu, dan bergerak sesuai ritme. Dia juga kemungkinan pintar memainkan alat musik.
 
Kepintaran Interpersonal (People Smart):  Anak dengan kepintaran interpersonal akan memiliki kemampuan memahami dan berkomunikasi dengan orang lain, serta melihat perbedaan orang lain dari segi suasana hati, temperamen dan motivasi. Anak juga  cenderung lebih baik dan mudah menjalin interaksi sosial sehingga mempunyai banyak teman. Anak sangat sensitif atau empati terhadap perasaan orang lain sehingga dapat mudah memahami apa yang dirasakan atau diinginkan orang lain. Selain itu, dia juga menunjukkan kualitas kepemimpinan.
 
Kepintaran Intrapersonal (Self Smart):  melibatkan kemampuan kemampuan anak untuk memahami diri sendiri, mengetahui siapa dirinya, dan apa yang ingin ia lakukan. Anak dapat memahami bagaimana reaksi diri terhadap suatu situasi dan memahami situasi seperti apa yang sebaiknya dihindari. Anak dengan kepintaran ini cenderung senang bermain sendiri, memiliki hobi/kegemarannya sendiri, mengetahui ingin menjadi apa ketika sudah tumbuh dewasa, dapat mengkomunikasikan apa yang dia rasakan secara akurat, memiliki rasa kepercayaan diri, dan mampu mengarahkn diri sendiri dalam berbagai situasi.
 
Kepintaran Naturalis (Nature Smart):  berkaitan dengan kemampuan merasakan bentuk dan  menghubungkan elemen yang ada di alam. Anak-anak dengan kepintaran naturalis yang menonjol memiliki ketertarikan yang besar terhadap lingkungan alam sekitarnya, termasuk binatang. Oleh karena itu anak lebih suka memilih untuk berada di alam terbuka daripada di dalam ruangan, menyukai binatang, dapat mengenali tanaman, suka mengumpulkan daun atau serangga atau barang dari alam lainnya, dan/atau sangat peduli dengan lingkungan hidup (kesadaran ekologis).
 
Seorang anak tidak perlu untuk menjadi pintar dalam tiap kepintaran. Contohnya, pada Kepintaran Musikal (Music Smart), seorang anak dapat menyanyi dengan suara yang indah namun bukan berarti ia juga pandai memainkan alat musik. Senada dengan hal di atas, seorang anak dapat menunjukkan bakat pada satu jenis kepintaran namun menghadapi kesulitan dalam kepintaran yang lain. Sebagai contoh, seorang anak yang memiliki kepintaran dalam bidang matematika dan sains atau Kepintaran Logika-Matematika (Number Smart), namun kesulitan untuk bergaul dengan orang lain (Kepintaran Interpersonal atau People Smart).

Penting bagi orangtua untuk membantu anak untuk mengembangkan delapan jenis kepintarannya, dan juga untuk senantiasa membantu (tanpa harus memaksa) untuk menyediakan kesempatan dalam mengembangkan ketertarikan dan kemampuan terbaik mereka pada hal-hal tertentu. Dengan demikian, orangtua dapat membantu anak-anak mereka untuk menjadi yang terbaik sesuai dengan kepintaran yang dimiliki anak.
 
Diterjemahkan dari artikel “Every Child Can Be the Best That They Can Be” oleh Thomas Armstrong, Ph.D, Director of American Institute of Learning & Multiple Intellegence Expert, USA. 
Penulis
Wyeth Nutrition

Wyeth Nutrition mengembangkan produk nutrisi berkualitas premium secara ilmiah untuk melengkapi nutrisi anak-anak. Sebagai pelopor nutrisi, Wyeth Nutrition memiliki misi untuk memberikan asupan dan dukungan nutrisi terbaik untuk kesehatan yang lebih baik. Selama lebih dari 100 tahun, Wyeth Nutrition terus meningkatkan penelitian ilmiah dan uji klinis serta standar keamanan manufaktur kelas dunia untuk memberikan solusi ilmiah dan membantu pertumbuhan anak-anak.

Hubungi Kami
Hubungi Kami Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top